Sukses

Tips Jitu agar Bisa Bangun Pagi Hari dari Pakar

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bangun pagi, termasuk menyiapkan hadiah untuk diri sendiri bila berhasil melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta - Bangun pagi bagi sebagian orang bukan hal mudah. Rasanya berat membuka mata di pagi hari. Meski begitu, ada banyak hal yang mesti dilakukan dengan bangun pagi seperti bekerja hingga sekolah. 

Jika sudah punya keinginan untuk bisa bangun pagi, bisa dimulai dengan menetapkan waktu bangun. Hal ini disampaikan Dr. Rafael Pelayo yang merupakan profesor klinis psikiatri dan ilmu perilaku dalam pengobatan tidur di Stanford Medicine, Amerika Serikat. 

"Banyak orang yang mencoba bangun pagi dengan berfokus tidur lebih awal, tapi itu bukan strategi yang paling efektif," kata Pelayo mengutip New York Times.

Ia meyakini dengan menetapkan waktu bangun yang konsisten dan melakukannya setiap hari, bisa membuat Anda bangun pagi. 

Biasanya diperlukan waktu sekitar satu minggu bagi tubuh untuk menyesuaikan diri dengan jam bangun pagi yang baru. Namun, mungkin diperlukan waktu enam minggu atau lebih untuk menyesuaikan diri sepenuhnya. 

Berikut, tips lain agar bisa lebih semangat bangun pagi:

Berikan hadiah untuk diri sendiri

Orang cenderung mengubah kebiasaan ketika hal itu terasa relatif mudah dan bermanfaat, kata Wendy Wood, profesor psikologi dan bisnis di University of Southern California, Amerika Serikat.

Jadi, jika tujuan Anda adalah bangun lebih awal atau untuk mengurangi rasa kesal di pagi hari, penting untuk memberikan hadiah, kata Dr. Wood. Pertimbangkan apa yang terasa menyenangkan setelah Anda bangun. Mungkin sarapan yang enak, atau memutar musik yang Anda sukai.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersabar dengan Diri Sendiri

Untuk bisa membuat kebiasan baru itu butuh waktu jadi pelan-pelan saja bila itu belum berhasil.

“Ketika mengubah kebiasaan yang sebelumnya bertahun-tahun dilakukan, Anda tidak boleh mengharapkannya untuk segera berubah,” kata Wood.

Asalkan konsisten terus berusaha bangun pagi dilakukan, maka kesabaran tersebut bakal membuahkan hasil.

Ubah rutinitas biasa 

“Ketika Anda mengubah sesuatu dari rutinitas menjadi ritual, hal itu akan menjadikannya lebih istimewa,” kata Cassie Mogilner Holmes, profesor pemasaran di Anderson School of Management di Universitas California, Los Angeles,

Fokus pada sesuatu yang sudah Anda lakukan setiap hari, seperti minum kopi di pagi hari. Daripada menjalani prosesnya tanpa terlalu memikirkannya, beri nama itu sebagai “ritual minum kopi” Anda, saran Holmes.

3 dari 3 halaman

Melakukan Hal Asyik Saat Bangun Pagi

Cobalah untuk memperhatikan, dengan penuh rasa penasaran yang tinggi, bagaimana rasanya menjalani setiap langkah, seperti menggunakan mug khusus atau menikmati minuman yang sangat nikmat.

“Tiba-tiba, hal ini menempatkan Anda pada pola pikir yang berbeda,” kata Dr. Holmes. “Salah satu alasan mengapa pagi hari bisa terasa sangat menegangkan adalah karena waktu telah diambil dari kita, dan kita kehilangan rasa hak pilihan.”

Jika menemukan hal luar biasa dalam secangkir kopi sudah cukup untuk membantu Anda bangun sambil bernyanyi di pagi hari, Anda harus mencoba kebiasaan untuk bangun pagi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini