Sukses

5 Cara Jitu Kembalikan Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran Usai

Momen Hari Raya Idul Fitri sudah terlewati dan hampir memasuki waktu untuk kembali bekerja. Setelah berlibur mungkin beberapa orang akan mengalami kesulitan untuk kembali bersemangat di dunia kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Libur Lebaran telah usai, menandakan kembalinya rutinitas bekerja. Bagi beberapa orang, transisi dari masa liburan yang santai ke kesibukan kantor bisa terasa sulit. Hal ini wajar terjadi, mengingat tubuh dan pikiran masih terbiasa dengan suasana santai selama libur.

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa tips jitu yang dapat Anda terapkan untuk mengembalikan semangat kerja setelah libur Lebaran.

Berikut 5 tips yang bisa Anda coba dilansir dari Flex Jobs:

1. Kurangi Stres dengan Menyiapkan Diri Sebelum Kembali Bekerja

Kembali bekerja setelah berlibur memang bisa terasa berat. Salah satu cara untuk mengurangi stres adalah dengan meluangkan waktu untuk menjalani tugas-tugas sehari-hari sebelum kembali ke kantor.

Hal ini mungkin berarti pulang dari liburan satu hari lebih awal. Namun, Anda akan berterima kasih pada diri sendiri nanti karena telah meluangkan waktu untuk mempersiapkan diri.

Luangkan waktu untuk mempertimbangkan semua tugas yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan diri agar sukses setiap minggunya. Apakah Anda perlu menyiapkan makanan, mengemas bekal untuk seminggu, atau mengatur jam tidur untuk Anda dan keluarga?

Apakah ada tas dan peralatan yang perlu dipersiapkan? Hewan peliharaan yang harus diambil dari tempat penitipan?

Meskipun tugas-tugas ini mungkin terlihat kecil, namun menyelesaikannya dapat membantu hari kerja Anda berjalan lebih lancar.

Jika Anda menunda semua persiapan hingga hari pertama kembali bekerja, Anda hanya akan menyiapkan diri untuk hari yang penuh stres dan kewalahan.

Luangkan waktu untuk mempersiapkan diri sebelum kembali bekerja, dan Anda akan merasa lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi minggu yang akan datang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kerjakan Tugas Secara Bertahap

Liburan telah usai, dan saatnya kembali bekerja dengan semangat baru. Rejuvenasi memang penting selama liburan, namun kembali fokus pada pekerjaan dalam waktu beberapa hari saja tidaklah mudah.

Kuncinya adalah memprioritaskan tugas dan menetapkan tujuan yang realistis. Tak perlu merasa terbebani dengan setumpuk pekerjaan hingga merasa ingin berlibur lagi di malam pertama Anda kembali bekerja.

Untuk hasil terbaik, persiapkan diri Anda untuk pekerjaan bahkan sebelum liburan berakhir. Rasa kewalahan sering kali muncul karena tidak tahu harus mulai dari mana.

Buatlah daftar tugas untuk hari pertama Anda kembali bekerja, dengan menjadwalkan waktu untuk mengejar email dan merespons pesan yang mendesak.

Buatlah daftar tugas berdasarkan prioritas dan tetapkan tujuan yang dapat dicapai untuk menyelesaikannya.

3 dari 5 halaman

3. Fokus Menyelesaikan Pekerjaan Terlebih Dahulu

Siapa yang tidak senang berbagi cerita liburan dengan rekan kerja setelah momen yang menyenangkan? Namun, jika kamu terlalu asyik bercerita dan lupa waktu, jam-jam berharga di pagi hari bisa terbuang sia-sia.

Sebagai gantinya, coba katakan sesuatu seperti: "Senang sekali bertemu kembali! Aku tidak sabar untuk mendengar cerita liburanmu. Tapi, saat ini aku harus menyelesaikan beberapa email dulu. Bagaimana kalau kita atur waktu untuk ngobrol minggu ini?"

Kebanyakan rekan kerja akan memahami situasi ini dan senang untuk menjadwalkan waktu lain untuk mendengarkan ceritamu.

Namun, ingatlah untuk benar-benar menepati janji tersebut. Jangan biarkan dirimu terlena dengan kesibukan. Luangkan waktu untuk berhubungan dengan rekan kerja untuk menyegarkan pikiran dan membangun hubungan yang lebih baik.

Dengan begitu, kamu dapat kembali bekerja dengan penuh semangat dan fokus.

4 dari 5 halaman

4. Hindari Membuat Janji di Awal Kembali Bekerja

Di awal hari pertama kembali bekerja setelah libur panjang, hindari membuat janji atau menerima tugas baru selama beberapa jam pertama.

Hal ini penting untuk memberi Anda waktu untuk menyesuaikan diri dengan kembali bekerja dan menilai situasi di kantor.

Luangkan waktu untuk meninjau email, pesan, dan daftar tugas Anda untuk memahami apa yang mendesak dan perlu segera ditangani sebelum menerima komitmen baru.

Manfaatkan waktu ini untuk meninjau kembali proyek-proyek yang sedang berlangsung dan pelajari perkembangannya selama Anda pergi.

Anda dapat menggunakan waktu ini untuk berdiskusi dengan rekan kerja atau atasan Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang prioritas dan target yang perlu dicapai.

Dengan menghindari membuat janji di awal kembalinya Anda, Anda dapat fokus untuk menyelesaikan tugas-tugas penting dan memulai kembali pekerjaan dengan lebih terorganisir dan efisien.

Hal ini juga akan membantu Anda menghindari perasaan kewalahan dan stres di hari pertama kembali bekerja.

5 dari 5 halaman

5. Luangkan Waktu Santai

Pernahkah Anda merasa sedih saat liburan usai? Rasanya ingin kembali ke suasana santai dan menyenangkan saat berlibur, bukan?

Tenang, Anda tidak sendirian. Banyak orang yang merasakan hal yang sama. Kabar baiknya, Anda bisa tetap merasakan semangat liburan meskipun sudah kembali bekerja.

Caranya adalah dengan membangun relaksasi dan kesenangan ke dalam jadwal Anda, bahkan setelah liburan berakhir. Jangan mengabaikan waktu santai demi menyelesaikan daftar tugas.

Mungkin Anda berpikir untuk menunda waktu santai hingga akhir minggu setelah menyelesaikan pekerjaan. Namun, semakin lama Anda menunda, semakin kecil kemungkinan Anda untuk melakukannya.

Prioritaskan waktu istirahat. Hal ini justru akan meningkatkan produktivitas Anda dan membantu mengurangi stres saat kembali bekerja.

Ingatlah, istirahat sama pentingnya dengan menyelesaikan pekerjaan. Jadi, jangan ragu untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri dan nikmati momen-momen menyenangkan, meskipun hanya sejenak.

Dengan begitu, Anda dapat tetap merasakan semangat liburan dan menjalani hari-hari dengan lebih bahagia dan produktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.