Sukses

Kalap Makan Kue Lebaran, Awas Berat Badan Naik dengan Cepat

Mengongumsi putri salju dan kue Lebaran secara berlebihan dan jangka waktu lama bakal menambah kalori dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Kue Lebaran seperti putri salju, kastengel, nastar, kemungkinan masih ada di meja. Siapa yang tidak tertarik untuk mencoba. Namun, pastikan makan tak berlebihan bila tak ingin berat badan naik.

Mengongumsi putri salju dan kawan-kawannya secara berlebihan dan jangka waktu lama bakal menambah kalori dalam tubuh. Alhasil, dalam seminggu berat badan bisa naik seperti disampaikan ahli gizi Universitas Indonesia Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes.

“Kalau mengonsumsi (kalori) berlebihan maka seseorang akan mendapatkan energi berlebih, kalau energi itu berlebih dan terjadi dalam waktu yang relatif lama misalnya telah mencapai 3.500 kilokalori dalam satu minggu maka sudah pasti seseorang akan mengalami kenaikan berat badan,” kata Rita.

Jika asupam kalori yang masuk lebih dari 3.500 kk setiap hari, dalam satu minggu berat badan naik setengah kilogram. Bahkan, bisa lebih jika asupan kalori lebih tinggi dari itu.

Wanita yang juga Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA) itu menjelaskan kue Lebaran pada umumnya terbuat dari tiga bahan utama yaitu tepung terigu, gula, dan mentega. Ketiga bahan tersebut memiliki kadar kalori tinggi yang berasal dari dua zat utama yaitu karbohidrat sederhana dan lemak.

Waspada DM

Selain berat badan yang meningkat, resiko lain yang bisa muncul adalah penyakit diabetes melitus karena meningkatnya kadar gula darah, hiperkolesterolemia atau meningkatnya kadar kolesterol dalam darah, dan peradangan pada organ pencernaan dan tenggorokan.

“Konsumsilah kue Lebaran itu seperti kita melakukan proses cicip mencicip jadi tidak dimakan dalam porsi besar,” pesan Rita mengutip Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makan Sedikit Lama-Lama Jadi Buncit

Hal senada juga disampaikan ahli gizi masyarakat dokter Tan Shot Yen. Kebiasaan ngemil kue Lebaran sedikit-sedikit bisa membuat buncit.  

Saat bangun tidur, lalu melihat toples berisi kue kering, lalu makan beberapa buah putri salju. Tak lama, ketika menonton televisi sambil mencomot segenggam kacang bawang. Belum juga ada dua jam, menengok kastengel lalu ikut makan beberapa buah serta kue Lebaran lainnya.

"Nah, itu yang bikin gemuk, jadi lebar-an," kata ahli gizi masyarakat dokter Tan Shot Yen dalam live Instagram bersama Kementerian Kesehatan beberapa waktu lalu ditulis Minggu, 23 April 2023. 

"Yang kecil-kecil, lama-lama jadi bukit," lanjut Tan.

 

3 dari 3 halaman

Kandungan Kalori

Bila melihat dari FatsecretIndonesia, kandungan kalori kue Lebaran populer yang kerap disajikan saat perayaan Lebaran Idul Fitri bervariatif. Diantaranya :

  • 1 buah nastar: 75 kkal 
  • 1 buah kastengel: 21 kkal
  • 1 buah putri salju: 30 kkal
  • 1 buah lidah kucing: 18 kkal
  • 1 buah biskuit: 60 kkal

Namun, angka di atas tidak saklek. Alias bisa berbeda tergantung dari bahan yang digunakan. Meski begitu, yang menjadi poin penting adalah mengenai kalori saat makan beberapa buah kue kering tersebut.

"Makanya hati-hati, yang kecil-kecil itu bisa jadi (badan) lebar usai Lebaran," pesan Tan lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.