Sukses

Cara Alami Dapatkan Bulu Mata Panjang, Lentik, dan Sehat

Memiliki bulu mata yang indah kerap jadi impian, khususnya bagi para wanita, karena dapat meningkatkan kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak suka bangun setiap hari dengan bulu mata lebat, panjang, dan lentik ala Hollywood? Memiliki bulu mata yang indah kerap jadi impian, khususnya bagi para wanita, karena dapat meningkatkan kecantikan.

Namun untuk mencapainya bisa jadi penuh tantangan. Meskipun serum bulu mata yang menjanjikan pertumbuhan bulu mata yang cepat sangat populer, serum ini dapat berdampak buruk pada mata sensitif — apalagi dapat menguras dompet Anda.

Inilah mengapa ada baiknya mencari alternatif cara alami menumbuhkan bulu mata. Perjalanan bulu mata setiap orang berbeda, di bawah ini ada beberapa cara berkelanjutan, hemat biaya, dan disetujui para ahli untuk mendapatkan bulu mata indah dan sehat, dilansir Shape.

Upayakan Pola Makan Seimbang

Seperti halnya pertumbuhan rambut, diet bergizi dan seimbang adalah tempat untuk memulai perjalanan pertumbuhan bulu mata. Jadi, ingatlah untuk mengonsumsi banyak protein, lemak sehat, dan sayuran hijau.

Michele Green, MD, dokter kulit bersertifikat, juga merekomendasikan untuk menambahkan suplemen biotin dan kolagen ke dalam rutinitas kesehatan harian untuk meningkatkan hasilnya.

“Sama seperti nutrisi dan pola makan yang dapat mendukung pertumbuhan rambut, kesehatan secara keseluruhan juga dapat memengaruhi pertumbuhan bulu mata, kata Dr. Green.

Pertahankan Perawatan Bulu Mata yang Benar

Pertumbuhan bulu mata dimulai dengan perawatan dan kebersihan, kata Dr. Green.

“Aturan terpenting untuk menjaga kesehatan bulu mata adalah membersihkannya setiap malam untuk mencegah kotoran dan kotoran menyumbat folikel bulu mata.”

Untuk membersihkan bulu mata, gunakan penghapus riasan mata yang lembut dan teknik olesan. Kemudian dilanjutkan dengan menyisir atau menyikat bulu mata (dengan sisir bulu mata atau sikat spoolie yang bersih). Hal ini dapat membantu menjaga bulu mata sehat dan bebas dari kotoran. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lapisi Bulu Mata dengan Minyak Alami

Minyak alami semakin populer sebagai sarana untuk meningkatkan pertumbuhan bulu mata. Ini termasuk kelapa, almond, vitamin E, dan minyak jarak, dengan minyak jarak termasuk yang paling populer, kata Dr. Green. Minyak jarak juga mengandung asam risinoleat yang diduga dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Meskipun penelitian mengenai kemanjuran minyak untuk pertumbuhan bulu mata masih terbatas, Dr. Green mengatakan, paling tidak, minyak dapat membantu menutrisi dan melindungi helai rambut. Namun, dia memperingatkan untuk menguji semua minyak sebelum mengoleskannya ke bulu mata untuk menghindari iritasi atau reaksi alergi.

Untuk memastikan bulu mata terlapisi secara merata, celupkan sikat maskara bersih ke dalam minyak pilihan Anda dan lapisi dari akar hingga ujung sepanjang garis bulu mata. Pastikan untuk mencuci minyak di pagi hari sebelum merias wajah.

Pijat Garis Bulu Mata

Ternyata garis bulu mata Anda bisa mendapatkan pijatan yang bagus seperti halnya kulit kepala atau otot yang tegang. Pijat kelopak mata menjadi perawatan rumahan yang umum untuk pertumbuhan bulu mata, kata Dr. Green.

Sampai saat ini, penelitian yang secara langsung mendukung hubungan antara pijat dan pertumbuhan bulu mata masih terbatas. Namun, para ahli berspekulasi bahwa pijatan dapat meningkatkan aliran darah dan sirkulasi ke kelopak mata, yang dapat membantu memberikan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

 

3 dari 4 halaman

Hindari Ekstensi Bulu Mata

Ekstensi bulu mata dan bulu mata palsu seringkali menjadi pilihan banyak orang. Meskipun menambahkan penyempurnaan ini pada bulu mata Anda adalah cara terbaik untuk mendapatkan bulu mata indah dalam sekejap, risikonya mungkin tidak sepadan jika pertumbuhan menjadi perhatian utama Anda.

Menurut Dr. Green, perekat yang digunakan dapat mengiritasi dan merusak bulu mata asli. Ditambah lagi, perawatan yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan permanen pada akar bulu mata. Jika Anda berharap untuk meningkatkan pertumbuhan bulu mata, Anda mungkin ingin menghindari produk ini.

Hidrasi Setiap Hari

Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, dan juga membantu menjaga kesehatan folikel rambut. Sebaliknya, folikel rambut yang sehat menciptakan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan bulu mata.

Hidrasi juga memastikan folikel rambut Anda mendapatkan semua kelembapan dan nutrisi yang dibutuhkan, sehingga membuat bulu mata lebih kuat dan sehat. Jadi, meminum segelas air ekstra tidak hanya menghilangkan dahaga Anda; ini adalah langkah sederhana namun efektif untuk mendapatkan bulu mata yang lebat dan menawan.

 

4 dari 4 halaman

Dapatkan Tidur yang Cukup

Jika Anda kurang tidur, inilah saatnya Anda memulai. Istirahat yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Bukan hanya saat tubuh Anda mengisi ulang tenaga, namun melatonin berpotensi memperpanjang fase pertumbuhan folikel rambut.

“Saat kita tidur, tubuh kita mengalami pemulihan dan regenerasi secara intensif,” kata Dr. Green.

Kelola Stres

Mengelola stres tidak hanya penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan tetapi juga untuk menjaga kesehatan pertumbuhan bulu mata, kata Dr. Green. Stres dapat meningkatkan kadar kortisol, menghambat pertumbuhan folikel rambut dan meningkatkan kerontokan rambut.

Daripada memusingkan hal-hal kecil, biasakan meluangkan waktu sejenak untuk bernapas dan bersantai demi bulu mata Anda (karena terkadang kesombongan membuahkan hasil, bukan?). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.