Sukses

Prosesi Siraman, Jokowi: Ibu Iriana Nangis, Mas Kaesang Juga

Liputan6.com, Solo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan salah satu momen haru saat prosesi siraman putra bungsunya, Kaesang Pangarep yang dilakukan pada Jumat (9/12/2022) pagi tadi. Bahwa istrinya, Iriana Jokowi dan Kaesang rupanya menangis.

Disampaikan Jokowi, Iriana dan Kaesang Pangarep bukan menangis sedih, melainkan menangis bahagia. Diketahui, yang lebih dahulu menangis, yakni Iriana, yang kemudian diikuti Kaesang.

"Iya tadi nangis senang," ucap Iriana didampingi Jokowi dan Kaesang di sela-sela acara prosesi siraman Kaesang di kediaman pribadinya, Solo pada Jumat, 9 Desember 2022.

"Ibu Iriana dulu yang nangis, terus Mas Kaesang (ikutan nangis)," sambung Jokowi sembari tersenyum.

Pada hari ini, Jumat, prosesi adat pernikahan khas Jawa, Kaesang dan Erina dengan melakukan pemasangan bleketepe dan siraman. Prosesi siraman calon mempelai perempuan, Erina dilakukan pada kesempatan yang sama di kediamannya di Yogyakarta.

Di kediaman di Solo, Jokowi dan Iriana tampak keluar untuk pemasangan bleketepe untuk melengkapi tuwuhan sekitar pukul 08.00 WIB. Jokowi terlihat mengenakan beskap berwarna pink fushia. Bawahan jarik kemudian mengenakan blankon dan selop hitam.

Iriana Jokowi mengenakan kebaya kutu baru perpaduan warna hijau dan pink fushia, sedangkan rambutnya disanggul, sebagaimana disiarkan dalam Live Liputan6 SCTV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Prosesi Siraman Kaesang

Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep melanjutkan rangkaian prosesi pernikahannya dengan Erina Gudono. Kaesang menjalani prosesi siraman di kediaman Sumber, Solo, Jumat (9/12/2022).

Berdasarkan siaran pers yang diterima, prosesi diawali dengan pemasangan bleketepe oleh Jokowi di depan kediaman. Setelah itu, Jokowi dan Iriana tiba di lokasi sungkeman sekitar pukul 08.15 WIB.

Kaesang kemudian bersimpuh di hadapan kedua orangtuanya. Tak lama berselang, Kaesang bersama kedua orang tuanya berjalan menuju kediaman Sumber.

Tampak mengiringi keluarga kedua kakak Kaesang, yakni keluarga Gibran Rakabuming Raka dan keluarga Kahiyang Ayu.

Saat prosesi siraman, Jokowi didampingi Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang.

Sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Gibran Rakabuming, dan Bobby Nasution.

3 dari 4 halaman

Beri Suapan Terakhir

Selepas itu, Jokowi kemudian memotong rambut Kaesang Pangarep, dilanjutkan dengan prosesi menggendong anak bungsunya tersebut.

Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep yang sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman. Prosesi siraman juga dilakukan di kediaman calon mempelai wanita di daerah Sleman, Yogyakarta pada hari ini.

Sebagai informasi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu 10 Desember 2022. Selanjutnya, acara tasyakuran atau resepsi akan dilangsungkan di Pura Mangkunegaraan, Minggu 11 Desember 2022.

4 dari 4 halaman

Sumber Air Siraman

Dalam prosesi siraman Kaesang Pangarep, air yang digunakan Kaesang berasal dari 7 sumber. Sumber air pun ada air zam-zam.

Melalui siaran Live Liputan6 SCTV pada Jumat, 9 Desember 2022, berikut ini 7 sumber mata air yang digunakan saat prosesi siraman Kaesang:

  1. Air yang diambil dari Masjid Panepen Kraton Yogyakarta
  2. Air yang diambil dari Dalem Puro Paku
  3. Alam Air yang diambil dari Mangkunegaraan
  4. Air yang diambil dari Kediaman Presiden Jokowi
  5. Air yang diambil dari Kediaman ibu Gudono
  6. Air yang diambil dari Masjid Surakarta
  7. Air yang diambil dari Tanah Suci Mekkah Almukaramah, air zam-zam

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS