Sukses

Durian Disebut-sebut Tinggi Kolesterol, Emang Iya?

Durian merupakan pangan nabati sehingga tidak mengandung kolesterol.

Liputan6.com, Jakarta Durian merupakan buah yang punya penggemarnya tersendiri. Disebut-sebut buah berdaging kuning yang saat ini banyak dijual di pinggir jalan ini mengandung kolesterol. Faktanya, durian merupakan pangan nabati sehingga tidak mengandung kolesterol. 

“Durian tidak mengandung kolesterol karena durian pangan nabati. Yang mengandung kolesterol adalah pangan hewani,” kata Guru Besar bidang Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), Ali Khomsan.

Buah dengan nama ilmiah Durio ini, justru kaya akan lemak yang tinggi sehingga bisa memberikan energi yang signifikan untuk asupan gizi harian. Namun, Ali menegaskan untuk berhati-hati dalam makan durian, terlebih pada orang yang kelebihan berat badan.

 “Durian termasuk pangan nabati dengan lemak relatif tinggi, sehingga yang sudah overweight sebaiknya jangan banyak-banyak makan durian,” kata Ali mengutip Antara, Senin (26 Februari 2024).

Selain itu, penderita asam urat juga harus berpikir dua kali jika ingin mengonsumsi buah berduri ini, karena ada kandungan seperti alkohol pada durian yang membuat penyakit asam urat jadi mudah kambuh.

Seperti Buah Lain, Durian Mengandung Vitamin dan Mineral

Menurut dokter gizi klinik Luciana Sutanto durian sama seperti buah yang lain yang mengandung vitamin, mineral, serat dan gula.

Luciana menyarankan untuk mengatur porsi dalam mengonsumsi durian secukupnya yakni 1/6 dari porsi piring makan atau 1/2 jumlah sayur yang dimakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Kondisi Sebaiknya Tak Konsumsi Durian

Ahli gizi Rita Ramayulis, ada beberapa kandungan di dalam durian yang membuat beberapa orang dengan masalah kesehatan tertentu tidak disarankan mengonsumsinya.

"Jadi, yang tidak boleh (makan durian) adalah orang dengan diabetes, orang hipertrigliserida, dan asam urat," kata Rita beberapa waktu lalu.

Orang dengan diabetes dilarang makan durian karena kandungan gula di buah ini yang begitu tinggi. Seperti kita ketahui, diabetesi harus membatasi asupan gula ke tubuh.

"Orang dengan diabetesi tidak boleh mengonsumsi buah musiman karena tinggi gula. Ya seperti rambutan, duku, kelengkeng dan durian ini," ucap Rita.

 

 

3 dari 3 halaman

Alasan Orang dengan Trigleserida Tinggi Dilarang Makan Durian

Orang dengan kadar trigleserida tinggi juga tidak boleh makan durian. Apa itu trigliserida? Dalam suatu bentuk total kolesterol, selain LDL dan HDL, terdapat kadar yang dinamakan trigliserida. Trigliserida intinya adalah bentuk utama dari lemak seperti dikutip Klikdokter.

"Karena durian ini gulanya tinggi, maka nanti bakal 'lari' ke trigliserida," kata Rita.

Senada dengan Ali, larangan makan durian pada orang dengan asam urat tinggi karena adanya kandungan alkohol dalam buah itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.