Sukses

Ingin Tampil Lebih Menarik? Rahasianya Ada pada Pilihan Makanan yang Tepat

Meskipun penelitian baru mengungkapkan bahwa mengonsumsi karbohidrat membuat Anda terlihat tidak menarik, ada banyak makanan alami yang sebenarnya memiliki efek meningkatkan penampilan – meningkatkan kualitas kulit dan bahkan membuat Anda lebih harum.

Liputan6.com, Jakarta - Para ahli berpendapat, pola makan dan makanan yang tepat akan membantu seseorang tampil lebih menarik.

Meskipun penelitian baru mengungkapkan bahwa mengonsumsi karbohidrat membuat Anda terlihat tidak menarik, ada banyak makanan alami yang sebenarnya memiliki efek meningkatkan penampilan – meningkatkan kualitas kulit dan bahkan membuat Anda lebih harum.

Sebagai permulaan, carilah makanan yang kaya karotenoid - zat yang memberi warna cerah pada banyak buah dan sayuran.

Karotenoid tidak hanya membuat makanan Anda terlihat enak - sebuah laporan tahun 2012 mengaitkan karotenoid, dan warna keemasan yang diberikannya pada kulit seseorang selama enam minggu jika dikonsumsi secara teratur, yang membuat orang tampil menarik. Penulis penelitian mengklaim karotenoid dapat “digunakan sebagai alat motivasi dalam intervensi pola makan.”

“Beberapa penelitian menunjukkan karotenoid dapat membantu kulit Anda dengan meningkatkan elastisitas, hidrasi, tekstur kulit, kerutan, dan bintik-bintik penuaan,” Mackenzie Burgess, ahli gizi diet terdaftar dan pengembang resep di Cheerful Choices, mengatakan kepada The Post.

Buah-buahan dan sayuran yang kaya akan suplemen kecantikan termasuk ubi jalar, wortel, butternut squash, dan sayuran berdaun gelap seperti bayam dan kangkung, menurut University of Illinois.

Lainnya adalah jeruk paprika, jagung, asparagus, tomat dan produk tomat, semangka, jeruk bali, dan jambu biji.

Kuning telur dan pistachio juga merupakan sumber yang baik, menurut universitas tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Karotenoid

Percaya atau tidak, karotenoid – yang juga melindungi dari sinar ultraviolet berbahaya – bahkan bisa meningkatkan bau badan sehingga wanginya lebih sedap.

Penelitian tahun 2017 menemukan bahwa aroma keringat menjadi lebih baik ketika menjalani diet tinggi karotenoid.

Secara khusus, reaksi perempuan “lebih positif ketika mencium keringat dari laki-laki yang lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur.”

“Antioksidan dan nutrisi tertentu dapat membantu menetralkan senyawa penyebab bau badan, sehingga menghasilkan bau keringat yang lebih sedap,” tambah Burgess. Dia juga mencatat bahwa fitonutrien dalam buah-buahan dan sayuran – dikenal juga sebagai antioksidan – dikaitkan dengan meningkatkan suasana hati dan fungsi kognitif.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Protein Kolagen

Zat kecantikan lain yang melimpah dalam daging dan lemak sehat adalah protein kolagen – yang dikenal dapat meningkatkan elastisitas kulit dan pertumbuhan otot, kulit, kuku, dan rambut.

Porsi kolagen yang melimpah bahkan dapat ditemukan dalam makanan lezat seperti daging panggang, brisket, dan chuck steak, menurut T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan. Kolagen juga ditemukan dalam kaldu tulang, bersama dengan tulang dan kulit ikan segar dan air asin.

Burgess juga menyarankan untuk mencari makanan seperti salmon atau biji rami karena kaya akan asam lemak Omega3 untuk tujuan serupa.

“Omega-3 juga dapat membantu mendukung penghalang lipid kulit dengan mengunci hidrasi, dan efek anti-inflamasinya dapat membantu (mengatasi) psoriasis, bisul kulit, dan keparahan jerawat,” kata ahli gizi tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini