Sukses

Terungkap, Teh Hijau Bisa Bikin Bahagia Selain Bantu Tubuh Tetap Sehat

Kombinasi bahan-bahan bioaktif dalam teh hijau dapat menyebabkan peningkatan kesehatan mental dan suasana hati dalam jangka waktu yang sama dan jangka panjang, serta potensi efek anti-inflamasi dan umur panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Teh hijau diketahui bermanfaat bagi kesehatan. Tapi lebih dari itu, teh hijau juga bisa membuat Anda jadi lebih bahagia.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan manfaat positif teh, seperti mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke yang fatal, dan dilaporkan juga dapat bertindak meningkatkan suasana hati.

“Secara ilmiah, terdapat bioaktif dalam teh hijau yang membuat pikiran tetap fokus namun tenang,” kata Maggie Moon, MS, RD, pakar nutrisi kesehatan otak dan penulis buku terlaris “The MIND Diet,” kepada Well + Good.

“Tidaklah berlebihan untuk berpikir bahwa tanaman ini berkontribusi terhadap kesejahteraan umum yang dialami di Okinawa, di mana penduduk setempat sering menikmati teh hijau dengan kandungan melati,” katanya mengenai wilayah yang berjuluk Zona Biru Jepang. Secara historis, Okinawa dikenal karena penduduknya berumur panjang.

Penduduk Okinawa memiliki tingkat penyakit kanker, jantung, dan demensia yang lebih rendah dibandingkan penduduk Amerika. Para perempuan di sana pun hidup lebih lama dibandingkan tempat lain di dunia, dilansir New York Post.

Banyak yang percaya pola makan masyarakat Okinawa adalah alasan mereka berumur panjang. Diketahui, teh jasmin yang menggunakan campuran teh hijau menjadi minuman populer di kalangan mereka — dan hal ini tampaknya bukan suatu kebetulan.

Moon menjelaskan, komponen utama teh hijau antara lain kafein, theanine, arginine, dan EGCG (epigallocationchin gallate). EGCG adalah bahan paling aktif dalam teh hijau dan komponen polifenol yang paling banyak dipelajari, menurut Mount Sinai.

Kombinasi bahan-bahan bioaktif tersebut dapat menyebabkan peningkatan kesehatan mental dan suasana hati dalam jangka waktu yang sama dan jangka panjang, serta potensi efek anti-inflamasi dan umur panjang. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Bantu Redakan Stres dan Cemas

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi setidaknya tiga cangkir teh hijau per minggu memiliki kemungkinan depresi 21% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya.

“Secara budaya, teh hijau sering dikaitkan dengan momen tenang,” kata Moon.

“Kafein yang merangsang teh hijau dan L-theanine yang menenangkan bekerja sama untuk menghasilkan pikiran yang tenang namun waspada.”

Jumlah kafein yang lebih rendah dalam teh hijau dibandingkan kopi dapat bermanfaat bagi mereka yang merasa gelisah dan cemas akibat kopi, terutama dengan L-theanine, yang dikatakan dapat membantu meredakan stres dan kecemasan.

Kombinasi stimulan dengan asam amino telah menunjukkan kemampuannya untuk mengurangi kecemasan, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan daya ingat dan perhatian, menurut ulasan tahun 2017.

“Hal ini menjadi alasan bagi orang-orang untuk menikmati teh hijau dibandingkan salah satu komponennya saja,” saran Moon.

3 dari 4 halaman

Khasiat Teh Hijau

Khasiat teh hijau yang membantu mengurangi peradangan adalah alasan lain untuk menikmati secangkir teh.

“Ditemukan bahwa orang yang pola makannya memiliki beban peradangan paling rendah (yang diukur dengan Dietary Inflammatory Index) mengurangi risiko depresi sebesar 29 persen,” kata Moon, mengutip meta-analisis tahun 2023.

Moon juga mencatat bahwa flavonoid teh hijau, senyawa yang diproduksi secara alami, diketahui meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF), membantu pertumbuhan sel-sel otak baru dan menjaga sel-sel otak yang ada tetap sehat. Flavonoid menekan peradangan di otak dan menangkal efek negatif stres.

“Darah yang lebih baik ke [korteks prefrontal] dapat memperkuat sirkuit saraf dan menghambat perilaku kognitif seperti merenung yang berhubungan dengan depresi,” tambahnya.

Moon mengatakan bahwa Anda dapat memperoleh manfaat teh hijau baik Anda meminumnya beberapa kali seminggu atau beberapa kali sehari.

4 dari 4 halaman

Pantau Konsumsi Kafein

Jika Anda memilih untuk menjalani aktivitas sehari-hari, pastikan untuk memantau konsumsi kafein Anda secara umum agar tidak terlalu gelisah dan berisiko kurang tidur.

Namun, sebuah penelitian pada bulan Oktober 2023 mengungkapkan bahwa orang dewasa dengan asupan minuman berkafein lebih tinggi memiliki kelemahan yang lebih sedikit dan memiliki fungsi fisik yang jauh lebih baik di kemudian hari.

“Kopi dan teh merupakan minuman andalan di banyak masyarakat di dunia, termasuk Singapura. Studi kami menunjukkan bahwa konsumsi minuman berkafein ini pada usia paruh baya mungkin dikaitkan dengan berkurangnya kemungkinan kelemahan fisik di usia lanjut,” kata pemimpin studi dan profesor Universitas Nasional Singapura Koh Woon Puay dalam siaran persnya.

Meskipun teh hijau dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda, ini bukanlah pendekatan yang bisa diterapkan untuk semua orang.

“Teh hijau saja bukanlah obat mujarab kebahagiaan,” tegas Moon. “Tidak ada satu makanan pun yang bisa.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.