Sukses

Manfaat Buncis untuk Kesehatan, Cocok untuk Ibu Hamil

Konsumsi buncis akan mendapatkan protein yang cukup untuk tubuh, selain itu sayuran ini juga kaya serat.

Liputan6.com, Jakarta - Buncis merupakan salah satu jenis sayur yang populer di Indonesia. Sayuran ini bisa diolah menjadi berbagai macam menu masakan, seperti oseng-oseng dan masuk ke dalam sop.

Selain memiliki cita rasa yang segar, buncis juga mengandung beragam manfaat untuk kesehatan. Buncis memiliki kandungan vitamin A, B, C, zat besi, protein, hingga mineral yang dibutuhkan tubuh. Sehingga sayur berwarna hijau ini cocok dikonsumsi oleh orang yang ingin menurunkan berat badan hingga ibu hamil.

Selain itu, masih banyak manfaat buncis yang berfungsi efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat buncis untuk kesehatan? Simak informasinya berikut ini dilansir dari Redbook pada Senin, 4 Desember 2023. 

1. Menurunkan Berat Badan

“Buncis adalah sumber protein dan serat nabati yang sangat baik. Makanan ini meningkatkan rasa kenyang dan mendukung pengelolaan berat badan,” kata pakar nutrisi, Frances Largeman-Roth, RDN.

“Protein adalah makronutrien yang paling mengenyangkan,” jelasnya.

Konsumsi buncis akan mendapatkan protein yang cukup untuk tubuh, selain itu sayuran ini juga kaya serat. Serat adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan. Cocok bagi orang yang sedang melakukan program diet untuk menyantap buncis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal pada 2014, makan enam ons buncis dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar lima persen. Hal itu memengaruhi penurunan risiko penyakit kardiovaskular hingga ke enam persen.

3. Mengurangi Stres

Menurut pakar nutrisi, Lauren McAlister, RD, buncis adalah sumber magnesium yang baik. Apalagi kandungan mineral buncis dapat mendukung tidur, mengurangi stres, dan keseimbangan hormonal.

“Sengaja menambah buncis di piring, kandungan magnesiumnya dapat mengurangi rasa cemas dan membuat seseorang relaks dalam kehidupan sehari-hari,” jelas McAlister.

3 dari 4 halaman

4. Mendukung Kehamilan

Ibu hamil sangat cocok menyantap buncis, karena makanan ini mengandung folat yang dibutuhkan untuk janin.

“Folat adalah salah satu nutrisi yang paling direkomendasikan untuk kehamilan sehat, karena mendukung perkembangan saraf,” ungkap ahli gizi Serena Poon, RDN.

“Sekitar 200 gram buncis mengandung 18 persen folat dari rekomendasi harian untuk ibu hamil. Buncis juga merupakan sumber kolin yang baik, penting untuk perkembangan otak yang sehat pada janin,” lanjutnya.

4 dari 4 halaman

5. Menyehatkan Kulit

Menurut Poon, buncis adalah sumber asam lemak esensial yang diketahui bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Hal ini disebabkan buncis juga mengandung beta karoten sekitar tiga persen dan dapat membantu melindungi sel kulit dari radikal bebas hingga sinar UV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini