Sukses

Jauhkan Rasa Malas, Bersih-Bersih Rumah Bisa Bakar hingga 500 Kalori

Pakar kesehatan mengklaim bahwa melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari seperti mengepel lantai dan mencuci pakaian dapat membakar hingga 500 kalori.

Liputan6.com, Jakarta - Pakar kesehatan mengklaim bahwa melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari seperti mengepel lantai dan  mencuci pakaian dapat membakar hingga 500 kalori.

“Jika seseorang melakukan bersih-bersih rumah sebagai cara untuk meningkatkan pergerakan dan aktivitas fisik, lakukan 20 hingga 30 menit setiap hari,” kata profesor Kesehatan Integratif Universitas Maryland Duston Morris seperti dikutip dari New York Post, Sabtu (18/11/2023).

Faktanya, studi tahun 2019 yang dilakukan oleh Norwegian School of Sport Sciences menemukan bahwa melakukan aktivitas dengan intensitas sedang seperti berjalan kaki, menyedot debu, atau memotong rumput dapat menurunkan risiko kematian dini secara signifikan.

Inilah beberapa pekerjaan rumah tangga yang dapat membakar kalori:

1. Membersihkan Debu  

Saat membersihkan furnitur dari kotoran dan debu tentu bakal melibatkan bahu dan lengan, “Terutama saat sedang menggapai tempat tinggi,” kata Stephanie Thomas pelatih pribadi berbasis di Maryland, Amerika Serikat.

Penelitian telah menemukan bahwa seseorang dapat membakar sekitar delapan kalori untuk setiap menit jongkok, jadi 10 menit secara intens dapat menghilangkan 80 kalori

Untuk memastikan latihan yang menyeluruh, Morris merekomendasikan pergantian tangan saat membersihkan ruangan demi ruangan, menciptakan “keseimbangan otot” sehingga sisi dominan seseorang tidak terlalu banyak bekerja.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Membersihkan Kamar Mandi

Baunya memang tidak sedap, tetapi membersihkan kamar mandi secara menyeluruh adalah cara yang bagus untuk menghilangkan lemak tubuh yang berlebih.

Menggosok kotoran dari lantai, pancuran, bak mandi, cermin, meja, dan toilet melatih otot tubuh di seluruh lengan, punggung, dan bahu. 

 

 

 

3 dari 3 halaman

3. Membersihkan Lantai

Mendorong penyedot debu, kain pel, atau penyapu dapat membuat seseorang menjadi lebih kencang dan ramping. Ya, mengepel lantai juga bisa memicu pembakaran hingga 100 kalori.

“Membersihkan lantai bisa menjadi latihan kecil,” kata Thomas.

“Saat seseorang menyedot debu dan mengepel, ia melatih otot intinya,” lanjutnya, seraya menambahkan bahwa pekerjaan tersebut juga memperkuat otot di lengan dan bahu.

Morris menganjurkan mengubah posisi tangan pada gagang sapu atau pel sebagai praktik pembakaran kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.