Sukses

Benarkah Menonton TikTok Sebelum Tidur Pengaruhi Mimpi?

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang pasti pernah bermimpi. Beberapa bahkan bisa mengendalikan alur ceritanya. Meskipun demikian, tetap saja sulit untuk mengetahui hubungan antara apa yang terjadi di waktu Anda tidur dan terjaga.

Menurut situs Bustle, meski sulit, ada beberapa petunjuk mengenai hal tersebut. Semakin Anda berpikir atau khawatir tentang sesuatu saat terjaga, maka semakin besar kemungkinan Anda akan memikirkannya saat tidur.

Selama pandemi COVID-19, misalnya, sebuah studi di Frontiers in Psychology menemukan mimpi buruk dan mimpi stres menjadi hal umum, dan mimpi tentang orang-orang mengalami masalah atau terserang penyakit sangat sering terjadi.

Namun, tahukah Anda bahwa apa yang dilakukan sebelum tidur mampu memengaruhi mimpi apa yang akan didapatkan?

Sebagian orang memiliki rutinitas sebelum tidur yang simple, misalnya mencuci muka, menggosok gigi, memakai skincare lalu langsung tidur. Sementara rutinitas tiap orang bervariasi, ada orang-orang yang hobi menonton berbagai video yang dibagikan melalui TikTok setiap malamnya. Ini bahkan bisa dibilang sudah menjadi rutinitas hariannya.

TikTok dirancang untuk membuat Anda terus scroll halaman bahkan ketika sudah mengantuk, ungkap ahli neuropsikologi Sanam Hafeez Psy.D. seperti yang dilansir dari halaman Bustle, dan itu dapat memengaruhi seberapa banyak istirahat yang Anda dapatkan.

"Kita memiliki sistem penghargaan internal, dan ketika mendapatkan hal-hal yang didambakan, otak melepaskan dopamin, memungkinkan kita merasakan kepuasan dan kesenangan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sampai Lupa Waktu

Anda merasa senang dapat melihat berbagai video yang tak ada habisnya. Ini membuat Anda betah menatap layar ponsel selama berjam-jam sampai tak ingat waktu.

Setiap kali scroll TikTok, otak melepaskan sedikit dopamin, menciptakan lingkaran umpan balik pencarian hadiah yang membuat Anda tetap menggunakan aplikasi bahkan setelah lewat jam tidur.

Lingkaran dopamin ini dapat mempengaruhi mimpi yang akan didapatkan dengan cara merampas jam tidur Anda. Para peneliti mencatat dalam The Conversation pada tahun 2020 bahwa ketika orang kurang tidur, ia cenderung bermimpi lebih banyak, dan mimpi-mimpi itu lebih intens.

Hafeez mengatakan bahwa jika Anda begadang menonton video TikTok sepanjang malam—dan membiarkan lampu terang ponsel mengacaukan ritme sirkadian yang berfungsi untuk memberi tahu tubuh kapan harus tidur dan bangun—kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah tidur.

Alhasil, Anda akan mendapatkan mimpi yang sangat jelas tentang momen Pablo Gavi mencetak gol.

3 dari 4 halaman

Video Emosional Dapat Memengaruhi Mimpi

TikTok bukan hanya tentang hiburan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menemukan komunitas. Jika TikTok memberi Anda semacam dukungan emosional, kemungkinan besar itu akan memengaruhi mimpi.

Salah satu teori mengenai fungsi mimpi adalah bahwa bermimpi memungkinkan memproses pengalaman emosional, ucap konsultan ahli saraf di London Bridge Hospital dan pemimpin klinis di Guy's Hospital Sleep Disorders Center Dr. Guy Leschziner, MD.

Respons emosional yang kuat terhadap TikTok dapat membuatnya muncul selama REM, kata Dr. Leschziner.

"Pada dasarnya, jika Anda pernah mengalami suatu peristiwa dengan emosi yang sangat kuat yang berhubungan dengan itu, mimpi memfasilitasi pengendapan memori peristiwa tersebut," katanya.

Jika Anda melihat suatu video yang membuat Anda memikirkan kembali hubungan dengan ibu Anda, misalnya, Anda mungkin memimpikannya kemudian. Kemungkinan besar video yang dilihat hari ini juga akan masuk ke dalam mimpi Anda malam ini.

Menurut beberapa penelitian, termasuk yang dipublikasikan dalam Cognitive Neuroscience of Memory Consolidation pada 2017, pengalaman baru-baru ini lebih mungkin diimpikan, tetapi paling umum jika insiden itu "signifikan secara pribadi."

4 dari 4 halaman

Cukup Tidur Itu Penting

Tidak masalah untuk mencari beberapa video lucu dan menarik di TikTok. Hanya saja, jangan lupa waktu. yang terpenting adalah mendapat tidur yang cukup dan berkualitas. Ini akan membuat Anda semangat menyongsong hari berikutnya.

Untuk mendapatkan tidur nyenyak, pertama-tama, jauhkan ponsel Anda dari jangkauan. Anda bisa kembali menonton video keesokan harinya atau saat ada waktu luang.

Jika Anda merasa tidak mengantuk atau kesulitan tidur, coba lakukan metode 4-7-8 berikut ini.

Metode 4-7-8 adalah metode pernapasan sederhana untuk meningkatkan ketenangan. Metode ini membuat tubuh Anda rileks sehingga membantu Anda tidur lebih cepat

Pada dasarnya, metode ini mengendalikan napas yang dapat dilakukan untuk melepaskan stres dan cemas. 

Berikut langkah-langkahnya:

1. Letakkan ujung lidah tepat di belakang gigi depan atas

2. Buang napas penuh melalui mulut

3. Tutup mulut sejenak, tarik napas melalui hidung dalam 4 hitungan secara perlahan

4. Tahan napas dalam 7 hitungan

5. Hembuskan napas secara perlahan dalam 8 hitungan.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS