Sukses

5 Public Figure Dalam dan Luar Negeri yang Pernah Terkena Hepatitis

Hari Hepatitis Sedunia yang diperingati setiap 28 Juli. Hepatitis memang penyakit yang jadi masalah dunia. Beberapa public figure dalam dan luar negeri pernah kena Hepatitis C.

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahunnya, tanggal 28 Juli dikhususkan untuk memperingati Hari Hepatitis Sedunia. Peringatan satu ini pun menjadi waktu yang tepat untuk mengangkat kembali berbagai informasi terkait hepatitis.

Seperti diketahui, hepatitis terbagi dalam lima jenis berbeda. Mulai dari hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan hepatitis E. Kelimanya disebabkan oleh hal yang berbeda-beda.

Hingga kini ada jutaan orang di dunia yang mengalami hepatitis, termasuk para public figure di dalam dan luar negeri.

Lantas, siapa sajakah public figure yang pernah terkena hepatitis? Berikut beberapa di antaranya.

1. Gary Iskak

Sekitar tahun 2021, kabar mengejutkan datang dari Gary Iskak. Aktor Indonesia keturunan Belanda tersebut mengalami koma selama beberapa hari di rumah sakit karena mengidap penyakit Hepatitis C.

Gary Iskak sendiri sudah dinyatakan sembuh dan bisa beraktivitas seperti biasa. Selama proses pemulihan, Gary Iskak turut ditemani sang istri Richa Novisha hingga akhirnya pulih.

2. Natasha Rizky

Natasha Rizky menjadi public figure selanjutnya dari Indonesia yang dikabarkan pernah mengalami hepatitis. Kala itu, dirinya membuat nazar akan mengenakan hijab jika lolos casting sebuah film.

Namun, nazar itu tidak langsung dilakukan. Selang sembilan bulan menunda nazar pakai hijab, Natasha Rizky didiagnosis dengan Hepatitis C.

Sempat panik bersama mantan suaminya Desta, Natasha Rizky akhirnya memantapkan diri menggunakan hijab. Setelah niat itu bulat, Natasha Rizky malah dinyatakan sembuh dari penyakit hepatitis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Natalie Cole

Sama seperti Gary Iskak dan Natasha Rizky, mendiang penyanyi yang pernah memenangkan Grammy Award sebanyak delapan kali, Natalie Cole pun sempat terkena Hepatitis C.

Mengutip Everyday Health, Natalie Cole baru mengetahui dirinya mengalami Hepatitis C setelah virus itu ada selama beberapa dekade dalam tubuhnya.

Menurut Natalie Cole kala itu, Hepatitis C yang dialaminya kemungkinan karena kebiasaannya menggunakan heroin di masa muda.

3 dari 4 halaman

4. Steven Tyler

Musisi asal Amerika Serikat yang menjadi vokalis utama Aerosmith, Steven Tyler diketahui mengalami Hepatitis C pada tahun 2003 lalu.

"Saya sudah lama mengalami hepatitis, tanpa gejala," ujar Steven Tyler dalam wawancara bersama Today pada 2006.

Setelah 11 bulan menjalani pengobatan, Tyler dinyatakan sembuh dari Hepatitis C. Momen itu membuat Tyler mengajak orang-orang agar mau melakukan skrining.

4 dari 4 halaman

5. Pamela Anderson

Selanjutnya, Pamela Anderson. Dirinya menjadi salah satu public figure yang terbuka soal diagnosis Hepatitis C yang dialami.

Pamela Anderson mengakui bahwa dirinya tertular Hepatitis C karena jarum yang digunakan untuk tato bersama mantan suaminya Tommy Lee.

Hepatitis C memang dapat menyebar melalui jarum suntik yang digunakan untuk membuat tato, atau tujuan lain yang berkaitan. Sebab, Hepatitis C dapat menular melalui kontak darah ke darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.