Sukses

Sambut HKN ke-58, Menkes Budi Gunadi dan Tim Kemenkes Ziarah ke TMP Kalibata Kenang Jasa Pahlawan Kesehatan

Ziarah oleh Menkes Budi Gunadi Sadikin dan tim Kemenkes RI dilakukan dalam momen menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang diperingati setiap 12 November.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin bersama Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Rabu (2/10/2022). Ziarah tersebut dilakukan dalam momen menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang diperingati setiap 12 November.

"Hari ini jajaran Kementerian Kesehatan melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58," ujar Budi Gunadi.

Dalam kesempatan tersebut Menteri Kesehatan bersama Wakil Menteri mengawali tradisi tabur bunga dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang telah gugur dan dilanjutkan dengan prosesi mengheningkan cipta.

Selepas upacara, Menkes Budi Gunadi lalu berziarh dan meletakkan karangan bunga di makam istri Presiden Indonesia periode 1998-1999 Dr Hj Asri Ainun Besari Habibie. Menkes pun melanjutkan ziarah ke pusara H. Agus Salim yang terletak di Blok A TMP Kalibata.

Sementara Wamenkes Dante berziarah dan melakukan tabur bunga di makam Menteri Kesehatan RI periode 1947-1956, DR Johanes Leimena, GA.

Sesi tabur bunga dan ziarah, kata Menkes Budi, dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan dalam membangun bidang kesehatan di Indonesia.

"Kegiatan ziarah dan tabur bunga ini rutin kami lakukan untuk mengenang jasa dari para pahlawan,” terang Menkes.

“Melalui kegiatan ini diharapkan bisa menginspirasi teman-teman di jajaran Kementerian Kesehatan untuk bisa meniru (para pahlawan) dalam menyerahkan seluruh jiwa dan raganya untuk membangun bangsa dan negara,” lanjut Menkes Budi Gunadi.

Turut hadir Sekretaris Jenderal Kunta Wibawa Dasa Nugraha serta sejumlah pejabat tinggi madya, pratama serta para pegawai di lingkungan Kementerian Kesehatan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ziarah ke Makam Tokoh Kesehatan

Rombongan ikut melakukan ziarah dan tabur bunga kepada sejumlah tokoh kesehatan diantaranya :

1. Menkes (1947-1956) Dr Johanes Leimena, GA

2. Menkes (1966-1978) Prof. Dr. Gerrit A. Siwabessy

3. Menkes (1966-1978), Menkes (1978-1988), dr. Suwardjono Surjaningrat

4. Menkes dan Sekjen Kemenkes (1948-1950), DR. M. Soerono

5. Menkes (1993-1998), Prof. Dr. dr. Sujudi

6. Sekretaris Jenderal Departemen Kesehatan, Dr. Hidayat Hardjo Prawito

7. Pejuang Gizi Indonesia (mendapat penghargaan Bintang Mahaputra Nararya), Prof. DR. dr. Darwin Karyadi

8. Staf Ahli Menkes, Drs. Marisi P. Sihombing

3 dari 3 halaman

Ziarah ke Makam Menkes Endang Rahayu

Selain TMP Kalibata, pada saat yang sama Kemenkes juga melakukan tabur bunga di makam Menteri Kesehatan RI periode 2009 – 2014, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr.PH, yang terletak di Kompleks San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

Upacara tabur bunga ini dipimpin oleh Plt. Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kementerian Kesehatan RI, Rizka Andalucia serta turut dihadiri oleh pegawai di lingkungan Kemenkes RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.