Sukses

Si Hijau Banyak Nutrisi, Ini Manfaat Konsumsi Brokoli Bagi Kesehatan dan Cara Memilih yang Segar

Liputan6.com, Jakarta Setiap sayuran memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, termasuk brokoli berwarna hijau yang terlihat menyerupai rambut keriting.  Secara umum, brokoli mengandung aneka nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, dan air. Serta mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin C, vitamin K, serta vitamin A.

Sayuran brokoli dapat dikonsumsi secara mentah dan juga dimasak. Jika ingin dikonsumsi secara mentah, pastikan sayuran telah benar-benar dibersihkan sampai ke sela-sela dan dicuci dengan air mengalir serta bilas menggunakan air matang. Brokoli bisa disantap langsung maupun ditambahkan dengan saus, yoghurt atau dijadikan salad. Penelitian terbaru, memasak brokoli dengan cara dikukus dapat lebih memberikan manfaat yang baik.

Lebih dari itu, berikut ini adalah manfaat brokoli yang baik untuk kesehatan dikutip dari berbagai sumber.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Brokoli mengandung serat yang tinggi, sehingga baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi sayuran ini secara teratur sudah terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Seperti yang sudah disebutkan bahwa brokoli kaya akan serat. Kandungan ini bagus untuk menjaga kesehatan usus dan melancarkan pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan daya tahan tubuh

Brokoli kaya akan vitamin C dan antioksidan yang berperan baik dalam pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit.

3. Mencegah kanker

Zat sulforaphane dalam brokoli diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker paru-paru.

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan brokoli seperti vitamin A, vitaminC dan vitamin K bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu mencegah osteoporosis, serta menurunkan risiko penyakit gigi dan mulut.

3 dari 3 halaman

Tips Memilih Brokoli yang Segar

Perhatikan warnanya

Pilih brokoli dengan warna hijau merata. Sebaiknya jangan memilih brokoli yang memiliki bercak hitam atau berwarna kekuningan.

Tekan pada bagian batang

Brokoli yang masih segar ditandai dengan batang yang masih keras. Jadi, sebelum membeli pastikan Anda menekan bagian batang untuk memastikan kesegarannya.

Perhatikan bagian kuntum dan cium aroma

Hindari membeli brokoli dengan kuntum yang layu dan kering, pilihlah yang padat serta menguncup. Kemudian jangan ragu untuk mencium aroma brokoli yang dijual untuk mengenali kebusukan.

Itu dia manfaat sayuran brokoli untuk kesehatan dan tips memilihnya. Ketika sudah membeli, sebaiknya langsung diolah agar kandungan di dalamnya tetap terjaga. Jangan biarkan brokoli lebih dari 1 minggu setelah membeli.

 

(*/Kdk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS