Sukses

6 Tips Buka Puasa Ramadhan agar Tak Makan Berlebih

Berikut beberapa tips agar tidak makan berlebihan saat buka puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Muslim di seluruh dunia telah mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Menahan lapar dan haus sejak matahari terbit hingga terbenam.

Satu hal yang kerap kali menantang ketika menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan yakni tidak makan berlebihan saat berbuka puasa. Meskipun makan banyak mungkin memberikan kepuasan sementara, hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, masalah pencernaan, dan penambahan berat badan dalam jangka panjang.

Makan dengan penuh perhatian selama bulan Ramadan dapat membantu individu menjaga keseimbangan yang sehat selama periode puasa.

Berikut beberapa tips agar tidak makan berlebihan saat buka puasa, dilansir laman Alarabiya:

1. Makan sahur secara seimbang

Mengonsumsi sahur yang seimbang – yaitu sahur sebelum memulai puasa – akan membantu mencegah rasa lapar sepanjang hari.

Mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup karbohidrat, protein, lemak sehat, dan serat akan memberikan energi berkelanjutan sepanjang hari dan mencegah makan berlebihan saat berbuka.

2. Makan perlahan dan penuh perhatian

Saat berbuka puasa di waktu Magrib, luangkan waktu untuk makan secara perlahan dan penuh perhatian. Kunyah makanan Anda secara menyeluruh, nikmati setiap gigitan dan perhatikan rasanya.

Ini akan mencegah Anda makan terlalu banyak dan terlalu cepat.

3. Tetap terhidrasi

Minumlah banyak air antara buka puasa dan sahur agar tetap terhidrasi.

Dehidrasi sering kali disalahartikan sebagai rasa lapar, sehingga menyebabkan makan berlebihan. Usahakan untuk minum setidaknya delapan hingga sepuluh gelas air sepanjang malam dan dini hari. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Berlatih mengontrol porsi makan

Perhatikan ukuran porsi saat berbuka dan sahur untuk menghindari makan berlebihan.

Gunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil untuk membantu mengontrol ukuran porsi, dan dengarkan isyarat rasa lapar dan kenyang pada tubuh Anda.

 

3 dari 4 halaman

5. Dengarkan tubuh Anda

Dengarkan sinyal lapar dan kenyang pada tubuh Anda. Makanlah sampai Anda merasa kenyang, bukan terlalu kenyang. Jika Anda masih merasa lapar setelah berbuka puasa, tunggulah beberapa menit sebelum meraih beberapa detik agar tubuh Anda punya waktu untuk merasakan kenyang.

 

4 dari 4 halaman

6. Praktikkan rasa syukur

Luangkan waktu sejenak sebelum makan untuk mengungkapkan rasa syukur atas makanan yang akan Anda santap – sebuah tujuan penting di bulan Ramadhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.