Sukses

Cuaca Panas Bisa Sebabkan Sakit Kepala, Kok Bisa? Ini Penjelasannya!

Sakit kepala bisa dialami oleh banyak orang, akan tetapi pemicunya bagi setiap orang bisa berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta Sakit kepala bisa dialami oleh banyak orang, akan tetapi pemicunya bagi setiap orang bisa berbeda-beda. Pasalnya, ada sakit kepala yang disebabkan karena kurang tidur, sedang terserang flu, stres, atau bahkan cuaca panas. 

Memang, cuaca panas tidak secara langsung menyebabkan sakit kepala, namun efeknya pada tubuh bisa terasa. Biasanya, sakit kepala yang disebabkan oleh panas dapat menimbulkan rasa nyeri tumpul di kedua sisi kepala dan dapat memburuk seiring dengan aktivitas yang kamu lakukan.

Hal itu diakibatkan oleh beberapa alasan, seperti dehidrasi, paparan sinar matahari yang berlebihan, atau aktivitas fisik yang menguras banyak energi di kala panas. Dilansir dari Verywellhealth, berikut ini keterkaitan antara kondisi lingkungan dengan cuaca yang panas dapat menyebabkan sakit kepala dan bagaimana gejala sakit kepala yang kamu alami akibat cuaca panas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Sakit Kepala Terjadi saat Cuaca Panas?

Terdapat beberapa faktor yang berhubungan dengan cuaca panas yang dapat menyebabkan sakit kepala, mulai dari dehidrasi hingga aktivitas fisik di luar ruangan. Mengapa itu bisa terjadi?

Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala saat cuaca sedang panas karena tubuh kamu akan kekurangan cairan ketika sedang melakukan aktivitas fisik di luar ruangan. Pasalnya, ketika kamu berada pada kondisi tersebut, jaringan tubuh dan otak akan memiliki sedikit cairan yang dapat menyebabkan nyeri saraf.

Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari juga dapat memicu sakit kepala, lho. Salah satunya ketika kamu mengidap fotofobia, yakni adanya ketidaknyamanan dan kepekaan yang tidak normal terhadap cahaya. Hal itu bisa mengakibatkan bagian mata yang berfungsi mentransmisikan cahaya ke otak akan berbeda yang menyebabkan sakit kepala itu muncul saat cuaca panas.

Aktivitas Fisik di Luar Ruangan

Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh aktivitas fisik saat cuaca terlalu panas sehingga menyebabkan kelelahan akibat panas. Kelelahan akibat panas terjadi saat tubuh menjadi terlalu panas dan tidak bisa mendinginkan diri. Hal itu lebih sering terjadi saat musim panas yang hangat dan terik, terutama saat cuaca juga lembap.

3 dari 3 halaman

Gejala Sakit Kepala Akibat Cuaca Panas

Gejala sakit kepala saat cuaca panas tidak jauh berbeda dengan gejala sakit kepala pada umumnya. Biasanya, orang yang terkena sakit kepala saat cuaca panas akan mengalami nyeri ringan hingga sedang di kedua sisi kepala. Selain itu, akan terasa nyeri tumpul yang konsisten seiring berjalannya aktivitas di luar ruangan.

Nah, jika sakit kepala tersebut tidak segera ditangani, kondisi tubuh kamu akan semakin memburuk. Pasalnya, tubuh kamu akan berkeringat berat, kulit menjadi dingin dan lembap, lelah, pingsan, hingga mual dan muntah. 

Semua itu akan sangat mengganggu aktivitas kamu, bukan? Salah satu solusi yang bisa kamu ambil untuk meredakan sakit kepala saat melakukan aktivitas di cuaca yang panas adalah bodrex.

bodrex bisa menjadi solusi karena sudah dipercaya sejak 1971 sebagai Ahlinya Redakan Sakit Kepala dan pastinya memiliki formula efektif. Dengan formula efektif tersebut, bodrex bisa cepat meredakan sakit kepala yang terasa dan tidak menyebabkan kantuk! Tak hanya itu, bodrex juga bisa diminum sebelum makan, jadi bisa diminum kapan saja.

So, redakan sakit kepala dengan cepat dan tanpa kantuk dengan bodrex yang bisa diminum sebelum makan, ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.