Sukses

Profil Singkat Putri Charlotte dan 11 Cicit Kesayangan Ratu Elizabeth II

Liputan6.com, Jakarta Mendiang Ratu Elizabeth II adalah pemimpin keluarga Windsors dengan 12 cicit. Semuanya merupakan keturunan dari empat anak ratu bersama Pangeran Philip yakni Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Dari keempat anak itu, Ratu Elizabeth mendapat delapan cucu yakni Peter Phillips, Zara Tindall, Pangeran William, Pangeran Harry, Putri Beatrice, Putri Eugenie, Lady Louise Mountbatten-Windsor, dan James Viscount Severn. Enam dari delapan cucu memberikan 12 cicit bagi Ratu. Anak-anak Pangeran Williams berada di urutan pertama untuk suksesi kerajaan yakni Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

Pangeran George

Pangeran George lahir pada 22 Juli 2013, dan merupakan anak tertua dari Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton.

Dia berada di urutan kedua untuk takhta Inggris dan merupakan cucu pertama Raja Charles dari pernikahannya dengan mendiang mantan istri Putri Diana.

George dinamai menurut kakek buyutnya, Raja George VI, ayah ratu, yang meninggal pada tahun 1952 ketika dia naik takhta.

Dia bersekolah di sekolah Thomas's Battersea dan belajar sejarah, bahasa Prancis, dan balet. Dia sering terlihat di acara-acara kerajaan bersama mendiang ratu atau di pelukan kakeknya.

Putri Charlotte

Putri Charlotte adalah anak tengah dari Pangeran William dan Kate. Ia lahir pada 2 Mei 2015, dan merupakan putri tunggal pasangan tersebut.

Dia berada di urutan ketiga dalam garis suksesi di belakang saudara tertuanya Pangeran George dan merupakan cucu kedua raja.

Setelah Charles naik menjadi raja, Charlotte, bersama dengan saudara laki-lakinya, menerima gelar baru. Berubah dari Princess Charlotte of Cambridge menjadi Princess Charlotte of Wales. Dia telah tampil di acara kerajaan dan pernikahan sebagai pengiring pengantin.

Putri Charlotte telah mempertahankan posisinya sebagai garis ketiga takhta karena berlalunya Succession to the Crown Act 2013, yang akan menempatkan adik laki-lakinya, Pangeran Louis, di depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pangeran Louis dan Cicit Lainnya

Pangeran Louis

Pangeran Louis adalah anak bungsu dari Pangeran dan Putri Wales, lahir pada 23 April 2018. Bocah empat tahun itu adalah saudara bungsu dari George dan Charlotte.

Dia adalah pewaris keempat takhta dan cucu ketiga Raja Charles III. Baru-baru ini, ibunya, Kate, mengatakan kepada sekelompok pendukung kerajaan di luar Kastil Windsor bahwa pangeran muda itu menghiburnya setelah kematian ratu.

Rekaman menunjukkan sang putri memberi tahu kerumunan orang bahwa Pangeran Louis, setelah mengetahui kematian ratu, berkata, "Jangan khawatir. Dia sekarang bersama kakek buyut," mengutip Fox News, Selasa (20/9/2022).

Savannah Phillips

Savannah adalah cicit tertua dari semua cicit Ratu Elizabeth II. Ia adalah putri dari Peter Phillips dan mantan istrinya Autumn Kelly.

Savannah berada di urutan ke-12 takhta pada saat kelahirannya. Lahir pada tanggal 29 Desember 2010, di Gloucestershire Royal Hospital, nama lengkap Savannah adalah Savannah Anne Kathleen Phillips.

Melansir The Sun, nama Savannah hanya diumumkan secara publik selama kebaktian gereja di Sandringham di mana pendeta itu membagikan doa untuk keluarga dengan tiga orang saat itu. Kini, Savannah berusia 11.

3 dari 4 halaman

Isla Phillips dan The Tindalls Sisters

Isla Phillips

Isla Elizabeth Phillips juga anak dari Peter Phillips. Ia lahir pada 29 Maret 2012, dan beratnya sehat tujuh pon, empat ons.

Meskipun orangtuanya tidak pernah mengomentari nama tengah putri mereka, secara luas diyakini bahwa ini untuk menghormati mendiang nenek buyutnya Ratu Elizabeth.

Kini ia berusia 10. Dia satu setengah tahun lebih muda dari kakak perempuannya Savannah dan satu tahun lebih tua dari calon Raja, Pangeran George.

Mia Tindall

Mia adalah putri dari Zara Tindall. Ia lahir pada 2014 dan kini berusia 8.

Dia bahkan sempat memainkan peran khusus di pernikahan kerajaan sebagai pengiring pengantin bersama kerabat Pangeran George dan Putri Charlotte.

Mia juga dikenal karena bergaul dengan Savannah dan Isla Phillips, putri cucu Ratu dan saudara laki-laki Zara, Peter Philips, di acara berkuda. Pasalnya, ibunya Zara dan neneknya Putri Anne sama-sama penunggang kuda Olimpiade.

Lena Tindall

Lena Tindall juga putri dari Zara Tindall. Ia kini berusia 4 dan lahir pada 2018.

4 dari 4 halaman

Cicit Lainnya

Archie Mountbatten-Windsor

Archie adalah anak dari Pangeran Harry dan Meghan Markle. Pada 6 Mei 2019, Archie lahir di London, Inggris.

Kurang dari setahun setelah kelahiran Archie, pasangan kerajaan menjauh dari tugas kerajaan mereka dan pindah dari Inggris.

August Brooksbank

August lahir pada 2021 dan kini berusia 1, ia adalah putra dari Putri Eugenie.

Lucas Tindall

Lucas Tindall adalah anak Zara Tindall. Lahir pada 2021 dan usianya baru 1 tahun.

Lilibet Mountbatten-Windsor

Lilibet Diana Mountbatten-Windsor adalah anak kedua dari Pangeran Harry dan Meghan Markle. Dia adalah saudara perempuan dari anak pertama pasangan itu, Archie, dan cicit ke-11 Ratu Elizabeth. Nama Lilibet Diana memberi penghormatan kepada julukan masa kecil Ratu dan mendiang ibu Pangeran Harry, Putri Diana, mengutip People.

Sienna Mapelli Mozzi

Sienna adalah putri dari Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi. Ia baru saja berulang tahun pada 18 September 2022 untuk ulang tahun pertamanya.

Tahun lalu, ia lahir di Rumah Sakit Chelsea dan Westminster di London. Sejauh ini publik belum melihat gambar resmi Sienna.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS