Sukses

Viral Di Tiktok Pernikahan Ahli Gizi, Menu di Prasmanan Ada Keterangan Jumlah Kalori

TikTok @farchuuu membagikan momen kondangan unik pernikahan ahli gizi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika menghadiri pesta pernikahan, selain antusias untuk bertemu pengantin kita juga biasanya berantusias untuk menikmati hidangan yang tersedia. Namun, pernah enggak sih kamu jadi was-was saat akan menyantap hidangan yang disajikan di prasmanan acara pernikahan?

Baru-baru ini beredar video singkat yang diunggah oleh pengguna akun media sosial TikTok @farchuuu. Ia membagikan momen kondangan unik ahli gizi.

Dalam video yang berdurasi 20 detik itu, sang pemilik akun memperlihatkan tenda-tenda hidangan yang terdapat keterangan jumlah kalori di setiap porsinya.

"Kondangan ahli gizi: setiap menu ada jumlah kalorinya," tulis akun TikTok @farchuuu dalam video unggahannya pada 25 September 2023.

Sang pemilik akun menunjukkan salah satu makanan dalam acara pesta pernikahan tersebut pada papan nama. Tertulis Chocolava Ice Cream dengan sekitar 335 kkal per porsi.

Informasi jumlah kalori memungkinkan tamu undangan untuk mencegah surplus kalori harian saat kondangan. Bagi mereka yang tengah diet menurunkan berat badan, konsep ini tentu menarik karena bisa sambil menghitung kalori yang sudah masuk.

Hal tersebut tentu saja menarik perhatian warganet, kolom komentar dipenuhi berbagai tanggapan. Hingga saat ini video tersebut bahkan telah dilihat 3 juta kali, mendapatkan 4 ribu komentar, disukai oleh lebih dari 290 ribu orang dan dibagikan 4 ribu lebih pengguna di TikTok

Bisa jadi ini adalah konsep baru dalam menyajikan makanan dalam sebuah resepsi pernikahan, atau mungkin juga sudah pernah diterapkan sebelumnya tapi baru kali ini menjadi viral. Banyak dari warganet menginginkan konsep pernikahan seperti ini suata saat nanti.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Souvenir Pernikahan Ahli Gizi

Bukan hanya konsep hidangan yang terdapat jumlah kalori, ternyata souvenir juga menarik.

Dalam video lain yang juga diunggah oleh akun yang sama memperlihatkan souvenir dari pernikahan Fitri dan Raihan. Tampak 2 botol tempat gula  dan garam itu dibungkus dengan kotak transparan. Lalu, terdapat informasi mengenai gizi seimbang terkait konsumsi gula, garam, dan lemak.

Begini tulisannya di boks sovenir pasangan Fitri dan Raihan:

"Terima Kasih

Atas Kehadiran

Bapak/Ibu/Saudara/I

Fitri & Raihan

24 September 23

Pesan Gizi Seimbang Batasi Konsumi Gula, Garam, Lemak"

 "Souvenir kondangan ahli gizi, ada pesan gizi seimbangnya," tulis @farchuuu lagi.

Seperti diketahui, ada panduan konsumsi gula, garam, dan lemak. Kementerian Kesehatan RI mengatakan bahwa ada batas konsumsi:

GULA: 4 Sendok Makan = 54 gram  

  • Kurangi konsumsi makanan/minuman dengan kadar gula tinggi
  • Lebih baik konsumsi buah dan sayur sebagai cemilan 

GARAM: 1 Sendok Teh = 2000 miligram natrium 

  • Kurangi Konsumsi Makanan dengan kadar garam tinggi
  • Jangan menambah garam/kecap pada makanan yang telah tersaji 

LEMAK: 5 Sendok Makan = 72 gram

  • Kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak/digoreng
  • Memasak dengan cara direbus, dikukus atau di panggang

 

3 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet

Netizen yang melihat postingan tersebut berandai-andai jika dilakukan oleh para pengantin dengan bidang jurusan kuliahnya masing-masing. Seperti pengguna akun @leomondae menulis "kondangan pakar ekonomi : setiap menu ada harganya"

Pengguna lain dengan akun @sweetylie menuliskan "Kondangan anak farmasi, setiap menu ada dosisnya"

"Kalau kondangan anak akuntansi pasti setiap menu ada anggarannya," tulis akun lain

Selain menanggapi dengan tanggapan kocak dan menghibur, ada beberapa warganet yang mengapresiasi usaha sang pengantin dengan membuat konsep unik di pernikahannya.

"Bener-bener effort dan totalitas banget nikahannya," tulis sebuah akun @PRA.

Kalau kamu mau konsep pernikahan kaya gini enggak nih?

4 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet

Selain menanggapi dengan tanggapan kocak dan menghibur, ada beberapa warganet yang mengapresiasi effort sang pengantin dengan membuat konsep unik di pernikahannya.

"Bener-bener effort dan totalitas banget nikahannya," tulis sebuah akun @PRA.

Kalau kamu mau konsep pernikahan kaya gini enggak nih?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.