Sukses

Terlalu Lama Keramas Ternyata Jadi Salah Satu Penyebab Munculnya Jerawat Punggung

Liputan6.com, Jakarta - Bagi beberapa orang, berurusan dengan jerawat di area wajah telah menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika jerawat juga muncul di area lainnya seperti punggung.

Ternyata, kulit di area punggung memang lebih rentan terhadap masalah kulit lho. Itulah mengapa jerawat juga lebih mudah untuk muncul di sana.

"Kulit di area punggung sebenarnya sangatlah tebal, sehingga potensi tersumbatnya pori-pori pun menjadi lebih tinggi," ujar dokter kulit, Justine Kluk dikutip Insider, Kamis (10/3/2022).

Terlebih mengutip Verywell Health, bagian atas tubuh manusia juga memiliki lebih banyak kelenjar minyak daripada bagian bawah.

Sehingga gabungan antara kedua faktor tersebutlah yang dikatakan dapat menjadi perpaduan sempurna untuk menyebabkan jerawat punggung.

Tak berhenti di sana, menurut American Academy of Dermatology, minyak alami tubuh memang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Namun zat dalam produk rambut (sampo) dan badan (sabun) tertentu juga bisa memicu munculnya jerawat.

Ini terjadi ketika produk perawatan rambut yang digunakan mengandung minyak, yang dapat menyumbat pori-pori. Penyumbatan tersebutlah yang dapat menimbulkan jerawat di punggung. 

Jerawat juga bisa muncul ketika Anda membiarkan sampo atau kondisioner rambut mengalir terlalu lama di punggung. Mengingat zat yang ada dalam produk tersebut dapat meresap ke area kulit.

Dalam hal ini, Anda perlu untuk memastikan telah membilas rambut secara menyeluruh dan menggunakan produk yang menjamin tidak akan menyumbat pori-pori, bebas minyak, non-komedogenik, dan non-acnegenik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Penyebab lainnya

Menurut Stylecaster, kebiasaan untuk menunda mandi setelah berolahraga dan berkeringat juga telah menjadi penyebab paling umum dari munculnya jerawat di punggung.

Hal ini dikarenakan akan ada penumpukan bakteri di area yang juga lembab. Sehingga dapat memicu munculnya jerawat. Begitupun dengan menunda untuk mencuci pakaian olahraga Anda.

American Academy of Dermatology menyarankan untuk mencuci secara langsung pakaian olahraga yang berkeringat dapat menjadi cara yang baik untuk mencegah bakteri dan penyebab kotoran melekat di pakaian.

"Pakaian yang ketat bercampur dengan gesekan dan kelembapan berlebih seperti keringat juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat, karena gesekan tersebut dapat mengiritasi kulit dan mengganggu permukaan yang dapat menyumbat pori-pori dengan sel kulit mati sehingga menyebabkan peradangan," ujar dokter di Schweiger Dermatology Group New York, Jeremy Fenton.

Maka, untuk mencegah jerawat mekanik di punggung Anda, pastikan juga Anda tidak mengenakan pakaian dan pakaian dalam yang terlalu ketat.

3 dari 3 halaman

Infografis

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS