Sukses

5 Superfood yang Disebut Dalam Al Quran, Salah Satunya Zaitun

Superfood merupakan istilah yang sedang tren untuk jenis makanan yang memiliki banyak manfaat. Jenis makanan ini ternyata juga dibahas di dalam Al-Qur'an

Liputan6.com, Jakarta - Al-Qur'an bukan hanya pedoman spiritual bagi umat Islam, tetapi juga memuat panduan untuk hidup sehat. Dalam banyak ayat, Allah SWT menjelaskan tentang berbagai makanan obat, dari buah-buahan hingga sayuran, yang bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Bahkan terdapat beberapa makanan yang dapat disebut sebagai superfood, jenis makanan yang mengandung banyak manfaat.

Beberapa contoh makanan superfood yang disebutkan dalam Al-Qur'an antara lain buah tin, zaitun, madu, dan kurma. Makanan-makanan ini kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Dengan mengikuti pedoman diet yang terdapat dalam Al-Qur'an dan mengonsumsi makanan yang dianjurkan, umat Islam dapat mencapai kesehatan fisik dan mental yang optimal.

Berikut 5 superfood yang disebutkan dalam Al-Qur'an yang dilansir dari Doha News.

1. Zaitun

Pohon zaitun digambarkan sebagai tanaman yang diberkahi dalam Islam. Allah SWT menyebutnya langsung dalam Al-Qur'an. Zaitun dan minyak zaitun disebutkan dalam Al-Quran setidaknya tujuh kali.

Nabi Muhammad SAW pun menganjurkan umatnya untuk mengkonsumsi zaitun dan minyaknya. Beliau bersabda, "Makanlah minyak zaitun dan gunakanlah pada rambut dan kulit Anda, karena minyak ini berasal dari pohon yang diberkahi." (Al-Tirmidzi, 1775).

Zaitun dan minyaknya terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang bermanfaat bagi kulit dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, zaitun juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, dan penyakit kognitif seperti Alzheimer.

Zaitun dan minyaknya juga merupakan bahan pokok dalam masakan Mediterania yang terbukti dapat mengurangi risiko kematian akibat segala penyebab dan yang berkaitan dengan kanker.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Buah Tin

Buah tin merupakan salah satu buah yang paling penting dalam Al-Quran, bahkan memiliki surah sendiri, yaitu Surah At-Tin. Dalam surah tersebut, Allah bersumpah dengan buah tin menunjukkan pentingnya buah ini.

Nabi Muhammad SAW pun menyebut buah tin sebagai buah yang turun dari surga. Dalam sebuah hadis, beliau berkata, "Makanlah tin! Jika saya mengatakan bahwa suatu jenis buah telah turun kepada kita dari surga, saya akan mengatakan bahwa itu adalah tin karena tidak memiliki biji. Ini menyembuhkan wasir dan bermanfaat untuk rheumatism."

Buah tin memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah ini tinggi kalium dan serat, yang membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan pencernaan. Buah tin juga mengandung prebiotik yang meningkatkan kesehatan usus, serta vitamin A dan C, dan kalsium. Buah tin dapat dikonsumsi segar atau dikeringkan dan menjadi sumber energi yang baik.

3. Madu

Madu, sebuah zat manis dan kental yang dihasilkan oleh lebah, memiliki peran penting dalam Islam. Madu disebutkan dalam Al-Quran dan banyak kutipan Nabi Muhammad, bahkan memiliki surah khusus, yaitu Surah Al Nahl. Dalam salah satu ayatnya, Allah SWT menggambarkan madu sebagai "penyembuh bagi umat manusia", menunjukkan keagungan ciptaan-Nya.

Madu memiliki banyak manfaat kesehatan. Sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakterinya membantu mengobati batuk, menyembuhkan luka, dan bahkan membantu mengobati penyakit neurologis. Penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki sifat antidepresan dan dapat mencegah gangguan ingatan. Selain itu, madu kaya akan antioksidan dan dapat membantu mengatur kadar gula darah ketika dikonsumsi dengan moderat.

 

3 dari 3 halaman

4. Kurma

Kurma merupakan jenis buah yang sangat familiar untuk umat muslim. Terlebih saat bulan Ramadhan, karena umat muslim dianjurkan untuk berbuka puasa dengan buah kurma. 

Al-Quran memiliki setidaknya 27 referensi tentang pohon kurma. Salah satu ayat yang paling menonjol terdapat dalam Surah Maryam.

Ayat ini menceritakan kisah Maryam Binti Imran, ibu Nabi Isa, yang bersandar pada pohon kurma saat sakit bersalin. Allah memerintahkannya untuk menggoyangkan pohon itu agar Maryam mendapatkan kurma segar yang memberikannya energi.

Mukjizat ini menginspirasi penelitian modern. Berbagai studi menemukan bahwa konsumsi kurma dapat meningkatkan proses persalinan bagi wanita. Kurma kaya akan tembaga, magnesium, mangan, kalium, dan vitamin B6, serta tinggi serat. Manfaat kurma antara lain meningkatkan kesehatan usus, mencegah diabetes dan penyakit kronis seperti kanker, meningkatkan kesehatan otak, dan meningkatkan kesehatan kulit.

5. Buah Anggur

Buah anggur setidaknya disebutkan sebanyak 11 kali di dalam Al-Qur'an. Salah satunya terdapat pada surat Nahl, dimana anggur disebutkan bersamaan dengan zaitun dan kurma.

"Dengan itu, Dia membuat tumbuh untukmu tanaman-tanaman, zaitun, pohon kurma, anggur, dan setiap jenis buah...." (Surah An-Nahl: 11)

Anggur memang sudah terkenal dengan kandungannya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Buah anggur kaya akan vitamin K yang berfungsi untuk mencegah pendarahan saat kita terluka jika dikonsumsi secara teratur.

Anggur juga tinggi akan antioksidan dan bagus untuk kesehatan mata karena mengandung resveratrol dan zeaxanthin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.