Sukses

Bantu Tidur Lebih Nyenyak, Yuk Redakan Stres dengan 6 Buah-Buahan Ini!

Menariknya, ada beberapa buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan stres, sekaligus membantu tidur agar lebih nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta Stres seringkali menghantui banyak orang akibat beban pekerjaan yang menumpuk. Pemicu stres juga bisa timbul karena hadirnya berbagai permasalahan. Jika sampai mengalami stres yang berat, maka dapat berdampak pada kualitas tidur yang memburuk.

Selain itu, stres juga akan berdampak pada penurunan kesehatan, hingga bisa mengganggu fokus saat berkegiatan. Menariknya, ada beberapa buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk meredakan stres, sekaligus membantu tidur agar lebih nyenyak. Penasaran apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Kakao

Kakao merupakan bahan dasar cokelat. Buah satu ini diketahui bermanfaat untuk meningkatkan mood sekaligus dapat membantu memperbaiki kualitas tidur yang sempat terganggu. Ini karena kakao mengandung senyawa antioksidan yang dapat membuat pikiran lebih relaks.

Adapun jenis senyawa antioksidan yang terdapat pada buah kakao bernama feniletilamin dan triptofan. Keduanya diketahui dapat meningkatkan produksi hormon serotonin di otak. Nah, serotonin ini bermanfaat dalam meningkatkan perasaan bahagia dan relaksasi.

2. Pisang

Buah satu ini tak hanya sering dikonsumsi sehari-hari, tetapi ternyata juga banyak mengandung nutrisi penting. Di samping mengandung vitamin, mineral dan serat, pisang juga mengandung triptofan, yang dapat membantu menghadirkan rasa bahagia dan membuat tidur lebih nyenyak.

3. Almond

Selanjutnya ada almond. Walau sering disebut kacang, nyatanya almond bukanlah jenis kacang, melainkan buah biji dari pohon almond. Almond diketahui mengandung magnesium, vitamin B, vitamin E dan zat besi. Beragam kandungan tersebut dapat berkontribusi dalam menghadirkan rasa relaks, sekaligus membantu mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

3 dari 3 halaman

4. Buah Ceri

Dikenal memiliki rasa manis dan asam, buah ceri ternyata juga mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya. Di dalam buah mungil berwarna merah ini, diketahui terdapat senyawa antioksidan yang dapat membantu meredakan stres hingga dapat membantu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

5. Jeruk

Jeruk diketahui punya banyak kandungan vitamin C. Menariknya, vitamin C ini juga berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu pun dapat berdampak baik kesehatan fisik dan mental, sehingga bisa membuat tidur juga ikut berkualitas.

6. Alpukat

Last but not least, ada buah alpukat. Buah satu ini juga mengandung nutrisi melimpah, termasuk di antaranya adalah vitamin B dan kandungan antioksidan yang tinggi. Berbagai kandungan dalam buah alpukat tersebut diketahui dapat membantu meredakan stres, memperbaiki suasana hati, hingga bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Itulah beberapa buah-buahan yang bisa dikonsumsi setiap hari, terutama saat sedang stres atau mengalami gangguan tidur. Namun, apabila stres dan gangguan tidur berlanjut, jangan ragu untuk periksa langsung ke dokter ya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini