Sukses

Selain Madu, Kunyit Bisa Jadi Ramuan Herbal Redakan Demam Anak di Bawah 1 Tahun

Demam pada anak-anak dapat diredakan menggunakan ramuan herbal dengan madu sebagai salah satu bahannya.

Liputan6.com, Jakarta - l Demam pada anak-anak dapat diredakan menggunakan ramuan herbal dengan madu sebagai salah satu bahannya. Namun, untuk anak usia di bawah satu tahun, madu belum dapat diberikan. Untuk itu, orangtua bisa menggantinya dengan kunyit.

Dr (Cand) dr Inggrid Tania, M.Si yang fokus pada obat tradisional mengatakan, kunyit bisa menggantikan madu sebagai bahan ramuan herbal untuk meredakan demam pada anak di bawah satu tahun.

"Karena madu kontraindikasi pada bayi di bawah satu tahun, di mana ada risiko botulisma, ada spora botulinum yang kemungkinan tidak atau kurang bisa diterima sistem pencernaan atau sistem imunitas bayi," ujar Inggrid, dilansir Antara.

Kunyit dalam bentuk bubuk, kata Inggrid, bisa diberikan dengan dosis 1/8 sampai 1/4 sendok teh lalu dimasukkan ke dalam ASI atau susu formula yang biasa diminum bayi. Volume ASI atau susu formula disesuaikan dengan yang biasa dikonsumsi oleh bayi.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) itu pun mengatakan, ramuan tersebut sudah terbukti aman. Kontraindikasi hanya terjadi pada anak yang alergi dengan bahan herbal. Meski demikian, kasus alergi terhadap bahan herbal atau rempah dilaporkan sangat jarang terjadi.

"Pada anak yang sehat dapat dikonsumsi sekali sehari dengan tujuan memelihara kesehatan dan menguatkan daya tahan tubuh. Pembuktian secara empirik untuk keamanan dan khasiatnya," kata Inggrid.

Konsumsi ramuan herbal pada anak tetap perlu dikonsultasikan lebih dulu pada dokter atau tenaga kesehatan, Inggrid mengingatkan. Namun dengan catatan, mereka perlu memiliki pengetahuan yang cukup mengenai herbal.

Pembuatan ramuan herbal di rumah tangga pun harus dilakukan secara higienis dengan cara konsumsi yang benar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ramuan Herbal

Ramuan herbal untuk redakan demam pada anak usia 1 hingga 12 tahun bisa menggunakan bahan madu, bawang dan jahe. Bahan-bahan tersebut diolah menjadi sirup dan bisa diberikan dengan dosis tiga kali 5ml sehari sebelum atau sesudah makan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan herbal ini adalah

30 ml madu murni1 siung bawang merah dicincang halus1 siung bawang putih dicincang halus10 gr jahe segar dicincang halus1/2 buah jeruk nipis diperas airnya

Cara membuat ramuan ini sederhana, cincangan bawang merah, bawang putih dan jahe dimasukkan ke dalam botol yang berisi madu, lalu masukkan air perasan jeruk nipis.

Tutup botolnya lalu kocok botol dan diamkan dalam suhu kamar selama 8 jam hingga didapat sirup dengan konsistensi encer.

Berikutnya, saring dan tuang ke dalam botol obat yang bersih dan kering.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Kunyit

Seorang ahli gizi asal New York, Tanya Freirich mengatakan, "Kunyit memiliki rekor panjang atas manfaat kesehatan dan kunyit memiliki sifat anti-inflamasi".

Freirich beranggapan, sifat anti-inflamasi dari kunyit mampu membantu penyembuhan beberapa penyakit mulai dari nyeri sendi osteoartritis hingga radang usus atau Crohn. Tak hanya itu kunyit pun mampu bantu mengurangi risiko kanker.

Sejumlah zat besi, protein, dan serat pada kunyit berguna untuk melancarkan pencernaan manusia. Terlebih jika mengonsumsi kunyit dalam makanan atau minuman akan menyehatkan tubuh Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.