Sukses

Kulik Kepribadian Berdasarkan Genre Musik Kesukaan, Pop sampai Indie

Jika kamu sering melihat orang lain membagikan musik yang sedang didengarkannya, itu bisa sedikit menunjukkan kepribadiannya.

Liputan6.com, Jakarta - Kaitan musik dan kepribadian memang belum banyak diteliti oleh ahli. Namun beberapa peneliti telah menyapakati, bahwa keduanya bisa saling berkaitan.

Kendra Cherry, MSEd, seorang spesialis rehabilitasi psikososial, pendidik psikologi, dan penulis menjelaskan bahwa ada  hubungan musik dengan kepribadian. Cherry menjelaskan, bahwa kepribadian dan selera musik memang saling berkaitan.

Pendapatnya ini dikuatkan oleh penelitian yang dilakukan salah satu ahli yang mengajak 36.000 peserta di seluruh dunia untuk mendengarkan lebih dari 104 selera musik. Hasilnya ditemukan bahwa memang benar selera musik yang dipilih tergantung pada kepribadian pendengarnya. 

Jika kamu sering melihat orang lain bbberbagi musik yang sedang di dengarkan, cobalah analisis kepribadian mereka melalui ini seperti mengutip Verywell Mind.

1. Pop

Biasanya orang yang menyukai genre pop adalah orang yang ekstrovet, jujur, dan sederhana. Meski memiliki semangat bekerja dan harga diri yang tinggi, peneliti sebut mereka kurang kreatif dan sering gelisah.

2. Rap atau Hip Hop

Para peneliti tidak menemukan fakta mengenai mitos mereka yang menyukai gaya musik ini memiliki sifat yang agresif dan suka melakukan kekerasan. Justru ahli melihat penggemar musik ini memiliki harga diri yang tinggi dan mempunyai sifat lebih ramah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Genre Musik Paling Sering di Dengarkan

3. Country

Memiliki sifat pekerja keras, sederhana, ramah, dan konservatif, itu adalah sifat si pencinta musik gaya country. Mereka juga stabil secara emosional meski lagu-lagu jenis ini sering berkaitan dengan lagu galau.

4. Rock atau heavy metal

Berbeda dengan nada lagu rock yang menggambarkan kemarahan dan keberanian, justru orang yang menyukai musik ini memiliki sifat yang introvert, lembut, dan kreatif. 

5. Indie

Musik ini juga sangat umum di Indonesia. Ketahui bahwa mereka yang menyukai musik ini biasanya kreatif, introvert, dan berjiwa intelektual. Namun mereka cenderung pasif, kurang bekerja keras, dan selalu merasa cemas.

6. Dance

Meski kurang memiliki sifat lembut, namun mereka yang menyukai jenis lahu ini sangat ramah, tegas, dan suka dengan hal-hal baru. 

7. Klasik

Sesuai dengan nada lagu yang dihasilkan musik ini, mereka yang menyukai lagu klasik umumnya introvert. Mereka sangat nyaman dengan itu, karena disisi lain mereka berjiwa kreatif.

8. Jazz, Blues, dan Soul

Mereka yang menyukai musik ini memiliki kepribadian yang kreatif, cerdas, ekstrovert namun tenang.

 

3 dari 3 halaman

Hasil Studi Mengungkap

Jason Rentfrow dan Sam Gosling seorang psikolog mengungkap hasil studinya, bahwa musik yang didengarkan orang dapat memberikan prediksi akurat tentang kepribadian seseorang.

Cotohnya dalam penelitian tersebut, orang yang ekstrovert menyukai musik bass yang berat, penyuka lagu klasik dan jazz mempunyai IQ tinggi dan cenderung kreatif.

Penelitian lain juga mengungkap, musik yang dinikmati mungkin ada hubungannya dengan cara kerja otak dalam mengelola informasi. Dicatat juga bahwa manusia mempunyai dua cara dalam merespons dunia, seperti berempati dan sistematis.

Mereka yang berempati biasanya menyukai lagu indie, rock, hingga country. Serta, mereka yang sistematis tertarik dengan ilmu sains dan matematika. Biasanya lagu yang digemari yaitu musik klasik dan jazz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.