Sukses

5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Kamu Hindari Saat Sarapan, Ini Daftarnya

5 makanan terburuk yang dikonsumsi untuk sarapan

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Sarapan berguna bagi tubuh dan otak jika makanan yang dipilih kaya kandungan gizi. Sejumlah manfaat dari sarapan yang akan kita peroleh di antaranya meningkatkan fungsi kognitif (otak), meningkatkan energi, mengontrol gula darah lebih baik, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Oleh sebab itu, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari pada saat sarapan. Apa Saja?

"Mengonsumsi makanan tinggi gula seperti kue kering, sereal sarapan tinggi gula atau yoghurt tinggi gula tidak ideal untuk sarapan karena dapat meningkatkan kadar glukosa darah, membuat seseorang merasa lapar lebih cepat," kata ahli gizi terdaftar dan penulis 'How To Stay Healthy', Jenna Hope seperti dilansir dari GLAMOUR pada Jumat, 29 Desember 2023.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Sarapan

Secara umum, makanan terburuk yang dikonsumsi untuk sarapan adalah makanan dengan tinggi gula dan rendah serat serta protein. Hal ini disebabkan makanan tersebut tidak akan membuat kenyang sampai waktu makan siang, jelas Laura Buckle dari The wellness Detective. Beberapa makanan tersebut termasuk:

Sereal manis

Laura mengatakan banyak sereal yang tinggi gula tambahan. Makanan ini dapat berkontribusi pada penambahan berat badan, peningkatan kadar gula darah, dan gangguan energi di kemudian hari.

Kue

kue-kue seperti croissant adalah kue dengan tinggi karbohidrat dan gula tambahan. Kue-kue semacam itu mungkin memberikan dorongan energi yang cepat, tetapi seringkali hanya sebentar yang menyebabkan kelaparan di kemudian hari.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waspada Sarapan dengan Kopi

Mengonsumsi minuman dengan tambahan gula, krimer, atau sirup seperti latte atau es kopi manis, dapat berkontribusi pada asupan kalori yang berlebihan dan lonjakan gula."

Daging olahan

bacon, sosis, dan daging olahan lainnya tinggi lemak jenuh dan dapat mengandung aditif dan pengawet. Laura, mengatakan,"Mengonsumsi ini secara teratur dapat berkontribusi pada penyakit jantung dan masalah lainnya."

Jus buah

Sementara buah utuh umumnya merupakan pilihan yang sehat, sedangkan jus buah bisa tinggi gula dan kekurangan serat yang ditemukan dalam buah utuh.

Yoghurt rasa

Yoghurt rasa sering mengandung tambahan gula dan perasa buatan.

3 dari 4 halaman

Makanan Sarapan yang Disarankan

Laura menjelaskan bahwa sarapan seimbang mencakup campuran karbohidrat, protein dan lemak sehat serta vitamin dan mineral. Beberapa contoh makanan termasuk

Gandum

Oat kaya akan serat larut, yang membantu menjaga kadar gula darah stabil dan membuat seseorang kenyang lebih lama.

Greek Yoghurt

Greek Yoghurt tinggi protein, yang membantu dalam perbaikan otot dan rasa kenyang. Ini juga mengandung probiotik, meningkatkan kesehatan usus, dan kalsium untuk kesehatan tulang.

Telur

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi dan nutrisi penting seperti kolin. Mereka dapat membantu seseorang tetap kenyang dan memberikan energi berkelanjutan sepanjang pagi.

 

4 dari 4 halaman

Alpukat Bagus untuk Sarapan

Alpukat adalah makanan padat nutrisi yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang menyehatkan jantung. Alpukat juga menyediakan serat dan berbagai vitamin dan mineral."

Berries

Blueberry, stroberi, dan raspberry kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat. Mereka menambahkan rasa manis alami dan berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Almond, biji chia, biji rami adalah sumber lemak sehat, protein, dan serat yang baik.

Smoothie

Smoothie seimbang dengan buah-buahan, sayuran, greek yoghurt, dan sumber lemak sehat (seperti selai kacang atau alpukat) dapat memberikan sarapan cepat dan nyaman dengan berbagai nutrisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.