Sukses

Selain Berjemur, Berikut Cara agar Cepat Bangun di Pagi Hari

Susah bangun pagi karena bukan "morning person"? Simak tips di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin saja bangun tidur di pagi hari dengan perasaan mengantuk, terutama jika Anda bukan "morning person". Rasanya sulit membuka mata dan Anda ingin kembali tidur.

Tentu saja, cara terbaik untuk menghindari rasa kantuk adalah dengan mencegahnya sejak awal dengan mendapatkan istirahat yang cukup, ujar seorang konselor berlisensi dan manajer operasi medis di platform terapi online Calmerry Kate Skurat.

Selain memastikan tidur selama tujuh hingga sembilan jam tiap malamnya, Skurat mengatakan penting untuk mempraktikkan pola tidur bersih. Dia mengatakan untuk tidur di ruangan gelap pada suhu dingin di tempat tidur yang nyaman. Hindari terlalu banyak bermain gadget, dan berhenti makan setidaknya dua jam sebelum tidur.

Akan tetapi, jika Anda sudah cukup tidur dan masih merasa mengantuk saat matahari terbit, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk membantu.

Berikut tips agar cepat bangun tidur menurut situs Bustle.

1. Letakkan Alarm Jauh dari Jangkauan

Menempatkan jam alarm atau ponsel dalam jangkauan tangan membuatnya mudah untuk diraih sehingga Anda bisa mematikan atau mengetuk tombol 'tunda' alarm sambil berbaring dan kemudian kembali tidur.

Sebaliknya, menaruhnya di luar jangkauan lengan memaksa Anda untuk segera bangkit dari tempat tidur untuk mematikan alarm.

Sains menunjukkan mengetuk tombol 'tunda' sambil memejamkan mata tidak mengindikasikan tidur yang berkualitas. Malahan, ini dapat membuat Anda lebih stres jika dibandingkan langsung bangkit untuk mematikan alarm pertama.

Jadi, meskipun mungkin tidak terasa ideal saat itu, tingkat energi yang Anda miliki sepanjang hari akan jauh lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Merapikan Tempat Tidur

Setelah Anda bangkit dari tempat tidur untuk mematikan alarm, rapikan tempat tidur Anda, ujar ahli gizi holistik dan pelatih kesehatan dari GoodLooks Sarrah Hallock.

"Sementara merapikan tempat tidur Anda mungkin merupakan tugas yang Anda benci sejak masih kecil, bagi banyak orang tindakan sederhana ini dapat terasa seperti pencapaian pertama di pagi hari serta membuat Anda merasa berenergi dan siap untuk menaklukkan hari," katanya.

3. Duduk Di Tempat Tidur

Jika bangun dan merapikan tempat tidur di pagi hari terlalu sulit dilakukan, Anda hanya perlu duduk di tempat tidur ketika alarm berbunyi sehingga dapat merasa nyaman meski tidak kembali tidur, kata konselor berlisensi Nawal Alomari, LCPC.

Tunggu beberapa menit untuk bangun atau beri diri Anda waktu untuk membaca, menonton TV, atau melakukan apa pun yang dapat membantu menjalani hari.

4. Percikkan Air ke Wajah

Alomari mengatakan memercikkan air dingin ke wajah dapat membantu memberi sinyal kepada tubuh untuk bangun. Namun, jika tidak ingin membuat wajah basah, Anda juga bisa minum segelas air sedingin es untuk memperoleh efek yang sama.

3 dari 4 halaman

5. Berjemur

Bahkan jika Anda terburu-buru berangkat bekerja, luangkan waktu sejenak untuk berjemur di bawah sinar matahari, tutur seorang pelatih kesehatan bersertifikat dan pelatih pribadi Debra Swan.

"Buka tirai dan sinari wajah dengan cahaya matahari jika memungkinkan, karena ini akan menyinkronkan ritme sirkadian dan memberi tahu otak bahwa ini sudah saatnya untuk terjaga," katanya.

Baik hanya membuka tirai dan melihat ke luar jendela atau berjalan-jalan sebentar, memperoleh sinar matahari pagi dapat membantu Anda merasa lebih waspada terhadap apa pun yang akan terjadi selanjutnya.

6. Baca Beberapa Cerita Fiksi

Terlalu mengantuk untuk berkonsentrasi di tempat kerja? Ahli gizi terdaftar Lauren Minchen, MPH, RDN menyarankan untuk berhenti sejenak dan melakukan sesuatu yang lain untuk sementara waktu.

Jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan saat istirahat, dia menyarankan untuk memilih hal kreatif yang dapat membantu membangunkan otak dan tubuh Anda. Selami buku atau jurnal yang menurut Anda menarik.

4 dari 4 halaman

7. Manjakan Diri Anda

Menantikan sesuatu mampu meningkatkan energi Anda, kata Alomari. Rencanakan untuk minum secangkir kopi yang enak di pagi hari atau jadwalkan jalan-jalan dengan teman saat makan siang.

Apa pun rencananya, memiliki sesuatu yang membuat Anda bersemangat dapat memotivasi untuk bangun dari tempat tidur dan menikmati hari.

8. Pasang Alarm untuk Istirahat

Kerja tanpa henti tentunya membuat Anda kelelahan. Salah satu cara untuk mencegah kelelahan itu adalah dengan merencanakan istirahat teratur terlebih dahulu, kata Skurat.

Dia menyarankan untuk mengatur timer setiap dua jam. Saat alarm berbunyi, luangkan waktu sejenak untuk beristirahat dengan bergerak, melakukan meditasi atau aktivitas lainnya.

9. Persiapkan Malam Sebelumnya

Terkadang cara paling pasti untuk menghindari kelelahan adalah dengan menyiapkan diri Anda sejak malam sebelumnya, kata Alomari. Selain mempraktikkan pola tidur bersih, Anda juga dapat mengatur waktu tidur lebih awal jika merasa lelah akhir-akhir ini, katanya.

Jika tahu bukan "morning person", Anda bisa menyiapkan pakaian yang akan dikenakan, sarapan yang akan disantap, atau barang yang akan dibawa ke kantor sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkannya keesokan harinya.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini