Sukses

4 Tanda Kamu Berada Dalam Hubungan yang Dewasa

Ini tanda-tanda hubungan yang dewasa.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan fakta di lapangan, orang yang berada dalam hubungan dewasa cenderung lebih bahagia. Mereka lebih mengerti situasi satu sama lain dan tidak ada yang dirahasiakan.

Situasi tersebut adalah contoh dari hubungan dewasa yang menjaga komunikasi.

“Hubungan yang matang dan sehat memiliki komunikasi yang terbuka dan jujur,” jelas psikolog, Nicole Martinez, Psy.D., LCPC.

Hubungan dewasa membuat seseorang tidak lagi takut dihakimi atau diejek seperti jalinan sebelumnya. Rasa kekhawatiran itu hilang ketika bertemu pasangan yang mau mendengarkan.

“Memberi pasangan kesempatan untuk didengarkan, dan mencoba memahami berbagai hal dari sudut pandang mereka,” lanjut Martinez.

Berbeda dengan hubungan yang tidak sehat, mereka akan sering bertengkar karena komunikasi yang kurang baik.

“Hubungan yang tidak sehat berpusat pada masalah komunikasi dan keterampilan mendengarkan yang buruk,” jelas Martinez.

Pasangan yang dewasa cenderung mengobrol satu sama lain dan saling mendengarkan, sehingga menghasilkan komunikasi dua arah. Hal tersebut menjadi alasan mengapa argumen keduanya selalu berjalan lancar.

Bagi beberapa orang situasi hubungan yang dewasa ini terasa kurang cocok, sebab pasangan kerap kali menghabiskan waktu sendirian.

Namun tidak juga banyak yang tahu, perilaku tersebut menandakan seseorang berada di hubungan yang dewasa. Agar mengetahui lebih jauh, berikut tanda-tanda seseorang berada di hubungan yang dewasa dilansir dari Bustle pada Selasa, 10 Oktober 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Merasa Nyaman Ketika Sendirian

Saat baik-baik saja dengan waktu bersama, hubungan dewasa juga sering menghabiskan waktu terpisah. Selain menjaga batasan yang sehat, hal ini mencegah ketergantungan dengan pasangan.

“Pasangan merasa nyaman dengan waktu mereka bersama. Seperti halnya mereka merasa nyaman dengan waktu berpisah,” jelas Martinez.

Pasangan yang berada di hubungan dewasa lebih fleksibel dan tidak tergantung.

Sering melakukan hal sendirian bukan berarti pasangan tidak cinta, mungkin saja ia mengajarkan hubungan yang dewasa.

3 dari 4 halaman

2. Saling Belajar dari Masa Lalu

Hubungan yang tidak sehat sering kali penuh dengan kebencian, sementara pasangan yang sehat berusaha belajar dari kesalahan. Masalah tidak pernah menjadi begitu berat, karena keduanya belajar dari masa lalu dan terus maju.

3. Mendukung Impian Satu Sama Lain

Hubungan dewasa membuat mereka merasakan keinginan yang sangat besar untuk melihat pasangan sukses. Sehingga mereka akan mendukung apa pun yang membantu pasangan meraih impiannya.

4 dari 4 halaman

4. Menghindari Masalah Lain yang Muncul

Namun ketika berada di dalam situasi pertengkaran, pasangan hubungan dewasa ini enggan mengungkit masalah. Mereka fokus pada permasalahan daripada berargumen yang ditakutkan berujung salah ucap.

“Pasangan tetap mengerjakan tugas dan fokus pada masalahnya, daripada melakukan serangan pribadi dan membentak,” tambah Martinez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.