Sukses

Curhat Luhut Binsar Pandjaitan Jalani Perawatan di Singapura: Sejujurnya Ini Tidak Menyenangkan

Sudah sepekan Luhut Binsar Pandjaitan jalani perawatan di Singapura

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, sudah sepekan berada di Singapura guna menjalani pemulihan kesehatannya. Di sana Luhut juga menjalani beberapa tahap perawatan medis.

"Terhitung tujuh hari sudah saya berada di Singapura untuk menjalani proses pemulihan. Beberapa tahap perawatan medis saya jalani dengan sebaik mungkin," kata Luhut Panjaitan.

Berkata jujur di unggahan akun Instagram pribadinya, pria 76 tahun tersebut sama kayak kebanyakan dari kita yang tidak senang bila sakit. Menurut Luhut, pengalaman tersebut tidaklah menyenangkan.

"Sejujurnya, pengalaman ini sungguh tidak menyenangkan," kata Luhut dalam unggahan di Instagram @luhut.pandjaitan pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Meski begitu, Luhut harus melawan rasa tersebut dengan tetap semangat agar bisa pulih kembali seperti sedia kala.

"Namun saya tetap berkomitmen untuk terus bersemangat meskipun proses pemulihan ini masih tetap membutuhkan waktu," ujarnya.

Luhut Minta Jangan Percaya Foto Aneh soal Dirinya

Sejak kabar mencuat bahwa dirinya sakit, banyak bermunculan foto maupun kabar burung tidak jelas. Luhut pun meminta masyarakat  untuk tidak mempercayai hal tersebut.

"Teman-teman tidak usah percaya pada foto-foto yang banyak bertebaran, berseliwaran yang aneh-aneh," ujar pria yang karib disapa Opung ini.

Memang saat ini, Luhut masih butuh waktu untuk bisa pulih, tapi laporan dari tim dokter di Singapura menunjukkan kondisi kesehatannya yang alami kemajuan dari sebelumnya.

"Secara overall, dari tim dokter tadi mengatakan bahwa progres saya maju sangat signifikan," katanya dalam video singkat di unggahan tersebut. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luhut Panjaitan Sudah Boleh Mendengar Laporan Pekerjaan

Kondisi kesehatan yang lebih baik dari sebelumnya, membuat Luhut dapat izin untuk sedikit beraktivitas sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Paling tidak ,ia sudah dapat izin dokter untuk mendengar laporan pekerjaan yang ditinggalkannya.

"Bahkan, saya sudah mendapatkan izin untuk beraktivitas meskipun baru sebatas melihat dan mendengar laporan dari beberapa pekerjaan yang telah saya tinggalkan selama beberapa minggu," tulis Luhut.

Seperti diketahui, sebelum ke Singapura, tim dokter dan sang istri, Devi Simatupang, untuk sementara waktu tidak mengecek pekerjaan. Hal itu semua demi kebaikan kesehatannya. 

3 dari 4 halaman

Luhut Senang Pekerjaannya Dilanjutkan dengan Baik oleh Erick Thohir

Rasa cemas dan gundah sempat dirasakan Luhut lantaran ia punya tugas penting di kabinet. Namun, ketika laporan bahwa pekerjaan yang diembannya dilanjutkan dengan baik oleh Erick Thohir serta para deputi.

"Saya bersyukur bahwa segalanya dapat diatasi dengan baik oleh Pak @erickthohir yang ditugaskan untuk menggantikan saya. Beliau dan para Deputi saya telah bekerja dengan maksimal, dan hasilnya terbukti dari kelancaran banyak program yang sedang dan berhasil dijalankan," katanya. 

"Semua ini bisa terlaksana karena mereka semua ternyata ingat betul pesan saya untuk bekerja secara terintegrasi, agar semua permasalahan bisa teratasi dengan baik."

4 dari 4 halaman

Tidak Menyerah

Dalam video tersebut, Luhut juga mengungkapkan bahwa dirinya tidak akan menyerah. Ia akan berjuang untuk bisa kembali pulih.

"Saya tidak menyerah menghadapi ini semua," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini