Sukses

Sandiaga Uno Ketemu Siwon Super Junior di KTT ASEAN, Ngobrol Apa Ya?

Choi Siwon, personel Super Junior hadir dalam rangkaian acara KTT ASEAN 2023 di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno bertemu Choi Siwon yang merupakan salah satu member idol K-Pop, Super Junior, dalam rangkaian acara KTT ASEAN di Jakarta, yakni ASEAN Business & Investment Summit 2023.

Pada acara ASEAN Business & Investment Summit 2023 pada Senin (4/9/2023) Choi Siwon berbicara sebagai Duta Besar Regional untuk UNICEF Asia Timur dan Pasifik. Rupanya ada pesan dari Choi Siwon ketika bertemu Sandiaga.

Pernyataan Choi Siwon ini terlihat dalam video yang diunggah oleh Sandiaga Uno di platform Twitter X pribadinya pada 5 September 2023. Sandiaga dan Siwon membahas sinergi antara Korea Selatan dan Indonesia.

Apalagi saat ini, Sandiaga tengah membidik peningkatan kunjungan wisatawan asal Korea Selatan.

Oleh sebab itu, Menparekraf merekomendasikan beberapa destinasi wisata di Indonesia seperti Jakarta, Bali, Bangka Belitung, Likupang, Manado, dan lainnya.

Ajakan Choi Siwon ke Sandiaga Uno

Sebaliknya, Siwon Super Junior juga mengajak Sandiaga Uno mengambil peran dalam ASEAN sebagai Epicentrum of Growth.

 

"Sekarang saatnya untuk beraksi, setiap tindakan kamu sangatlah berarti untuk mengubah dunia. Jadi kita harus melakukan bersama-sama, kita bisa jadi yang terbaik untuk dunia yang lebih baik," kata personel K-Pop Super Junior yang hadir di rangkaian acara KTT ASEAN ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Choi Siwon Bukan Kali Pertama ke Indonesia

Sementara itu, dalam unggahan Sandiaga Uno di akun Instagram pribadinyaa, dia dan Choi Siwon tampak berfoto bersama dan disambut sangat baik.

Terlihat Siwon mengenakan jas berwarna hitam dan Sandiaga Uno terlihat menggunakan jas yang dilengkapi dengan kain dan pengikat khas Sumatra Utara.

"Welcome to Wonderful Indonesia, @siwonchoi. Annyeong haseyo. Horas..!!! karena saya sedang memakai kain dan pengikat kepala khas Sumatra Utara di Gala Dinner ASEAN Business Award," tulis Sandiaga

Sandiaga Uno juga mengetahui jika kunjungan Siwon ke Indonesia bukan yang pertama kalinya. Ia juga mengucapkan jika Siwon sangat menyukai Bali sebagai salah satu destinasi wisata kesukaannya.

Ini bukan pertama kalinya Siwon datang ke Indonesia, bahkan ia menyampaikan bahwa Bali menjadi salah satu destinasi wisata favoritnya, lanjut Sandiaga.
3 dari 4 halaman

Diskusi Memajukan Industri Kreatif

Pada kesempatan yang sama, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan, dia dan Choi Siwon sempat berdiskusi sebentar. Dia dan Siwon diketahui saling mendiskusikan mengenai bagaimana memajukan industri kreatif.

"Walau sebentar, tapi saya senang bisa berdiskusi tentang bagaimana memajukan industri kreatif. Kita patut berbangga karena saat ini sektor ekonomi kreatif Indonesia berada di peringkat ke-3 dunia, hanya terpaut 1 peringkat dari Korea," kata Sandiaga.
4 dari 4 halaman

Kembangkan Ekowisata

Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan upayanya dalam mengembangkan ecotourism atau ekowisata, yaitu sebuah program pariwisata berbasis alam yang ramah lingkungan untuk mewujudkan green economy.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Kompas Travel Fair, yang diadakan di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Banten, Minggu, 3 September 2023. Sandi, begitu ia akrab disapa berharap ekowisata tidak hanya diterapkan pada desa wisata, namun juga taman rekreasi.

"Hari ini, saya melihat selain desa wisata, yang sedang kami kembangkan karena ini adalah pandemic winners, juga adalah taman-taman rekreasi yang mengedepankan ecotourism," ungkapnya.

Sandiaga mendorong perkembangan pariwisata berbasis ruang terbuka hijau, yang menurutnya akan menjadi salah satu solusi utama dalam menangani masalah polusi yang akhir-akhir ini terjadi di Jakarta.

"Kita sekarang sedang menangani secara luar biasa, karena ASEAN ini tinggal hitungan jam, kita lihat bahwa green tourism ini adalah satu solusi utama," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini