Sukses

Jangan Minum Air Sambil Berdiri, Ini Alasan Kesehatannya

Liputan6.com, Jakarta - Air sangat penting buat tubuh. Nah, Anda biasanya minum air dalam posisi berdiri atau duduk? Kalau dalam agama, minum itu sebaiknya dalam kondisi duduk.

Dan, ternyata minum saat duduk dapat membuat tubuh mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Apa sebabnya?

Dokter umum di Apollo Spectra, Delhi, Dr Vipul Rustgi, mengatakan kepada HealthShots bahwa tidak dianjurkan minum air sambil berdiri karena dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Hal senada dikutip dari The Health Site pada Selasa, 17 Mei 2022, minum dengan kondisi berdiri hanya akan membuat air langsung masuk ke perut dengan kekuatan yang hebat tanpa penyaringan apapun.

Padahal, kondisi tersebut dapat membahayakan ginjal Anda.

"Hal ini menyebabkan kotoran air mengendap di kandung kemih, dan merusak fungsi ginjal," kata Rustgi.

Selain itu, apabila seseorang minum air dengan posisi berdiri, air akan mengalir melalui sistem dengan sangat cepat. Hal tersebut dapat mengganggu fungsi paru-paru dan jantung.

Minum berdiri juga dapat membuat saraf tegang, yang dapat menyebabkan radang dan kerusakan sendi.

"Saraf menjadi tegang ketika seseorang minum air dengan cepat sambil berdiri, yang mengganggu keseimbangan cairan, menyebabkan peningkatan racun dan gangguan pencernaan," ujar Rustgi.

 

2 dari 3 halaman

Tata Cara Minum yang Baik

Lantas seperti apa cara minum yang baik? Para ahli menyarankan minum dengan perlahan.

Cara tersebut memungkinkan tubuh menyaring nutrisi dengan lebih baik dan mengarahkan air ke area yang membutuhkan nutrisi.

Tak hanya berdiri yang tidak disarankan ketika minum. Anda juga sebaiknya menghindari beberapa hal ini ketika sedang minum.

 

3 dari 3 halaman

Tata Cara Lainnya

1. Jangan minum air dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Alasannya, cara tersebut dapat menyebabkan kekurangan oksigen dalam pipa angin dan makanan, yang berpotensi menyebabkan masalah jantung dan masalah paru-paru.

2. Hindari minum air saat makan dan segera setelah makan. Ini karena air dapat mengencerkan cairan alami tubuh yang membantu pencernaan.

3. Jangan minum terlalu banyak air saat berolahraga karena dapat mengurangi konsentrasi natrium dalam tubuh dan menguras elektrolit alami Anda, yang dapat menyebabkan kelelahan.

Cukup beberapa teguk saja untuk melapisi mulut dan tenggorokan Anda saat istirahat.