Sukses

Puasa di Bulan Rajab, Ini Keutamaan dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta -  Mulai hari ini, Senin, 23 Jnuari 2023, umat Muslim khususnya di Indonesia telah memasuki bulan Rajab.

Mengutip laman Muhammadiyah.or.id, Rajab adalah salah satu dari empat bulan haram atau asyhurul hurum yang terdiri dari Dzul Qa'dah, Dzul Hijjah, Muharram, dan Rajab. Keempat bulan tersebut merupakan bulan yang dimuliakan dalam penanggalan hijriyah.

Hal tersebut merujuk pada QS At-Taubah 9: 36.

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ

اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةًۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

"Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah 12 bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada 4 bulan haram."

Laman Nu.or.id mengutip Mafâtîh al-Ghaib yang ditulis Imam Fakhruddin al-Razi menyebut, keempat bulan itu dinamai al-hurum karena perbuatan ketaatan atau pun maksiat akan diberi ganjaran berkali lipat lebih berat.

Nama Rajab, menurut Sayid Abu Bakar Syattha’ dalam I’ânah at-Thâlibîn, berasal dari kata at-tarjîb yang berarti memuliakan, karena masyarakat Arab dulu lebih memuliakannya dibanding bulan lainnya. Rajab disebut juga Al-Ashabb yang berarti mengucur, karena kebaikan pada bulan ini mengucur deras.

Puasa menjadi salah satu amalan yang disunahkan dalam bulan Rajab.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Puasa Rajab Tidak Boleh Sebulan Penuh

Puasa pada bulan Rajab tidak dilaksanakan setiap hari melainkan hanya beberapa hari saja. Puasa Rajab tidak boleh dilakukan selama sebulan penuh seperti puasa Ramadan. 

Menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihyâ ‘Ulumiddîn, sebagian sahabat Rasulullah memakruhkan puasa Rajab selama satu bulan penuh karena dianggap menyerupai puasa bulan Ramadhan.

Disarankan, puasa Rajab baiknya dilakukan saat bertepatan hari-hari utama agar pahalanya lebih besar. Seperti pada ayyâmul bidh (tanggal 13, 14, dan 15), hari Senin, hari Kamis, dan hari Jumat.

Puasa Rajab juga bisa dilaksanakan dengan satu hari berpuasa dan satu hari tidak. Bagi orang yang memiliki utang puasa Ramadan, diperbolehkan untuk mengqadhanya bersamaan puasa sunah Rajab.

3 dari 4 halaman

Bacaan Niat Puasa Rajab

Bagi yang hendak melaksanakan puasa Rajab, bisa membaca niat puasa pada malam hari, yakni sejak terbenamnya matahari sampai terbit fajar.

Berikut adalah niat puasa Rajab:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma Rajaba sunnatan lillâhi ta‘âlâ.

"Aku berniat puasa Rajab, sunah karena Allah ta‘âlâ."

Oleh karena puasa Rajab merupakan puasa sunah, maka niat puasa boleh dibaca pada pagi hari hingga sebelum waktu dzuhur bagi orang yang lupa niat pada malam hari. Tentnya, selagi ia belum melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Berikut adalah lafal niat puasa Rajab ketika siang hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا الْيَوْمِ عَنْ أَدَاءِ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i syahri rajaba lillâhi ta’âlâ.

"Saya niat puasa sunnah bulan Rajab hari ini, sunnah karena Allah ta’âlâ."

4 dari 4 halaman

Puasa Bisa Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Ketika seseorang berpuasa selama enam jam, tubuh mulai melepaskan lebih banyak Human Growth Hormone (hormon HGH). Hormon ini mengubah metabolisme agar tubuh lebih menggunakan pembakaran lemak ketimbang menggunakan protein untuk energi.

Dengan demikian sebagian besar protein dapat digunakan untuk perbaikan sel dan peningkatan fungsi sel otak. HGH juga mengurangi peradangan pada tubuh dan merangsang peningkatan regulasi autophagy.

Hal tersebut diungkapkan Dr. Sumartini Dewi, dr., Sp.PD-KR., M.Kes dari Pusat Studi Imunologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran - Rumah Sakit Hasan Sadikin (UNPAD-RSHS) Bandung

"HGH diketahui memiliki manfaat anti penuaan (anti aging) dan dapat meningkatkan usia harapan hidup, khususnya dalam meningkatkan fungsi kognisi, menyediakan perlindungan saraf, dan meningkatkan neurogenesis," kata Dewi beberapa waktu lalu. 

Selain memiliki efek perlindungan terhadap sel-sel saraf, menjaga kesehatan dan kinerja otak, lanjut Dewi, HGH ini juga bisa bikin panjang umur.

Ini alasan puasa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan bagi yang menjalankannya sungguh-sungguh dan benar. Berbagai penelitian pun telah mengungkapkan bahwa puasa dapat membantu hidup lebih lama.

"Ada sejumlah alasan puasa dapat membantu menjalani hidup yang lebih panjang. Yang pertama berkaitan dengan metabolisme. Seiring bertambahnya usia, metabolisme tubuh mulai melambat, yang mengarah pada hilangnya jaringan otot secara bertahap melalui proses yang dikenal sebagai sarcopenia," kata Dewi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS