Sukses

Ini Amalan Jumat Terakhir Bulan Rajab yang Dianjurkan Gus Iqdam, Dompet Nggak Seret Sepanjang Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun 2024, Jumat terakhir bulan Rajab jatuh pada 9 Februari 2024 alias hari ini. Pada Jumat terakhir bulan Rajab 1445 Hijriyah, di kalangan Nahdliyin, terdapat amalan yang dianjurkan untuk dibaca agar uang tidak habis sepanjang tahun, sesuai riwayat ulama.

Pembahasan ini sempat disinggung Gus Iqdam dalam ceramahnya yang diminati oleh kalangan milenial. Pemilik nama Gus Muhammad Iqdam Kholis, yang berasal dari Blitar, bahkan membagikan pengalaman pribadinya dalam melaksanakan amalan Jumat terakhir di bulan Rajab.

Gus Iqdam mengungkapkan bahwa tahun lalu dirinya telah melaksanakan amalan tersebut. Oleh sebab itu, dia menganjurkan jamaahnya untuk melaksanakan amalan yang sama tahun ini juga. "Sudah carilah dengan benar di kalendermu hari Jumat terakhir di bulan Rajab," katanya saat itu seperti dikutip dari situs NU Online.

Banyak habib dan kiai juga mengijazahkan amalan Jumat terakhir bulan Rajab ini. Materi ini juga berdasarkan ijazah dari sulthanul ulama dari Yaman, Al-Syekh al-Habib Salim bin Abdullah al-Syathiri saat berkunjung ke Indonesia.

Amalan tersebut dibaca saat khatib duduk di antara khutbah pertama dan kedua, sebanyak 35 kali. Tujuan utama dari amalan ini adalah agar uang di tangan kita tidak habis sepanjang tahun untuk memenuhi kebutuhan hidup. Banyak orang yang telah mencobanya dan berhasil. Berikut bunyi amalannya:

أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ

(Ahmad Rasulullah Muhammad Rasulullah)

Artinya: Ahmad utusan Allah, Muhammad utusan Allah

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukti Amalan di Jumat Terakhir Bulan Rajab

Al-Habib Ali bin Hasan Baharun mencatat keterangan dari gurunya, Al-Habib Zain bin Ibrahim bin Smith bahwa membaca amalan ini sebanyak 35 kali di akhir Jumat bulan Rajab saat khutbah kedua dapat menjaga agar uang tidak habis sepanjang tahun. Amalan ini telah dicoba oleh banyak orang dan terbukti berhasil.

فَائِدَةٌ لِإِبْقَاءِ الدُّرَيْهِمَاتِ فِيْ جَمِيْعِ السَّنَةِ الْإِتْيَانُ بِهَذَا الذِّكْرِ خَمْس وثلاثيْن مرّة فِيْ آخِرِ جُمُعَةٍ مِنْ رَجَبَ حَالَ الْخُطْبَةِ الثَّانِيَةِ، وَهُوَ أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله، وَقَدْ جَرَّبَهُ الْكَثِيْرُ وَصَحَّ عِنْدَهُمْ

Artinya: Faedah. Agar uang tak kunjung habis di sepanjang tahun (dianjurkan) membaca amalan ini sebanyak 35 kali di akhir Jumat bulan Rajab saat khutbah kedua, yaitu 'Ahmad Rasulullah Muhammad Rasulullah'. Amalan ini telah dicoba oleh banyak orang dan terbukti berhasil.

(Al-Habib Ali bin Hasan Baharun, Al-Fawaid al-Mukhtarah, halaman: 445)

Demikianlah amalan di Jumat terakhir bulan Rajab yang telah dijelaskan secara rinci, mulai dari lafal bacaan, tata cara membacanya, hingga keutamaan atau keistimewaannya. Para masyayikh sering mengatakan bahwa tujuan utama dari amalan apapun adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mengikuti jejak ulama terdahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini