Sukses

Manfaat Makan Pisang Tak Terduga, Bantu Bikin Tenang

Kalium pada pisang sebagai perantara antara otot dan saraf. Hal ini juga dapat memberikan efek menguntungkan pada sistem kardiovaskular yang dapat mendukung kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Pisang bukan hanya sekadar buah yang enak, tapi ini mampu membantu membuat seseorang tenang.

Kalium pada pisang sebagai perantara antara otot dan saraf. Hal ini juga dapat memberikan efek menguntungkan pada sistem kardiovaskular yang dapat mendukung kesehatan mental.

“Saat merasa cemas, kita mungkin memiliki terlalu banyak hormon yang disebut adrenalin yang membuat jantung berdebar kencang dan pikiran menjadi gelisah,” kata ahli gizi diet, Romane Guerot, RDN .

“Kalium ini dapat mengendalikan adrenalin," lanjut Guerot.

Menurut penelitian, prosesnya terjadi ketika potasium (juga disebut kalium) dalam pisang dapat bertindak sebagai beta-blocker alami yang berfungsi menurunkan tekanan darah.

Lalu, potasium juga mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah dan memblokir hormon-hormon yang meningkatkan tekanan darah seperti adrenalin.

“Itulah mengapa kalium membantu jantung berdetak terus-menerus dan otot-otot tetap bekerja dengan baik,” kata Guerot dikutip dari Well and Good pada Sabtu, 4 November 2023.

Menurut ahli gizi diet, Sara Chatfield, MPH, RDN, bukan hanya potasium yang dapat memberikan efek anti-kecemasan pada pisang.

“Pisang juga kaya akan triptofan, asam amino, esensial dan prekursor serotonin (bahan pembangun neurotransmitter kebahagiaan), yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan,” jelasnya.

Hal yang perlu digarisbawahi lainnya, bila seseorang mengalami masalah kesehatan mental, segera ke pakar seperti psikolog atau psikiater untuk membantu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi Pisang

Selain mengatasi kecemasan, pisang juga membawa kabar baik untuk penderita asma.

Imperial College of London menemukan bahwa anak-anak yang makan satu buah pisang sehari mengurangi risiko terkena gejala asma sebesar 34 persen, dikutip dari Everyday Health (3/11/2023).

Pisang mengandung antioksidan yang dapat membantu membersihkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres saluran napas, serta kerusakan jaringan.

3 dari 3 halaman

Nutrisi pada Pisang

Selain antioksidan, berikut kandungan nutrisi dalam pisang yang bermanfaat untuk tubuh:

Mineral dalam Pisang

  • Kalium: 451 miligram (mg)
  • Magnesium : 34mg
  • Kalsium : 6mg
  • Besi: 0,3 mg
  • Seng : 0,2 mg

Vitamin dalam Pisang

  • Vitamin C : 11mg
  • Vitamin A : 4 mikrogram (mcg)
  • Vitamin B6 : 0,5mg
  • Vitamin E : 0,1 mg
  • Niasin : 0,8 mg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini