Sukses

Bahaya Tidur Pakai Makeup, Ini yang Bisa Terjadi pada Kulit

Bahaya Tidur dengan Makeup, Kulit Bisa Menjadi Seperti Ini

Liputan6.com, Jakarta - Dokter kulit bersertifikat di New York City, Joshua Zeichner dan dokter kulit bersertifikat di Miami, Florida, Loretta Ciraldo MD FAAD membeberkan pengaruh buruk ketika tidur dengan riasan (makeup) yang masih menempel di wajah.

Keduanya mengungkap sejumlah alasan yang cukup mengkhawatirkan kenapa kamu tidak boleh tidur pakai makeup, seperti dikutip dari Real Simple pada Sabtu, 11 November 2023.

Joshua, mengatakan, dengan banyaknya riasan yang menempel di wajah, pori-pori tidak bisa bernapas dan akan tersumbat.

"Makeup secara fisik menyumbat pori-pori, mencegah minyak, meninggalkan kulit dan menyebabkan munculnya jerawat," katanya.

Bukan itu saja, makeup juga memerangkap polutan di dalam kulit, dan tekanan lingkungan seperti ini dapat mengakibatkan peningkatan radikal bebas yang menyebabkan peradangan, kemerahan, dan iritasi pada kulit. 

Dijelaskan Joshuan bahwa peradagan kronis dapat menyebabkan penuaan dini, termasuk peningkatan produksi pigmen dan degradasi kolagen.

Ini akan menjadi masalah yang lebih besar jika seseorang sering menggunakan banyak produk atau jika dia memiliki kulit sensitif. 

"Kebanyakan riasan mengandung pewarna dan pewangi buatan, dan jika digunakan semalaman, dapat menyebabkan reaksi alergi atau dermatitis kontak iritasi pada kulit sensitif," kata Loretta mengungkap bahaya tidur pakai makeup.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Masalah Jika Hanya Satu Malam

Kabar baiknya adalah, kecuali kulit seseorang sensitif secara genetik, kedua ahli sepakat bahwa satu malam saja tidak akan memicu kerusakan kulit. 

"Saya pikir sesekali, misalnya sebulan sekali, tidak akan menimbulkan banyak dampak buruk. Dan, jangan stres jika hal ini terjadi sesekali karena stres juga dapat mengganggu kulit dengan munculnya jerawat dan sensitivitas," kata Loretta.

Hapus Makeup di Mata untuk Menghindari Bintitan

Namun, Loretta merekomendasikan setidaknya menghapus riasan mata (bahkan dengan lap) jika seseorang benar-benar lelah. 

"Karena kulit mata kita lebih tipis dari kertas tisu dan merupakan kulit tertipis di wajah, seseorang harus memprioritaskan untuk menghilangkan maskara dan riasan mata lainnya. Kulit ini rentan terhadap infeksi dan iritasi, dan kemungkinan besar akan rusak. dengan tidur dalam riasanmu (meskipun untuk satu malam)," katanya.

Zeichner menambahkan,"Tidur dengan riasan mata dapat meningkatkan risiko terjadinya bintitan (penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata)."

"Seseorang juga berisiko terkena dermatitis kelopak mata, atau iritasi akibat gesekan maskara pada kelopak mata saat tidur. Yang terburuk adalah skenario kasus saat riasan masuk ke mata itu sendiri, yang dapat menyebabkan konjungtivitis," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Tetap Lakukan Rutinitas Perawatan Kulit Malam Hari

Cara termudah untuk tetap konsisten mencuci muka adalah dengan benar-benar berkomitmen pada rutinitas perawatan kulit malam hari. 

Ini tidak berarti seseorang harus menghabiskan lebih dari 30 menit setiap malam dengan sistem multi-produk, tapi membersihkan wajah dan menggunakan pelembab padat dapat membantu mempercepat laju regenerasi sel yang terjadi saat tidur. 

Jika seseorang tahu dia akan datang terlambat, Loretta juga menyarankan untuk tidak menunggu hingga waktu tidur untuk membersihkan riasan.

Sebaliknya, cobalah melakukannya tepat setelah makan malam sebelum terlalu lelah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini