Sukses

Fakta! Masyarakat Indonesia Kehilangan 11 Gigi di Usia 65 Tahun, Enggan Konsultasi?

Liputan6.com, Jakarta Selama ini, apakah kamu sadar dengan kesehatan gigi dan mulut? Mungkin banyak orang yang menyepelekan kesehatan gigi dan mulutnya. Kesadaran masyarakat untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut tergolong masih rendah, mereka juga memiliki rasa enggan dan kesulitan akses untuk berkonsultasi ke tenaga profesional. 

Kalau nggak ditangani dengan baik, permasalahan gigi dan mulut bisa berakibat pada risiko terburuk, yaitu gigi tanggal lho. Faktanya, rata-rata pada usia 65 tahun masyarakat indonesia sudah kehilangan 11 giginya. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kualitas hidup mereka hingga lanjut usia, seperti rasa percaya diri karena estetika wajah yang terganggu.

Dikutip dari Health.Harvard.edu, ditemukan juga bahwa lansia dengan gigi ompong yang lebih banyak cenderung lebih berisiko 48% lebih besar untuk memiliki gangguan fungsi kognitif otak. Nggak cuma itu, lansia dengan banyak gigi ompong juga berisiko 28% lebih besar untuk menderita demensia dibandingkan lansia lain yang tidak atau memiliki sedikit gigi ompong.

Selain itu, permasalahan gigi dan mulut dalam jangka panjang juga dapat memicu berbagai penyakit lain yang mempengaruhi kesehatan tubuh. Seperti sejumlah penyakit sistemik, yaitu diabetes melitus, kerusakan ginjal, penyakit jantung, gangguan pernafasan, dan lainnya.

Nah, untuk meminimalisir penyakit gigi dan mulut itu terjadi, kamu bisa rutin menyikat gigi dua kali sehari setiap pagi dan malam hari, serta jangan pernah enggan untuk berkunjung ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali ya.

2 dari 2 halaman

Mudahnya Konsultasi Gigi

Kalau kamu merasa enggan untuk konsultasi ke dokter gigi, kamu bisa gunakan layanan dari Pepsodent bersama PDGI yang memfasilitasi masyarakat melakukan konsultasi ke tenaga profesional lho! Bahkan sebelum masalah gigi dan mulut itu muncul, kamu sudah bisa merawat kesehatan gigi dan mulut dengan kemudahan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” selama 1 April hingga 10 Juli 2022.

Ribuan dokter gigi dari 125 PDGI cabang di seluruh Indonesia turut berpartisipasi dalam konsultasi gigi gratis ini lho! Ditambah dengan 300 orang “Pepsodentist” yang merupakan para relawan dokter gigi swasta di seluruh penjuru Indonesia, ikut serta dalam Dentist Locator di situs Tanya Pepsodent!

Nggak hanya sampai di situ saja, Pepsodent juga memberikan edukasi tentang bagaimana merawat kesehatan gigi melalui acara Pepsodent x Fimela. Acara yang diberi tajuk, “Bincang Tokoh Inspiratif: Jaga Kesehatan Gigi Mulut untuk Hidup Berkualitas Hingga Usia Lanjut” ini, bisa kamu ikuti secara langsung di Atrium Senayan Park, Sabtu 2 Juli 2022 pukul 14.00 WIB atau secara streaming di Vidio. 

Dikemas dalam konsep edutainment, acara ini mengangkat ragam kisah inspiratif dari para tokoh terpandang seperti Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, Sp.M(K), Menteri Kesehatan RI 2014-2019 dan dr. Nafsiah Mboi, Sp.A., M.P.H., Menteri Kesehatan RI 2012-2014, serta ditutup dengan penampilan memukau dari Afgan.

Yuk! Coba layanan gratis dari Pepsodent sekarang juga untuk berkonsultasi dengan dokter gigi secara gratis dan mudah di layanan teledentistry. Jangan Tunggu Sampai Sakit Gigi, saatnya #KonsultasiGigiSekarang Karena #SenyumIndonesia, Senyum Pepsodent!

 

(*)