Sukses

5 Manfaat Mandi Air Hangat Saat Malam Hari yang Harus Kamu Ketahui

Saat sibuk menjalani rutinitas dapat membuat seseorang tiba di rumah pada malam hari atau bahkan larut malam.

Liputan6.com, Jakarta Saat sibuk menjalani rutinitas dapat membuat seseorang tiba di rumah pada malam hari atau bahkan larut malam. Penggunaan air hangat seringkali menjadi pilihan untuk mengatasi rasa nyeri atau pegal pada bagian tubuh tertentu, seperti di bagian perut atau punggung. 

Salah satu cara yang umum dilakukan adalah dengan mengompres bagian yang terasa nyeri dengan air hangat. Selain itu, mandi atau berendam dengan air hangat juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat yang menjadi keluhan umum saat flu. 

Dirangkum dari berbagai sumber, ada banyak manfaat mandi air hangat saat malam hari karena penting untuk kesehatan tubuh, seperti tubuh menjadi rileks sehingga bisa tidur nyenyak.  Berikut adalah 5 manfaat mandi air hangat yang harus kamu ketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Meminimalisir Otot Tegang

Ketika tubuh mengalami stres atau kelelahan, otot-otot tubuh dapat menjadi tegang dan menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan pada tubuh. Namun, mandi dengan air hangat dapat membantu meredakan otot yang tegang dan membantu tubuh untuk bersantai. Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke otot-otot tubuh sehingga membantu mengurangi ketegangan pada otot-otot tersebut. 

3 dari 7 halaman

2. Mengatasi Rasa Pegal dan Stres

Mandi air hangat dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi rasa pegal dan stres setelah seharian bekerja atau beraktivitas. Selain membuat tubuh terasa rileks, mandi dengan air hangat juga dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi. Itu karena air hangat dapat membantu merangsang pelepasan endorfin, yaitu hormon yang terkait dengan perasaan bahagia dan meredakan rasa sakit.

4 dari 7 halaman

3. Berpotensi Munculnya Ide Kreatif

Mandi dengan air hangat di malam hari dapat membantu membuka pikiran dan meningkatkan kreativitas seseorang. Saat mandi dengan air hangat, tubuh akan merasa rileks dan tenang, sehingga pikiran menjadi lebih terbuka dan kreativitas dapat mengalir dengan lebih mudah. 

5 dari 7 halaman

4. Mengatasi Sembelit

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemunculan sembelit, termasuk kurangnya asupan serat, kurangnya konsumsi air, kurangnya aktivitas fisik, stres, dan penggunaan obat-obatan tertentu. Namun, ada beberapa cara alami yang dapat membantu mengatasi sembelit, salah satunya adalah mandi air hangat yang diberi campuran garam Epsom. 

6 dari 7 halaman

5. Perbaiki Kualitas Tidur

Jika kamu mengalami insomnia atau kesulitan tidur, cobalah mandi malam dengan menggunakan air hangat yang dapat membantu mengatasinya. Hal ini terkait dengan manfaat yang diperoleh dari efek relaksasi yang dihasilkan oleh mandi atau berendam dengan air hangat. 

Waktu untuk mandi di malam hari, ada baiknya tidak lebih dari jam delapan malam atau 1-2 jam sebelum tidur. Dengan efek dari mandir dengan air hangat sebagai relaksasi, kualitas tidur dapat meningkat dan tidur pun akan menjadi lebih nyenyak. Kondisi tubuh yang rileks setelah mandi air hangat juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan, sehingga kamu dapat merasa lebih segar dan bugar keesokan harinya.

7 dari 7 halaman

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Mandi Air Hangat

Untuk memperoleh manfaat maksimal dari mandi dengan air hangat, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

  • Pastikan untuk membersihkan bathtub sebelum digunakan agar kebersihannya terjamin
  • Hindari suhu air yang terlalu panas karena dapat menimbulkan risiko luka bakar dan kulit kering. Suhu maksimal yang disarankan untuk mandi adalah 40 derajat celcius.
  • Berendam selama 10-15 menit dan jangan lupa untuk memperhatikan kondisi tubuh kamu. Jika kamu merasa pusing, sesak nafas, atau kulit berubah kemerahan, segera berhenti dan keluar dari bak mandi.
  • Setelah selesai mandi, pastikan untuk mengeringkan tubuh menggunakan handuk yang terbuat dari katun lembut. 
  • Kemudian, oleskan pelembap yang tidak mengandung bahan iritatif seperti parfum atau pewarna guna menjaga kelembapan kulit.

Bagi kamu yang punya riwayat penyakit jantung atau diduga mengalami masalah jantung, dianjurkan untuk tidak terlalu lama berendam dengan air hangat. Sebaiknya, waktu berendam dibatasi hanya 5 hingga 10 menit saja. 

Selain itu, pastikan kamu cukup minum air putih setelah berendam untuk mencegah dehidrasi akibat penggunaan air hangat yang berlebihan. Oh ya, jika ingin mandi dengan air hangat, kamu dapat menggunakan water heater yang sudah semakin advanced juga terjamin keamanannya.

Pastikan kamu memilih water heater yang terpercaya dan berpengalaman lebih dari 90 tahun, serta selalu mengedepankan keamanan sebagai fokus utamanya. Pilih juga produk pemanas air listrik yang dilengkapi fitur ELCB, sehingga dapat mencegah kebocoran listrik pada unit dan dilengkapi dengan 3D safety system. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini