Sukses

8 Tips agar Hubungan Tetap Romantis meski Sudah Lama Bersama

Hubungan yang telah berlangsung lama mungkin terasa nyaman dan mudah, tetapi seringkali tak lagi penuh gairah. Berikut tips menjaga hubungan agar tetap romantis meski sudah lama menikah.

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan yang telah berlangsung lebih dari 10 tahun atau lebih mungkin terasa nyaman dan mudah, tetapi seringkali tak lagi penuh gairah.

Namun, itu tidak berarti Anda harus menjalani pernikahan yang begitu saja. Ada berbagai cara untuk menjaga hubungan tetap romantis dan mengembalikan gairah satu sama lain.

Apa saja tips hubungan awet dan tetap romantis meski sudah lama menikah?

Jaga Penampilan

Berusaha tampil menarik, misalnya dengan mengubah gaya rambut atau berolahraga beberapa kali seminggu, hal ini akan membuat pasangan senang. Selain itu, perilaku ini juga akan meningkatkan kepercayaan diri.

Menurut pakar hubungan dan kehidupan seks dan penulis buku The Married Sex Solution: A Realistic Guide to Saving Your Sex Life, Kat Van Kirk, usaha untuk terlihat menarik dapat membantu membangkitkan semangat dalam hubungan. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda peduli dan menghargai diri sendiri.

Lakukan Hal Spontan

Sensasi melakukan sesuatu yang baru dapat mengembalikan semangat dalam hubungan. Misalnya, mencoba jet ski, mencoba tempat bir yang baru, atau menjelajahi lingkungan yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, apapun yang membuat kedua pasangan bersemangat.

Kat menjelaskan, penelitian telah menunjukkan bahwa spontanitas adalah bagian penting dalam hubungan yang bahagia dan langgeng, seperti melansir Prevention.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tunjukkan Apresiasi

Apresiasi terdengar sederhana, tetapi seringkali dilupakan. Lakukan hal-hal kecil untuk saling mengingatkan bahwa kedua pasangan peduli satu sama lain, seperti menyimpan jus favorit pasangan di dalam kulkas atau memberikan kejutan dengan ungkapan terima kasih.

"Menunjukkan perhatian dan kasih sayang kepada pasangan menunjukkan bahwa Anda memperhatikan keinginan mereka. Hal ini juga berdampak positif di ranjang dan menjadi contoh tentang bagaimana Anda ingin diperlakukan,” jelas Kat.

Tarik Perhatian Satu Sama Lain

Jangan menganggap enteng pasangan dan gunakan kembali cara-cara lama yang dulu digunakan untuk menarik perhatian mereka.

"Ingatlah kembali usaha yang kalian lakukan untuk menarik perhatian satu sama lain. Baik itu dengan catatan romantis atau sedikit ejekan, hal tersebut dapat membantu mengingat kembali kilauan yang membawa kalian bersama," tutur Kat.

3 dari 4 halaman

Berikan Sentuhan dan Ciuman

Jangan anggap remeh kekuatan sentuhan. Mulai dari menggenggam tangan hingga memeluk, hal itu akan membantu menjaga hubungan tetap romantis.

"Sentuhan intim secara tiba-tiba juga dapat meningkatkan spontanitas dan meningkatkan hormon oksitosin, sehingga membuat kalian merasa lebih terikat," kata Kat.

Menurut Kat, mencium merupakan kegiatan yang lebih intim daripada hubungan seksual, tetapi seringkali pasangan dalam hubungan jangka panjang mengabaikan hal tersebut.

Jaga Kehidupan Seks Tetap Aktif

Menjaga kehidupan seks yang sehat dan aktif dapat membantu memastikan bahwa Anda dan pasangan tetap memiliki gairah dalam hubungan.

"Kadang-kadang, berpura-pura 'seolah-olah' menginginkan seks hanya untuk meningkatkan energi seksual, dapat memberikan dorongan yang membantu menciptakan pola baru," Kat menjelaskan.

Selain itu, melakukan hubungan seks secara teratur akan menyeimbangkan hormon sehingga Anda akan semakin menginginkan seks.

4 dari 4 halaman

Utamakan Pasangan

Mudah bagi orangtua untuk hidup fokus pada anak-anak, tetapi perlu diketahui bahwa penting untuk mengutamakan pasangan daripada anak.

Menurut penulis Ayelet Waldman, cinta romantis harus berbeda dengan cinta yang dimiliki untuk anak.

"Penulis Ayelet Waldman punya alasan ketika dia mengatakan bahwa dia mencintai suaminya lebih dari anak-anaknya. Alasannya adalah dia dengan sadar memilih suaminya dan bahwa cinta romantis harus berbeda dengan cinta yang dimiliki untuk anak-anak," kata Kat.

Bernostalgia

Menurut ahli seks Jacq Jones, mengingat masa lalu bersama pasangan dapat membantu hubungan tetap romantis.

"Setelah menghabiskan waktu lebih lama dalam sebuah hubungan kemudian merasa semakin aman dan stabil, kita perlu berkreasi dalam cara-cara untuk membangunkan kembali keajaiban itu," kata Jones.

Menurutnya, melakukan sesuatu yang kita lakukan di awal hubungan dapat membantu membangunkan kembali perasaan-perasaan itu. Sekarang, buatlah kenangan-kenangan baru yang bisa diceritakan di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.