Sukses

3 Tanda Redflag Dia Punya Kepribadian Narsistik di Kencan Pertama

Psikoterapis yang berbasis di Austria, Dr Alina Kastner membagikan tiga tanda redflag halus yang ditunjukan seorang narsistik pada kencan pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Kencan merupakan bagian dari proses mengenal seseorang lebih dekat. Oleh karena itu, kencan bisa semakin mempererat hubungan atau berakhir tanpa kelanjutan cerita.

Suatu keberuntungan jika kita mendapat teman kencan dengan segala pesona dan kebaikannya. Namun, bersiaplah untuk waspada jika teman kencan ternyata menunjukkan tanda dia memiliki kepribadian narsistik.

Psikoterapis yang berbasis di Austria, Dr Alina Kastner membagikan tiga tanda halus yang ditunjukan seorang narsistik pada kencan pertama.

"“Sangat penting untuk meluangkan waktu untuk mengenal seseorang secara bertahap – ini dapat membantu melindungi kita agar tidak terjerumus ke dalam manipulasi atau jebakan individu narsistik,” kata Dr. Alina Kastner kepada Newsweek.

“Masyarakat kita dibangun atas dasar keinginan untuk percaya pada kisah cinta Hollywood,” tambahnya.

“Mereka bisa sangat persuasif dan menawan, menarik orang dengan kepercayaan diri dan karisma mereka. Namun, pesona ini dapat menutupi niat sebenarnya dan sifat manipulatif mereka untuk menarik perhatian Anda.”

Love Bombing

Love bombing atau bom cinta, taktik yang tidak terlalu halus yaitu membombardir seseorang dengan pujian dan hadiah, adalah tanda pertama yang disarankan Kastner untuk diwaspadai.

“Hal ini dapat menciptakan rasa euforia dan membuat Anda merasa istimewa, namun seringkali ini merupakan taktik manipulasi untuk segera membangun hubungan emosional yang kuat,” katanya, dilansir New York Post.

“[Mereka] seharusnya membuat Anda merasa tenang, aman, dan tenteram. Anda akan merasa seolah-olah Anda telah sampai pada energi yang sangat [nyaman]. Jika mereka langsung membuat Anda merasa seperti jutaan dolar, itu adalah tanda bahaya,” jelasnya.

Kastner juga mengatakan bahwa terlibat dalam percakapan dangkal pada kencan pertama daripada mengenal Anda lebih dalam adalah tanda peringatan lain yang harus diperhatikan.

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan kemelekatan dengan cinta yang hancur.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengatakan Anda adalah Sang Belahan Jiwa

Menyatakan bahwa Anda adalah orang yang tepat di awal perkenalan dengan pembicaraan mengenai hubungan selamanya adalah tanda bahaya besar lainnya.

“Orang narsisis mungkin mengklaim bahwa Anda adalah belahan jiwa atau pasangan sempurna mereka sejak dini - ini biasanya terjadi pada kencan pertama,” saran Kastner.

Meskipun taktik manipulasi ini mungkin terdengar mirip dengan bom cinta - yang seharusnya membuat seseorang merasa tersanjung atau istimewa dengan cara yang sama seperti pujian - obrolan belahan jiwa dirancang untuk membuat penerimanya segera merasakan hubungan yang mendalam dengan orang narsisis.

“Ya, taktik ini dirancang untuk membuat Anda merasakan hubungan yang mendalam, namun sering kali tidak tulus,” kata Kastner.

“Orang narsisis terampil dalam mencerminkan keinginan Anda dan menampilkan diri mereka sesuai dengan apa yang Anda inginkan dari seorang pasangan, meskipun itu tidak asli,” tambahnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Terlalu banyak antusiasme

Jangan menganggap perilaku berlebihan sebagai tanda bahwa dia terlalu menyukai Anda — dan jangan tunjukkan juga hal itu pada diri Anda sendiri.

Kastner memperingatkan bahwa perasaan “terhanyut” dapat dengan mudah menyebabkan Anda ditipu oleh seorang narsisis.

“Merasa sangat bersemangat dan gelisah bisa jadi merupakan hasil dari emosi dan perhatian intens yang diarahkan oleh orang narsisis kepada Anda,” katanya.

“Orang narsisis bertujuan untuk menciptakan rollercoaster emosional, membuat Anda merasa berada di puncak dunia pada suatu saat dan tidak yakin pada saat berikutnya,” dia berbagi.

“Fluktuasi emosi ini membuat Anda ketagihan dan cenderung mengabaikan potensi bahaya.”

Jika segala sesuatunya tampak berjalan terlalu cepat, hal itu juga memprihatinkan, tambah psikoterapis tersebut.

“Mereka mungkin juga mendorong keintiman emosional dan fisik secara cepat karena hal ini, untuk membangun 'hubungan yang mendalam' dengan cepat agar Anda tertarik. Itu bukan karena cinta yang tulus. Itu untuk memanipulasi dan mengendalikan Anda,” kata Kastner.

“Hal ini dapat melibatkan pergerakan hubungan dengan kecepatan yang luar biasa cepat, sehingga mempersulit Anda untuk mengambil langkah mundur dan menilai situasi secara objektif,” lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Terlalu Indah untuk Jadi Kenyataan

Selain itu, jika segala sesuatunya tampak “terlalu bagus untuk menjadi kenyataan”, maka hal itu mungkin memang benar adanya.

Kastner menyarankan untuk mandi air dingin dalam kasus ini - tidak peduli betapa menantangnya hal itu.

“Memperkecil untuk mengevaluasi secara obyektif sangatlah sulit ketika Anda merasa seperti baru saja bertemu dengan orang yang tepat,” katanya.

Pakar hubungan lainnya memberikan peringatan bahwa ketika seorang narsisis mengatakan, “Aku cinta kamu,” pada awalnya mungkin itu adalah taktik pengendalian, sekaligus tanda peringatan selingkuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.