Sukses

Apa Itu Teknik Pernapasan 4-7-8? Salah Satu Teknik untuk Atasi Kesulitan Tidur!

Teknik tersebut merupakan cara menarik napas selama 4 detik, menahannya selama 7 detik, lalu menghembuskannya selama 8 detik.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah mendengar teknik pernapasan 4-7-8? Teknik tersebut merupakan cara menarik napas selama 4 detik, menahannya selama 7 detik, lalu menghembuskannya selama 8 detik. Teknik itu sangat ampuh dalam mengendalikan pernapasan dengan baik.

Dilansir dari Healthline, teknik pernapasan ini dirancang untuk membawa tubuh ke dalam keadaan relaksasi yang dalam. Jika menerapkannya secara rutin, dapat membantu Anda dalam mengatasi gangguan ketika ingin tidur. 

Pola khusus yang melibatkan menahan napas untuk jangka waktu tertentu memungkinkan tubuh Anda cukup memenuhi kebutuhan oksigen. Pasalnya, dari paru-paru ke luar, teknik seperti 4-7-8 dapat memberikan dorongan oksigen yang sangat dibutuhkan organ dan jaringan Anda.

Latihan relaksasi juga membantu mengembalikan keseimbangan tubuh dan mengontrol tingkat stres. Hal tersebut dapar membantu Anda ketika mengalami sulit tidur karena kecemasan. Pikiran dan kekhawatiran yang berputar-putar dapat membuat Anda tidak bisa beristirahat dengan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pikiran dan Tubuh Jadi Fokus

Teknik pernapasan 4-7-8 memaksa pikiran dan tubuh Anda untuk fokus mengatur nafas, daripada mengulangi kekhawatiran saat berbaring di malam hari. Selain itu hal tersebut juga dapat menenangkan jantung yang berdebar kencang atau menenangkan saraf yang lelah.

Jika Anda melakukan teknik tersebut secara rutin, hasil yang didapatkan pun akan semakin optimal guna mengurangi gangguan tidur. Ketika baru pertama kali melakukan teknik ini, Anda mungkin akan merasa sedikit pusing. 

Namun, berlatih teknik pernapasan 4-7-8 setidaknya dua kali sehari dapat memberikan hasil yang lebih besar bagi sebagian orang daripada mereka yang hanya berlatih sekali. 

3 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Melakukannya?

Untuk melatih teknik pernapasan 4-7-8, Anda bisa mencari tempat yang nyaman untuk berbaring. Anda juga harus memastikan melatih postur tubuh yang baik, khususnya saat memulai. Jika Anda menggunakan teknik untuk tertidur, berbaring adalah yang terbaik.

  1. Kosongkan paru-paru dengan menghembuskan napas yang kuat melalui mulut.
  2. Ambil napas secara perlahan melalui hidung selama 4 detik.
  3. Tahan napas selama 7 detik.
  4. Hembuskan napas selama 8 detik melalui mulut yang mengerucut. Hembuskan dengan kuat.
  5. Ulangi sebanyak 4 kali.

Selain dapat membantu Anda untuk terlelap dengan cepat, teknik pernapasan ini juga bisa membantu dalam mengurangi tingkat stres dan anxiety. Pasalnya, teknik ini dapat membantu kita merasa lebih tenang dan rileks.

So, langsung saja terapkan teknik pernapasan ini dalam kegiatan Anda sehari-hari ya! Agar menghindari kekurangan cairan saat tidur, Anda bisa mengonsumsi air putih sebelum tidur ya!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.