Sukses

Suga BTS Penasaran Kenapa Hwang Minhyun Minum Susu 1,2 Liter Tiap Hari Semasa Trainee

Hwang Minhyun mengaku harus minum susu 1,2 liter per hari semasa trainee

Liputan6.com, Jakarta Mantan anggota boyband Nu'est Hwang Minhyun belum lama ini mengungkapkan bagian tersulit yang mengejutkan dari menjadi trainee di PLEDIS Entertainment. Idol dan aktor tersebut mengaku kesulitan dengan aturan harus minum susu.

"Satu hal yang masih saya ingat tentang era trainee yang sulit bagi saya adalah kami semua harus minum 1,2L susu setiap hari," ujar Minhyun pada Suga BTS dalam acara Suchwita.

Hwang Minhyun bahkan menambahkan bahwa trainee tidak boleh pulang sebelum menghabiskan susunya.

Suga jadi bertanya-tanya mengapa perusahaan hiburan memiliki aturan seperti itu. Jadi, Hwang Minhyun berteori bahwa itu untuk membuat para peserta tumbuh lebih tinggi.

Klip Suchwita ini menjadi viral di X (sebelumnya Twitter) dengan 938,3 ribu penayangan pada saat penulisan. Penggemar K-Pop jadi berpikir kalau aturan susu ini cukup berlebihan mengingat tak semua orang bisa mengonsumsi laktosa.

Seperti diketahui, susu kaya akan kalsium dan protein, susu memiliki 18 dari 22 nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda.

Meskipun ada perdebatan panjang tentang apakah susu benar-benar diperlukan dalam menu harian kita, ada manfaat yang tak terbantahkan dalam mengonsumsi susu sapi dan produk berbahan dasar susu. Namun, beberapa orang juga mempertanyakan apakah sisi positifnya lebih banyak daripada sisi negatifnya.

“Tren diet telah berkembang selama bertahun-tahun, dan banyak orang telah beralih ke Paleolitik dan gaya makan ketogenik,” kata ahli diet terdaftar Julia Zumpano, RD, LD, mengutip dari Cleveland Clinic.

"Susu bukanlah bagian mendasar dari diet tersebut, yang menimbulkan beberapa pertanyaan tentang apakah produk susu aman dan ditujukan untuk konsumsi manusia,"  katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Susu bagi Tubuh

Kendati begitu, ada sejumlah manfaat susu bagi tubuh menurut penelitian ilmiah, seperti:

1. Kaya Gizi

Dairy milk yang dihasilkan oleh hewan adalah sumber magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, vitamin B12, vitamin K, dan seng. Ditambah, beberapa susu diperkaya dengan vitamin D, yang membantu tubuh Anda menyerap kalsium dengan lebih baik.

2. Membentuk gigi dan tulang yang kuat

Anda mungkin mengasosiasikan susu dengan tulang yang kuat (kampanye pemasaran lama benar-benar berdampak!), Dan untuk alasan yang bagus. Susu adalah sumber kalsium yang bagus , mineral penting yang tidak dapat dibuat oleh tubuh Anda sendiri dan harus didapatkan dari makanan yang Anda makan.

“Kalsium diperlukan untuk tulang dan gigi yang kuat , dan membantu tubuh Anda mempertahankan pergerakan otot, pembekuan darah, dan pensinyalan saraf,” jelas Zumpano. Tulang yang kuat dapat membantu menangkal osteoporosis (kehilangan massa tulang) dan menurunkan risiko patah tulang.

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), inilah jumlah kalsium yang akan Anda temukan dalam secangkir susu sapi, tergantung jenisnya:

- Susu tanpa lemak (skim): 299 miligram (mg)

- 1% susu (Low-fat milk): 305 mg

- 2% susu (Reduced-fat milk): 295 mg

- Susu fullcream (whole milk): 276 mg

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 1.000 hingga 1.200 mg kalsium per hari, jadi secangkir susu dapat membantu Anda mencapainya.

“Tapi bukan hanya kalsium saja yang membangun tulang yang kuat,” kata Zumpano. “Kami tahu bahwa kalsium melakukan itu, tetapi semakin banyak, kami menemukan bahwa nutrisi lain juga terlibat, termasuk vitamin K2 dan vitamin D. Dan susu adalah sumber yang baik dari keduanya.”

Bonus nutrisi tinggi asam lemak omega-3 untuk susu organik yang berasal dari sapi yang tidak diobati dengan antibiotik atau hormon pertumbuhan, dan sapi yang memproduksinya harus menghabiskan setidaknya 30% waktunya di padang rumput. Omega-3 terkenal dalam mendukung kesehatan jantung, otak dan mata, bersama dengan kesehatan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.

 

3 dari 4 halaman

3. Tinggi protein

Susu adalah sumber protein berkualitas tinggi yang baik, dengan sekitar 8 gram protein per cangkir. “Ini bisa sangat bermanfaat jika Anda kesulitan mendapatkan cukup protein,” kata Zumpano.

Tubuh Anda membutuhkan protein untuk membangun dan memperbaiki sel-sel di otot, tulang, dan kulit Anda. Ini juga penting untuk mengoksigenasi sel darah merah Anda, mengatur hormon Anda, mempercepat pemulihan olahraga, dan banyak lagi.

Lebih baik lagi, susu dianggap sebagai protein lengkap, yang berarti mengandung sembilan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh Anda sendiri.

4. Dapat membantu manajemen diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum susu secara teratur dapat membantu mengelola diabetes (walaupun, manfaat terbesar berasal dari susu rendah lemak, khususnya yogurt).

“Mendapatkan karbohidrat dari susu atau yogurt rendah lemak dapat bermanfaat karena protein dapat memperlambat laju glukosa (gula dalam darah Anda) jika dibandingkan dengan karbohidrat dengan sedikit atau tanpa protein,” jelas Zumpano. “Susu tentu lebih bermanfaat daripada beberapa sumber karbohidrat lainnya, seperti roti olahan, tepung, nasi, dan biji-bijian olahan.”

5. Bagus untuk pertumbuhan anak

Manusia kecil memiliki kebutuhan gizi yang besar, dan susu penuh dengan begitu banyak nutrisi penting yang dianggap sebagai bagian penting dari makanan anak.

“Kami mendorong minum susu untuk anak kecil yang sedang tumbuh saat mereka beralih dari ASI atau susu formula,” kata Zumpano. “Ini adalah minuman dasar untuk anak-anak karena memenuhi begitu banyak kebutuhan nutrisi mereka.”

 

4 dari 4 halaman

Bagaimana dengan yang Tidak Toleran Laktosa?

 

“Orang yang tidak toleran laktosa kekurangan enzim laktase untuk memecah laktosa yang ditemukan dalam susu,” jelas Zumpano.

"Tubuh Anda tidak dapat mencerna susu dengan baik karena tidak dapat memecah laktosa atau gula susu."

Gejalanya meliputi:

- Kembung

- Kram

- Diare

- Merasa terlalu kenyang (begah)

- Gas.

Beberapa perkiraan mengatakan hingga 70% populasi dunia mungkin tidak toleran terhadap laktosa.

“Jika Anda tidak mentolerir produk susu, sebaiknya hentikan saja,” kata Zumpano.

"Anda bisa mendapatkan vitamin dan mineral yang ditemukan dalam susu dari makanan lain, jadi selama Anda mengganti susu dengan sumber lain, Anda tidak akan kehilangan banyak nutrisi."

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen laktase sebelum mengonsumsi susu, yang dapat membantu tubuh Anda memecahnya (tetapi hanya jika Anda ingat untuk meminumnya). Anda juga bisa beralih ke susu bebas laktosa.

“Dalam susu bebas laktosa, enzim laktase telah ditambahkan untuk membantu tubuh Anda mencernanya,” jelas Zumpano.

Jika Anda pernah ke kedai kopi selama dekade terakhir, Anda mungkin juga akrab dengan kumpulan alternatif susu bebas laktosa, yang masing-masing memiliki profil nutrisinya sendiri.

Pilihan meliputi:

- Susu almond.

- Susu kacang mete.

- Susu kacang macadamia.

- Susu gandum.

- Susu beras.

- Susu kedelai.

"Tapi mereka biasanya tidak memiliki jumlah protein yang sama dengan susu sapi, jadi pastikan Anda mendapatkan cukup protein di tempat lain dalam makanan Anda," jelas Zumpano.

> Berapa Banyak Takaran Minum Susu yang Dianjurkan?

Menurut ilmuwan nutrisi, Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD., susu tidak boleh diminum lebih dari tiga gelas dalam sehari. Untuk anak-anak, hanya boleh minum susu 2 gelas sehari atau 2 kemasan susu berukuran 200 ml, dianjurkan juga minum sesuai dengan berat badan. Sedangkan untuk orang dewasa, hanya boleh minum 2-3 gelas dalam sehari atau 2 kemasan susu berukuran 250 ml.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.