Sukses

Ida Dayak Obati Patah Tulang Cuma Pakai Minyak, Yakin Sembuh? Ini Kata IDI

Ida Dayak mengobati patah tulang hanya pakai minyak, yakinkah penyakit itu sembuh sesuai ilmu kedokteran?

Liputan6.com, Jakarta Dalam melakukan pengobatan alternatif beragam penyakit termasuk patah tulang, Ida Dayak ternyata hanya menggunakan minyak bintang. Lantas, apakah kondisi tulang tersebut yakin sembuh dengan hanya diobati pakai minyak dari sisi dunia kedokteran? 

Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Moh. Adib Khumaidi tidak bisa menjelaskan secara pasti, bagaimana kondisi tulang dari masyarakat yang telah diobati Ida Dayak di Depok, Jawa Barat.

Sebab, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti rontgen untuk melihat, apakah tulangnya sudah tersambung kembali atau tidak.

"Saya tidak bisa mengatakan secara pasti. Karena, satu, saya harus bertemu juga dengan pasien yang sudah pernah dilakukan tindakan oleh beliau," jelas Adib saat ditemui Health Liputan6.com di Kantor Sekretariat PB IDI, Jakarta pada Selasa, 4 April 2023. 

"Kemudian saya harus juga cek, apakah setelah dirontgen ada perbaikan. Kalau secara ortopedi di ilmu kedokteran, ada yang namanya perbaikan secara anatomis dan perbaikan secara fungsi."

Perlu Dilakukan Pemeriksaan Tulang

Dikatakan Adib, pemeriksaan dari sisi anatomis dan fungsi perlu dilakukan untuk melihat progres perbaikan tulang.

"Artinya, kalau anatomis itu tulang-tulangnya nyambung, sedangkan secara fungsi, apakah tulangnya masih bisa difungsikan secara baik lagi," terang Adib yang juga dokter ortopedi.

"Dua hal inilah yang karena kita tidak berinteraksi langsung dengan pasien (patah tulang) diobati Ibu Ida Dayak, kami tidak bisa mengatakan ini sesuai dengan bidang ortopedi atau tidak. Karena beda keilmuan."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ida Dayak Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

Nama Ida Dayak ramai dibahas di media sosial baru-baru ini setelah viral sebuah video dirinya yang menyembuhkan seseorang. Adapun menurut banyak orang, Ida Dayak disebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat banyak pasien berbondong-bondong mendatangi tempatnya.

Bahkan setelah namanya viral, tempat pengobatan alternatif yang dibuka di Depok Jawa Barat tersebut ramai dikunjungi warga. Tidak sedikit juga terlihat warga memenuhi lokasi tempatnya praktik sehingga ada juga yang merekam aksi penyembuhannya tersebut.

Mengutip Regional Liputan6.com, Selasa (4/4/2023), salah satu video yang membuatnya viral di media sosial adalah ketika ia menyembuhkan seorang pasien yang mengalami tulang bengkok. Karena hal tersebut membuatnya jadi menarik perhatian.

Pernah Menangani Pasien Tuli Bisa Mendengar dan Bicara Lagi

Ida Dayak ini juga sempat mengaku jika ia pernah membuat pasien yang asalnya tuli dan bisa menjadi bisa mendengar dan berbicara. Penyakit lain yang biasa disembuhkannya mulai dari keseleo, salah urut, dan tulang bengkok.

Adapun yang menarik perhatian banyak orang tidak hanya pengobatan alternatifnya saja namun juga penampilannya yang cukup mencolok. Ia mengenakan pakaian serta aksesoris khas Dayak.

3 dari 3 halaman

Baca 'Bismillahirrahmanirrahim' Sebelum Mulai Pengobatan

Sosok Ida Dayak merupakan perempuan kelahiran 3 Juli 1972 di Pasir Belengkong, Kabupaten pase, Kalimantan Timur. Nama aslinya adalah Ida Andriyani, tetapi akrab disapa Ida Dayak karena penampilannya.

Ida Dayak sendiri dikenal oleh publik setelah mengaku bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ia juga menyebutkan jika bisa melakukan pengobatan sesuai dengan agama Islam dengan mengucapkan kalimat tauhid sebelum melakukan pengobatan tersebut.

"Sesuai agama saya, saya Islam, saya muslim, saya mulai pengobatan ini dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim," ujarnya dalam cuplikan video.

Lakukan Ritual seperti Menari

Tidak hanya itu, Ida Dayak melakukan penyembuhan dengan ritual seperti menari kemudian mengurut pasien-pasiennya tersebut. Ia juga menggunakan sebuah minyak yang diberi nama Ida Dayak Minyak Bintang.

Sebelum viral, Ida Dayak bercerita jika ia melakukan pengobatannya dengan berkeliling dari pasar ke pasar. Ia juga mengatakan pernah berkeliling di Papua, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Sejak namanya viral, akhirnya Ida Dayak pun mendapatkan pasien semakin banyak, bahkan mencapai ratusan orang. Karena hal tersebut, di lokasi pengobatan alternatif yang dibukanya selalu macet.

Ida Dayak pernah diundang ke beberapa instansi pemerintah serta pejabat dan mengaku pernah diundang oleh Letjen (Purn) AM Hendropriyono. Pengobatannya juga turut dihadiri oleh Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan istri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.