Sukses

Ngomong dengan Bahasa dan Logat Jawa Viral, Ada Versi Kedokterannya Lho

Belakangan, penyebutan kata dengan bahasa dan logat Jawa viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan, penyebutan kata menggunakan bahasa Jawa menjadi viral di media sosial. Tren ini berawal dari unggahan video Natasha Keniraras dalam akun TikTok @natkeni.

Wanita 24 tahun tersebut membuat beberapa video dengan logat khas Jawa. Banyak respons positif yang ikut terhibur oleh konten buatannya. 

Dalam salah satu video, Natasha menyebutkan beberapa kata dengan bahasa Jawa. Seperti cokelat yang menjadi soklat, body lotion menjadi hembodi, handphone menjadi henpon, hingga eyeliner yang menjadi elener.

Tren tersebut pun ikut dilakukan oleh beberapa orang lainnya. Salah satunya dilakukan oleh aktris sekaligus penyanyi Gisella Anastasia bersama putrinya Gempi.

Tak lama, muncul kembali video serupa yang menyebutkan berbagai istilah penyakit dan keluhan pasien di dunia kedokteran. Video ini diunggah oleh Lily Estelita dalam akun TikTok @lilyest.

"Omg... Dokter di Jawa harus tahu ini," ujar Lily dalam video yang diunggah pada Selasa, 8 Maret 2022.

Hingga tulisan ini dipublikasikan, video yang dibuat oleh Lily telah disukai oleh 11,6 ribu dan dikomentari lebih dari 380 pengguna TikTok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata dan arti dalam bahasa Jawa

Dalam video berdurasi sekitar 30 detik, Lily menyebutkan empat kata dalam bahasa Jawa beserta dengan artinya dalam bahasa Indonesia.

Lalu apa sajakah itu? Berikut diantarnya.

1. Nggregesi dengan arti tidak enak badan

2. Cekot-cekot dengan arti nyut-nyutan

3. Nggliyeng dengan arti pusing

4. Ngethok-ngethok dengan arti pegal-pegal

Beberapa komentar lucu pun ikut diberikan oleh warganet dalam video tersebut. Banyak yang merasa akrab dengan sebutan-sebutan tersebut.

"Bahasa emak gw sungguh sangat relate," tulis akun TikTok @ericferdianz.

"Aku di Sulawesi, dulu waktu kecil lagi sakit terus agak pusing. 3L, dokternya tanya, kepalanya nyut-nyut? Rasanya pengen nangis karena dulu gatau nyut-nyut itu apa," tulis akun @callmebright.

"Sumpah bener banget vocab yang wajib tau," tulis akun @nona._.ambon.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.