Sukses

Resmi Jadi Ratu di Penobatan Raja Charles III, Camilla Jadi Ikon Pelakor Paling Sukses Sepanjang Sejarah?

Akankah Ratu Camilla istri Raja Charles III bakal jadi ikon pelakor sukses sepanjang sejarah?

Liputan6.com, Jakarta - Cerita menggelitik dari balik prosesi penobatan Raja Charles III yang berlangsung pada Sabtu 6 Mei 2023 masih bergulir hingga hari ini. Salah satu topik yang masih diperdebatkan tidak lain tentang Camilla.

Di dalam aula Westminster Abbey, sebuah mahkota yang berkilauan tidak hanya ditempatkan di atas kepala Raja Charles III. Songkok kebesaran bagi raja atau ratu juga diberikan kepada sang istri yang sejak hari itu menjadi Ratu Camilla.

Situs berita Insider pada Kamis, 4 Mei 2023 memuat sebuah tulisan berjudul 'Transformasi Camilla dari Orang yang Paling Dibenci di Inggris Menjadi Ratu Telah Selesai'.

Terkait penobatan Ratu Camilla disebut sebagai adegan yang hanya bisa diprediksi beberapa dekade lalu, tatkala Camilla dikenal publik sebagai wanita idaman lain (WIL) alias pelakor Charles.

Bahkan, ketika Camilla akhirnya menikah dengan Charles pada 2005, Ratu Elizabeth II mengumumkan bahwa menantu barunya akan mendapat sebutan 'Princess Consort' ketika Charles naik tahta.

Namun, berbulan-bulan sebelum kematian Ratu Elizabeth II pada September 2022, dia mengumumkan bahwa Camilla akan menjadi 'Permaisuri' ketika saatnya tiba.

Siapa yang menyangka jika pada akhirnya wanita kelahiran 17 Juli 1947 dikenal sebagai Ratu. Kepada Insider, para ahli kerajaan memberitahu bahwa Camilla memainkan kartunya dengan sempurna untuk mencapai momen ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Camilla dan Charles, Teman yang Kemudian Jadi Kekasih Berujung Sebagai Simpanan

Insider menjelaskan bahwa Charles dan Camilla pertama kali bertemu pada tahun 1970. Charles saat itu berusia 22 , sedangkan Camilla berumur 24 tahun. Seorang teman menjadi mak comlang keduanya. Keduanya merasa cocok di awal pertemuan.

Sebagai Raja Inggris masa depan, banyak yang mungkin berhati-hati ketika berbicara dengan Charles muda. Namun, tidak dengan Camilla yang dikenal ramah dan ceria, berani melontarkan lelucon genit.

Menurut The Washington Post, Camilla memperkenalkan dirinya dengan kalimat : Nenek buyut saya adalah nyonya kakek buyut kamu. Saya merasa kami punya kesamaan.

Itu kalimat halusnya. Jika diartikan ke arah yang lebih berani, Camilla sebenarnya mengatakan,"Nenek buyutku adalah gundik kakek buyutmu.".

Seorang ahli kerajaan yang menulis tentang hubungan Charles dan Camilla untuk History Extra BBC, Marlene Koenig, mengatakan kepada Insider bahwa pasangan itu langsung tertarik satu sama lain.

Mereka terikat karena kecintaan yang sama pada kuda dan berburu dan sering berbicara larut malam melalui telepon. Charles bahkan menulis sesuatu untuk Camilla yang kemudian dikenal dengan 'Catatan cinta dengan kata-kata rumit'.

 

 

3 dari 4 halaman

Hubungan Ratu Camilla dan Raja Charles III di Masa Muda Bubar Jalan

Akan tetapi hubungan mereka sudah hancur sejak awal. Pada saat itu, tidak pernah terdengar ada seorang bangsawan senior --- apalagi calon raja --- menikahi seorang wanita yang tidak lagi perawan.

"Camilla memiliki sejarah, dan Anda tidak menginginkan masa lalu yang menggantung," kata ibu baptis Charles, Patricia Knatchbull kepada penulis biografi kerajaan Gyles Brandreth.

Gyle pada 2007 menuliskan sebuah buku berjudul 'Charles & Camilla: Portrait of a Love Affair'.

Charles meninggalkan Inggris untuk bertugas di Royal Navy setelah mereka menghabiskan akhir pekan terakhir bersama di bulan Desember 1972.

Beberapa bulan kemudian, Camilla bertunangan dengan Andrew Parker Bowles, yang telah dikencaninya sejak berumur 17 tahun.

Koenig memberi tahu 'orang dalam' bahwa Charles dan Camilla diam-diam telah memulai perselingkuhan pertama mereka pada 1979, tak lama setelah Tentara Republik Irlandia membunuh paman buyutnya, Louis Mountbatten.

"Camilla adalah satu-satunya orang yang dapat dia ajak bicara tentang apa saja," tulis Koenig dalam artikel History Extra.

"Dia adalah sahabatnya, belahan jiwanya, dan, setelah kematian paman buyutnya, kekasih," lanjut Koenig.

Perselingkuhan itu berakhir pada 1981, setelah Charles dan Diana mengumumkan pertunangan mereka.

Mereka menikah Juli itu dalam apa yang dikenal sebagai 'Pernikahan Abad Ini', tapi romansa angin puyuh tidak berlangsung lama.

Princess of Wales yang baru menemukan surat cinta antara Charles dan Camilla di bulan madu mereka, serta manset dengan dua C yang saling terkait yang diberikan Camilla kepada sang pangeran.

 

 

4 dari 4 halaman

Respons Ratu Elizabeth II Saat Mengetahui Perselingkuhan Charles dan Camilla

Saat skandal mengikuti keluarga kerajaan hingga tahun 90-an, Ratu Elizabeth II bukanlah penggemar Camilla.

Dalam bukunya 'The New Royals', Katie Nicholl berkata bahwa Sang Ratu tidak akan membiarkan nama Camilla diucapkan di hadapannya.

Seorang sejarawan Inggris, Robert Lacey, juga memberi tahu Nicholl bahwa Ratu Elizabeth II menyebut Camilla sebagai 'wanita jahat itu' ketika Charles mencoba membujuk ibunya untuk lebih akomodatif kepada simpanannya yang berubah menjadi pacar.

Namun, Charles tidak terpengaruh dan goyah. Pada 1996, setelah perceraiannya dengan Putri Diana, Nicholl mengatakan bahwa Charles mulai membuat rencana untuk melegitimasi hubungannya dan Camilla di mata publik.

Dia menyewa Mark Bolland untuk 'Operasi Mrs. PB' demikian sebutannya, dan pakar hubungan masyarakat memberi tahu Nicholl tentang strategi awalnya.

"Pada tahap ini, sama sekali tidak ada pembicaraan tentang pernikahan atau Camilla menjadi ratu," kata Bolland.

"Itu lebih dari 'Bisakah kita benar-benar menghabiskan lebih banyak waktu bersama? Bisakah kita pergi ke teater bersama dan tidak hidup dalam ketakutan akan berita utama yang buruk?," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.