Sukses

COVID-19 Nasional Alami Penurunan, Wamenkes: Tapi Ada 5 Provinsi yang Meningkat

Meski kasus COVID-19 melandai, ada 5 provinsi yang ternyata mengalami peningkatan.

Liputan6.com, Jakarta Hingga kini, perkembangan pandemi COVID-19 di Indonesia kian membaik. Hal ini didorong oleh sejumlah kasus positif maupun positivity rate di kota padat penduduk yang ikut melandai.

Kondisi tersebut juga berdampak pada tingkat keterisian tempat tidur (bed occupation rate) di rumah sakit COVID-19 di Jawa dan luar Jawa, yang juga berada dalam status terkendali.

Meski begitu, Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan, sejumlah daerah masih terpantau mengalami kenaikan kasus COVID-19.

"Update situasi yang tampak saat ini menunjukkan tren kasus nasional terus menurun, angka Reproduktif virus (Rt) sudah menurun di setiap pulau besar di Indonesia," ujar Dante dalam keterangan pers ditulis Selasa, (8/3/2022).

"Tetapi ada lima provinsi yang trennya sedikit meningkat, yakni di Aceh, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Kalimantan Utara," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dante juga mengungkapkan perkembangan terkait kasus Omicron di Indonesia. Saat ini, kasus kematian akibat Omicron sebagian besar didominasi oleh lansia.

Serta, mereka yang memiliki komorbid dan belum mendapatkan vaksinasi dengan dosis lengkap.

"Tidak semua meninggal karena COVID-19, tetapi ada juga yang meninggal dengan COVID," kata Dante.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tekan angka kematian lewat vaksinasi

Maka untuk mengurangi angka kematian pasien COVID-19 di Indonesia, pemerintah masih berusaha untuk mempercepat vaksinasi dosis lengkap dan booster.

Terutama bagi mereka yang masuk dalam kategori kelompok rentan seperti lansia dan orang dengan komorbid.

Berdasarkan data, penyakit komorbid penyebab kematian pada pasien COVID-19 adalah diabetes, hipertensi, dan gagal ginjal.

Terkait hal tersebut, masyarakat diimbau untuk segera memanfaatkan sentra vaksinasi dan fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk melakukan vaksinasi dosis lengkap, maupun booster.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Gorontalo adalah sebuah Provinsi yang berada di Indonesia.
    Gorontalo adalah sebuah Provinsi yang berada di Indonesia.

    Gorontalo

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh.

    Vaksinasi

  • Gejala awal infeksi Covid-19 bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.
    Gejala awal infeksi Covid-19 bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.

    covid update