Sukses

Pumping atau Memompa ASI Tak Dianjurkan di Toilet Walau sudah Cuci Tangan

Sama sekali tidak dianjurkan untuk pumping atau memompa ASI di toilet.

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menegaskan pumping atau memompa ASI sama sekali tidak dianjurkan di toilet walau sudah cuci tangan. Penegasan ini harus diperhatikan oleh ibu menyusui yang bekerja di kantor dan instansi perusahaan.

"Kami menganjurkan setiap perusahaan itu menyediakan ruang yang memadai. Kalau sampai ada berapa keluhan dari pasien harus memompa ASI di toilet, itu tidak dianjurkan," tegas Ketua Satgas ASI IDAI Naomi Esthernita saat 'Media Briefing Pekan ASI Sedunia 2023' pada Senin, 7 Agustus 2023.

Menurut Naomi, terkadang selepas cuci tangan saja, masih ada yang tidak bersih. Untuk pumping ASI pun harus di tempat yang steril.

"Kita udah cuci tangan aja kadang masih ada (kotoran), tidak bersih ya. Apalagi kalau kita mengerjakan sesuatu yang harusnya cukup steril itu di toilet, gimana coba? Itu sangat tidak dianjurkan," sambungnya.

Tempat Pumping Harus Nyaman

Sudah ada pedoman (guidelines) terkait bagaimana tempat untuk memompa ASI, khususnya bagi ibu pekerja.

"Jadi kita punya guidelines bahwa harus tempat yang nyaman, harus ada penerangan yang cukup, ada sabun, ada tisu. Ya mendekati guidelines tersebut, enggak usah harus mewah," lanjut Naomi.

"Yang penting ruangan untuk pompa ASI bersih. Tidak harus kursi kantor, cukup bangku, tapi yang nyaman aja, bersih tempatnya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harus Disiplin Memompa ASI

Naomi Esthernita berpesan kepada ibu pekerja yang menyusui, bahwa mesti disiplin untuk pumping atau memompa Air Susu Ibu (ASI). Terlebih lagi, kalau si ibu sedang berada di kantor.

"Di kantor ya harus punya disiplin untuk memompa ASI setiap 3 jam, misalnya. Tapi yang paling sering adalah ibu-ibunya, entar dulu ah, entar dulu, kerjaan nanggung," ucapnya.

"Kebanyakan entar, entarnya ya lewat deh itu 4 jam lagi jadi 5 jam. Akibatnya, harusnya dia pulang bawa tiga botol, jadi dua botol. Lama-lama satu botol karena cuman satu kali (pumping)."

Dukungan Menyusui

Demi menghasilkan pumping ASI yang lancar, ibu menyusui butuh dukungan dari lingkungan sekitar.

"Jadi kuncinya adalah persiapan dan kedisiplinan dukungan menyusui di lingkungan keluarga maupun di tempat kerja," pungkas Naomi.

3 dari 4 halaman

Kriteria Ruangan untuk Pumping ASI

Merujuk informasi UNICEF, ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi perusahaan atau instansi lain terkait keberadaan ruang laktasi. Ruang laktasi ini dapat pula dipergunakan untuk ibu pekerja memompa ASI.

Beberapa kriteria ruang laktasi, antara lain:

  • Tempat menyusui yang layak
  • Ruang laktasi adalah area yang eksklusif dan layak untuk ibu menyusui, memerah dan menyimpan ASI
  • Ruang laktasi harus bersih, nyaman, aman dan private untuk ibu
4 dari 4 halaman

ASI Bisa Terkontaminasi Kuman

Apabila ibu pekerja nekat memompa ASI di toilet, ada bahaya yang mengintai. Seperti diketahui, toilet adalah tempat buang air besar, buang air kecil, atau membuang kotoran lainnya.

Ini menjadikan toilet sebagai tempat yang dipenuhi kuman. Kondisi tersebut tidak ideal untuk pompa ASI yang mana merupakan makanan utama bayi.

Dikutip dari KlikDokter, bila kemudian ASI yang dipompa terkontaminasi kuman bisa membahayakan. Bayi dapat terinfeksi dan mengalami gangguan pencernaan, khususnya bayi di bawah usia 6 bulan.

"Ini karena pertahanan sel-sel ususnya masih belum sempurna," tulis dokter Fiona Amelia dalam artikel berjudul, Ini Dampak Negatifnya Jika Anda Nekat Pompa ASI di Toilet.

Beberapa perangkat di dalam toilet yang tampak bersih -- tapi sebenarnya tidak -- juga bisa mengotori alat pompa ASI. Misalnya, dispenser tisu toilet diklaim mengandung lebih dari 150 kali jumlah bakteri yang ada di kloset.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.