Sukses

4 Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat di Bulan Ramadhan, Gak Gampang Pusing Selama Puasa

Begini cara menjaga tubuh tetap sehat di bulan Ramadhana agar puasa lancar

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi tubuh yang lemas, letih, dan lesu umum dialami saat sedang puasa. Menahan haus dan lapar seharian menyebabkan penurunan kadar gula darah di dalam tubuh sehingga tidak berenergi.

Meski begitu kondisi tubuh yang lemas hingga mengganggu aktivitas dapat dicegah. Berikut beberapa tips dan cara menjaga tubuh tetap sehat di bulan Ramadhan.

1. Penting Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh di Bulan Ramadhan

Tubuh manusia umumnya membutuhkan asupan air setidaknya dua liter sehari atau setara dengan delapan gelas air putih. Sebab, 70 persen tubuh manusia terdiri dari air.

Jika tubuh kekurangan cairan, fungsi-fungsi tubuh akan terhambat dan mengakibatkan tanda-tanda dehidrasi seperti rasa haus yang ekstrem, mulut kering, pusing, lemas, serta sulit fokus.

Menurut Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan air putih harus tetap terpenuhi di bulan Ramadhan dengan mengonsumsi delapan gelas air putih.

Perlu diperhatikan pula, air yang dikonsumsi harus memenuhi standar kualitas air minum yang telah diatur dalam Permenkes No. 2 Tahun 2023. Syarat-syarat air yang baik untuk diminum di antaranya:

  • Tidak berasa
  • Tidak berbau
  • Tidak berwarna, dan
  • Tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya dan logam berat.

Hal ini merupakan poin-poin yang sangat penting untuk diketahui sehingga kita dapat memastikan bahwa air yang kita minum memiliki kualitas yang baik. Untuk memenuhi kebutuhan air minum aman dan sehat bagi masyarakat Indonesia, Coway menghadirkan water purifier yang dikembangkan di Research and Development (R&D) Center di Korea Selatan.

Produk ini telah dipercaya TUV SUD untuk menjalankan tes Restriction of Hazardous Substances (RoHS) atau tes Pedoman Pembatasan Bahan Berbahaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Memilih Asupan Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Penting bagi kita untuk memilih jenis makanan dan minuman yang tepat saat sahur maupun berbuka puasa. Selain untuk bekal seharian berpuasa, pemilihan asupan yang bergizi dan bernutrisi dapat menjaga tubuh tetap bugar dan lebih berenergi saat menjalani ibadah puasa.

Saat sahur, pilihlah makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Makanan tersebut juga dapat diolah dengan cara dikukus atau direbus.

Sebaliknya, hindari atau batasi makanan yang digoreng karena dapat membuat tubuh cepat haus. Tak lupa, kebutuhan serat dari buah dan sayur juga harus dipenuhi untuk memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula.

Saat berbuka puasa, mulailah dengan minum segelas air putih dan kudapan manis yang berasal dari buah-buahan seperti kurma, semangka, dan jeruk.

Konsumsi kudapan manis dapat menaikkan kembali kadar gula darah yang turun selama puasa. Hindari pula makan berlebihan, karena dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan.

 

3 dari 4 halaman

3. Mengatur Aktivitas Fisik Meski Sedang Puasa di Bulan Ramadhan

Menurut Organisasi Kesehatan (WHO), aktivitas fisik sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dianjurkan untuk dilakukan secara teratur.

Anak-anak hingga umur 17 tahun membutuhkan setidaknya 60 menit olahraga intensitas sedang hingga berat setiap hari.

Sedangkan, orang dewasa, antara umur 18 hingga 64 tahun, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik selama 75 hingga 150 menit latihan aerobik berat setiap hari.

Saat berpuasa, tubuh mungkin terasa lemas dan mudah lelah. Meski begitu, bukan berarti tidak dapat melakukan olahraga sama sekali.

Kita dapat mengatur aktivitas fisik sehingga simpanan energi di dalam tubuh dapat terjaga dan puasa berjalan lancar. Agar tidak menguras tenaga, disarankan untuk menghindari aktivitas fisik yang terlalu berat.

Aktivitas fisik ringan seperti bersepeda, jalan kaki, dan yoga dapat dilakukan 30 hingga 60 menit sebelum berbuka puasa. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat dilakukan 60 menit setelah waktu berbuka puasa.

Sebab, aktivitas setelah makan dapat memicu terjadinya rasa mual hingga gangguan pencernaan. Oleh sebab itu, aktivitas fisik juga harus dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh.

 

4 dari 4 halaman

4. Mengatur Pola Tidur Selama Bulan Ramadhan

Selain melakukan aktivitas fisik, pengaturan pola tidur juga sama pentingnya. Sebab, pola tidur dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental manusia.

Saat tidur, tubuh mengalami proses detoksifikasi dan memproduksi hormon-hormon imunitas yang mempengaruhi kinerja otak dan produktivitas.

Agar dapat mengatur pola tidur saat puasa, kita harus membiasakan diri untuk memiliki jam tidur yang sama setiap hari. Saat sudah memasuki waktu tidur, hindari bermain ponsel maupun menonton film.

Selain itu, kita juga dapat menciptakan suasana kamar nyaman dan tenang dengan menggunakan Air Purifier Coway.

Dengan mengatur kualitas tidur, tubuh akan lebih segar sehingga tidak mudah mengantuk di siang hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.