Sukses

Heboh Molnupiravir Picu Virus COVID Makin Bermutasi, Begini Respons Kemenkes RI

Obat Molnupiravir dikabarkan membuat virus COVID malah semakin bermutasi.

Liputan6.com, Jakarta - Molnupiravir sebagai obat antivirus telah digunakan secara luas untuk melawan SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Namun, kabar terbaru yang beredar adalah obat ini justru disebut-sebut membuat virus COVID semakin bermutasi.

Indonesia turut menggunakan obat COVID-19 Molnupiravir dalam pengobatan pasien COVID-19. Penggunaan obat ini sudah tertuang melalui pedoman tatalaksana penanganan pasien COVID.

Lalu, adakah efek samping pemberian Molnupiravir di Indonesia yang memicu mutasi virus COVID?

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI)  Maxi Rein Rondonuwu menanggapi hal tersebut. Bahwa belum ada laporan efek mutasi virus Corona usai pemberian Molnupiravir.

"Saya belum update soal itu. Tapi sampai saat ini, belum ada ya laporan seperti itu," ucap Maxi saat diwawancarai Health Liputan6.com di Hotel Raffles Jakarta pada Rabu, 27 September 2023.

Potensi Penularan Virus yang Bermutasi

Kabar Molnupiravir yang memicu mutasi virus Corona termaktub dari hasil penelitian berjudul, A molnupiravir-associated mutational signature in global SARS-CoV-2 genomes.

 

Sebagian besar mutasi acak cenderung merusak virus, dan banyak yang mematikan. Tingkat mutasi yang meningkat ini dikurangi viral load oleh Molnupiravir.

Namun, bila beberapa pasien yang diobati dengan Molnupiravir tidak sepenuhnya sembuh dari infeksi SARS-CoV-2, maka akan ada potensi penularan virus COVID yang bermutasi akibat Molnupiravir, tulis peneliti Theo Sanderson dkk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mutasi Virus Akibat Molnupiravir

Pada jurnal yang dipublikasikan di Nature pada 25 September 2023,  para peneliti menunjukkan, basis data sekuensing SARS-CoV-2 berisi bukti luas mutagenesis akibat Molnupiravir.

Dengan menggunakan pendekatan sistematis, kami menemukan bahwa kelas tertentu dari cabang filogenetik yang panjang, yang dibedakan dengan proporsi mutasi G-ke-A dan C-ke-T yang tinggi, muncul hampir secara eksklusif dalam sekuens dari tahun 2022, setelah diperkenalkannya pengobatan Molnupiravir dan di negara-negara dan kelompok usia dengan penggunaan obat yang meluas, lanjut peneliti.
Kami mengidentifikasi spektrum mutasi dari virus pada pasien yang diketahui telah diobati dengan Molnupiravir dan dalam beberapa kasus dengan penularan garis keturunan yang diturunkan dari Molnupiravir.
3 dari 4 halaman

Virus COVID Tak dapat Dimatikan dengan Cepat

Molnupiravir, yang dipasarkan dengan merek Lagevrio, dilisensikan untuk pengobatan COVID-19 di beberapa negara, termasuk Inggris, Amerika Serikat, dan Jepang. Obat ini telah digunakan untuk mengobati penyakit ini sejak akhir 2021.

Di dalam tubuh, Molnupiravir diubah menjadi molekul yang mengganggu genom virus SARS-CoV-2, menyebabkan beberapa mutasi nukleotida pada RNA-nya. Perubahan ini berarti bahwa ketika virus bereplikasi, keturunannya menjadi lebih lemah, mengurangi seberapa cepat virus dapat bereplikasi dan membersihkan tubuh dari virus.

Namun, ada kekhawatiran bahwa dalam beberapa kasus, sejumlah virus COVID yang bermutasi mungkin tidak dapat dimatikan dengan cukup cepat sehingga dapat menginfeksi individu lain, yang berpotensi memungkinkan virus baru yang bermutasi menyebar.

Ciri Khas Mutasi Usai Pemberian Molnupiravir

Tim peneliti dari Inggris dan Afrika Selatan melihat sejumlah genom virus SARS-CoV-2 yang mengandung sejumlah besar mutasi, terutama di mana Cs telah berubah menjadi Ts dan Gs menjadi As. Sementara mutasi C-ke-T secara keseluruhan relatif umum dalam evolusi SARS-CoV-2, mutasi G-ke-A lebih jarang terjadi, dan proporsi yang lebih tinggi dari mutasi G-ke-A dikaitkan dengan pengobatan Molnupiravir.

Dikutip dari News Medical Life Sciences, Tim menganalisis silsilah keluarga lebih dari 15 juta sekuens SARS-CoV-2 di database Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID) and the International Nucleotide Sequence Database Collaboration (INSDC) untuk mencari mutasi mana yang terjadi pada setiap titik dalam sejarah evolusi virus.

Mereka menemukan bahwa virus dengan ciri khas mutasi ini mulai muncul hampir secara eksklusif sejak tahun 2022 dan seterusnya dan di negara-negara dan kelompok usia setelah mengkonsumsi Molnupiravir digunakan secara luas untuk mengobati COVID-19.

4 dari 4 halaman

Bukti Mutasi Virus COVID pada Penggunaan Molnupiravir

Untuk mengkonfirmasi hubungan antara Molnupiravir dan mutasi virus COVID, para peneliti dalam jurnal yang terbit di Nature ini memeriksa catatan pengobatan di Inggris dan menemukan, setidaknya satu dari tiga virus yang menunjukkan tanda mutasi melibatkan penggunaan Molnupiravir.

Para peneliti juga melihat sekelompok kecil pasien yang terinfeksi virus yang bermutasi, yang menunjukkan bahwa virus-virus baru ini ditularkan dari satu orang ke orang lain. Namun, sejauh ini tidak ada varian yang diketahui terkait dengan penggunaan Molnupiravir.

 

COVID-19 masih memiliki dampak besar pada kesehatan manusia, dan beberapa orang mengalami kesulitan untuk menghilangkan virus. Jadi penting bagi kita untuk mengembangkan obat yang bertujuan untuk mempersingkat masa penularan. Tetapi bukti kami menunjukkan bahwa obat antivirus tertentu, Molnupiravir, juga menghasilkan mutasi baru, meningkatkan keragaman genetik dalam populasi virus yang masih hidup, kata Dr Theo Sanderson dari Francis Crick Institute.

Temuan kami berguna untuk penilaian berkelanjutan atas risiko dan manfaat pengobatan Molnupiravir. Kemungkinan mutasi yang diinduksi oleh antivirus yang persisten perlu diperhitungkan untuk pengembangan obat baru yang bekerja dengan cara yang sama.

 

Penelitian ini didanai oleh Wellcome, Cancer Research UK, Medical Research Council, National Institute for Health and Care Research, Fondation Botnar, UK Cystic Fibrosis Trust dan Oxford Martin School.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.