Sukses

Mahfud MD Pastikan Biaya Pengobatan Korban Tragedi Arema Ditanggung Pemkab

Biaya pengobatan korban tragedi Arema di Kanjuruhan ditanggung Pemda Kabupaten Malang.

Liputan6.com, Malang - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Republik Indonesia Mahfud MD memastikan biaya pengobatan korban tragedi Arema di Stadion Kanjuruhan, Malang, ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Malang. Pemerintah juga akan menangani tragedi dengan baik.

Tragedi Kanjuruhan usai laga Arema vs Persebaya pada Sabtu, 1 Oktober 2022 memakan korban 127 orang, dua di antaranya anggota Polri tewas. Sementara 180 orang lainnya masih dirawat di sejumlah rumah sakit.

"Saya sudah dapat informasi dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Saya juga sudah berkoordinasi dengan Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta. Pemerintah menyesalkan atas tragedi Kanjuruhan," kata Mahfud dalam pesan singkat yang diterima Health Liputan6.com pada Minggu, 2 Oktober 2022.

"Pemerintah akan menangani tragedi ini dengan baik. Pemda Kabupaten Malang akan menanggung biaya rumah sakit bagi para korban."

Mahfud juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban. Ia meminta keluarga korban dapat ters berkoordinasi dengan petugas di lapangan terkait perkembangan berita lebih lanjut.

"Kepada keluarga korban, kami menyampaikan belasungkawa. Kami juga berharap agar keluarga korban bersabar dan terus berkordinasi dgn aparat dan petugas pemerintah di lapangan," lanjutnya.

Tragedi Kanjuruhan Malang bermula saat Arema FC menelan kekalahan 2-3 dari tamunya, Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang. Aremania (sebutan supporter Arema) pun meluapkan kekecewaannya dengan masuk ke lapangan. Situasi tak terkendali yang berakhir jadi duka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ekspresi Emosi dari Penonton

Dari informasi yang diperoleh Mahfud MD, pihak aparat sudah mengantisipasi pertandingan Arema vs Persebaya. Akan tetapi, upaya itu tidak optimal dilakukan.

"Sebenarnya, sebelum pertandingan, pihak aparat sudah mengantisipasi melalui koordinasi dan usul-usul teknis di lapangan. Misal, pertandingan agar dilaksanakan sore (bukan malam), jumlah penonton agar disesuaikan dengan kapasitas stadion, yakni 38.000 orang," lanjutnya.

"Tapi usul-usul itu tidak dilakukan oleh panitia yang tampak sangat bersemangat. Pertandingan tetap dilangsungkan malam, dan tiket yang dicetak jumlahnya 42.000."

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan, Pemerintah telah melakukan perbaikan pelaksanaan pertandingan sepak bola dari ke waktu dan akan terus diperbaiki.

"Tetapi olahraga yang menjadi kesukaan masyarakat luas ini kerap kali memancing para supporter untuk mengekspresikan emosi secara tiba-tiba," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Korban Tersebar di 11 Faskes

Korban tragedi Kanjuruhan Malang tersebar di 11 fasilitas kesehatan (rumah sakit dan puskesmas) di Malang. Mengutip Surabaya Liputan6.com, berikut ini sebaran korban:

Rumah Sakit Hasta Husada Kepanjen

1) Pasien meninggal: 4 orang

2) Pasien dalam perawatan: 20 orang

Rumah Sakit Wava Husada Kepanjen

1) Pasien meninggal: 73 orang

2) Pasien dalam perawatan: 19 orang

Rumah Sakit Teja Husada Kepanjen

1) Pasien meninggal: 34 orang

2) Pasien dalam perawatan: 6 orang

Rumah Sakit Kanjuruhan Kepanjen

1) Pasien meninggal: 3 orang

2) Pasien dalam perawatan: 79 orang

RSI Gondanglegi

1) Pasien meninggal: 6 orang

2) Pasien dalam perawatan: 25 orang

4 dari 4 halaman

Korban Tersebar di 11 Faskes

Puskesmas Gondanglegi

Pasien dalam perawatan: 6 orang

RS Ben Mari Pakisaji

1) Pasien meninggal: 1 orang

2) Pasien dalam perawatan: 4 orang

RSU Pindad Turen

Pasien dalam perawatan: 3 orang

RS Salsabila DS. Jatikerto Kec. Kromengan

Pasien meninggal: 4 orang

2) Pasien dalam perawatan: 4 orang

RSBK Turen

Pasien dalam perawatan: 1 orang

RS Saiful Anwar Kota Malang

1) Pasien meninggal: 2 orang

2) Pasien dalam perawatan: 13 orang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.