Sukses

Manfaat Gaya Hidup Sehat dan 4 Tips Menjalani Hidup Bahagia Sejak Muda

Menjaga kesehatan tubuh sedari muda sangatlah penting. Di saat kamu mulai menerapkan gaya hidup sehat, maka banyak manfaat bisa didapatkan.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan tubuh sedari muda sangatlah penting. Di saat kamu mulai menerapkan gaya hidup sehat, maka banyak manfaat bisa didapatkan. Nggak hanya tubuh yang sehat, jiwa dan pikiran akan merasa bahagia, ujung-ujungnya bisa terlihat awet muda.

Memang benar ada banyak kendala yang akan dihadapi untuk mengubah dan menjaganya dengan gaya hidup sehat. Kendala terbesar adalah rasa malas yang timbul pada diri kamu dan menyepelekan pentingnya kesehatan. Oleh karena itu, dibutuhkan niat dan kemauan untuk mewujudkan gaya hidup sehat yang diinginkan. 

Berikut 4 tips menjalani hidup bahagia dengan gaya hidup sehat dilansir dari healthline.com.

Bagaimana Manfaatnya?

Membuat perubahan untuk meningkatkan kesehatan kamu dapat membawa manfaat bagi tubuh, pikiran, dan mental.

Mencegah Penyakit

Kebiasaan gaya hidup sehat dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk yang mungkin diturunkan dalam keluarga kamu. Sebagai contoh, dalam sebuah penelitian Observational Analysis From the DASH Trial, orang dewasa yang mengikuti diet standar Amerika (mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran) selama 8 minggu memiliki penurunan risiko penyakit kardiovaskular .

Di sisi lain, National Institutes of Health menyimpulkan bahwa mengkonsumsi 90 gram (atau tiga porsi 30 gram) biji-bijian setiap hari mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 22 persen, penyakit jantung koroner sebesar 19 persen, dan kanker sebesar 15 persen.

Dalam hal olahraga, sebuah studi tahun 2020 British Journal Sports Medicine, para peneliti melacak lebih dari 44.000 orang dewasa yang melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat selama 11 menit setiap hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang hanya berolahraga pada intensitas tersebut selama 2 menit. 

Memperpanjang Umur

Manfaat selanjutnya ketika kamu menerapkan gaya hidup sehat dapat memperpanjang angka harapan hidup. Menurut studi yang dilakukan American Council, rutin dan teratur menerapkan pola hidup sehat dapat memperpanjang kesempatan untuk hidup lebih lama.

Hal itu perlu diimbangin dengan kebiasaan makan yang sehat, olahraga dan istirahat yang cukup. Sehingga proses regenerasi dan metabolisme sel menjadi lebih optimal. Tubuh pun lebih sehat dan tidak mudah jatuh sakit.

Bersikap Lebih Positif

Setelah menjalani gaya hidup sehat, tubuh pasti akan terasa lebih sehat dan ringan. Seperti contohnya ketika berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat memicu perasaan tenang dan bahagia. Dengan terpicunya hormon ini, kamu pun otomatis akan merasa lebih positif dalam menjalani hidup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Gaya Hidup Sehat, Check!

1. Istirahat yang Cukup

Perlu kamu ketahui bahwa istirahat yang cukup sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh. Pola hidup sehat dimulai dari jam tidur yang teratur dan menghindari begadang. Begadang bisa mempengaruhi kondisi tubuh seperti mudah lelah, dan kamu juga akan mudah terserang penyakit karena imunitas yang menurun. Jadi usahakan untuk tidur 7-8 jam setiap harinya.

2. Pola Makan yang Sehat

Untuk menerapkan gaya hidup sehat, kamu perlu mengatur makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya. Terapkan pola makan sehat dengan konsumsi makanan bernutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin dan juga mineral. Selain itu kamu juga harus menghindari makanan berlemak tinggi. 

Makanan berlemak dapat menyebabkan penimbunan kolesterol dalam pembuluh darah. Hal ini bisa memicu berbagai macam penyakit kronis. Hindari lemak jenuh sehingga kamu akan senantiasa sehat dan tubuh lebih terlindungi.

3 dari 3 halaman

3. Olahraga

Meluangkan waktu untuk berolahraga merupakan salah satu cara menjalani gaya hidup sehat. Olahraga teratur akan membuat tubuh tetap fit dan bugar. Gerakan olahraga juga akan merangsang seluruh bagian tubuh agar bisa bergerak aktif. Bahkan dengan berolahraga, aliran dalam darah juga akan semakin lancar dan mencegah tubuh cepat gemuk.

4. Minum Air Putih

Minum air putih merupakan salah satu cara hidup sehat yang mudah. Tahukah kamu bahwa 70% tubuh terdiri dari air? Maka dari itu, penting banget lho buat minum air putih yang cukup sekitar 1,5 hingga 2 liter setiap harinya. 

FYI, Kamu juga tidak boleh sembarang dalam memilih air putih, karena yang bagus untuk tubuh adalah air yang bersumber dari pegunungan. Dengan berkualitas premium, harga terjangkau, hingga mengandung mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Kamu bisa menjatuhkan hati ke air putih dari sumber mata air pegunungan terpilih, yang memiliki kesegaran khas dengan sedikit rasa manis.

Well, dengan memilih air putih yang terbaik dijamin dapat bermanfaat untuk tubuh dan kecantikan kulit. Nggak hanya itu, konsumsi air putih secara teratur bisa membantu proses metabolisme tubuh dan ampuh mencegah segala jenis masalah kesehatan.

Itulah manfaat gaya hidup sehat dan 4 tips menjalani hidup bahagia sejak muda. Yuk, lakukan rutinitas di atas untuk mewujudkan kehidupan yang lebih nyaman dan pastinya bahagia!

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini