Sukses

20 Manfaat Luar Biasa dari Menari, Bantu Jaga Kesehatan Mental dan Fisik

Liputan6.com, Jakarta Menari menjadi aktivitas yang sangat populer di masa sekarang. Tak hanya remaja, orang dewasa, bahkan anak-anak saat ini menjadi suka menari dan menunjukkan kemampuannya di berbagai platform media sosial. Beberapa orang lebih suka menari sendiri di rumah dengan lagu favorit, yang lain belajar dansa ballroom atau hip-hop dan terlibat dengan komunitas.

Menari menawarkan nilai tambah yang jelas terasa bagi kesehatan fisik. Kamu tidak hanya menggerakkan tubuh secara berirama dan mengekspresikan perasaan, tetapi juga membakar kalori dan berolahraga dengan pasti. 

Aktivitas fisik yang kreatif dan menyenangkan ini juga merupakan anugerah bagi fungsi otak kamu. Manfaat menari bagi kesehatan mental mungkin tidak begitu terlihat, tetapi sebenarnya sangat banyak dan mendalam.

Tarian Mengalir Bebas

Dikutip dari Verywell Mind, menurut sebuah studi UCLA Health yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Clinical Practice edisi Agustus 2021, tarian yang sadar dan mengalir bebas menghasilkan manfaat kesehatan mental yang positif. Hal Ini didasarkan pada survei terhadap 1.000 penari di seluruh dunia yang mengalami Depresi, kecemasan, atau riwayat trauma.

Sebagian besar, 98% dari semua penari mengatakan latihan meningkatkan suasana hati mereka. Banyak juga yang melaporkan bahwa tarian sadar memberi mereka lebih banyak kepercayaan diri dan kasih sayang.

2 dari 3 halaman

Tarian Koreografi

Dalam studi terbaru yang diterbitkan di Frontiers in Aging Neuroscience, peneliti membandingkan efek berjalan, peregangan, dan menari pada mereka yang telah berusia lanjut. Peserta tersebut berusia 60-an dan 70-an dengan otak sehat yang tidak menunjukkan tanda-tanda gangguan kognitif, para peneliti secara acak menempatkan mereka dalam tiga kelompok. Satu kelompok berjalan, yang lain melakukan peregangan dan latihan keseimbangan dan kelompok terakhir belajar tarian. Hasilnya, menari memiliki efek positif yang paling menonjol. Tarian koreografi menjadi semakin menantang dari waktu ke waktu.

Tarian yang Disinkronkan

Dalam penelitian terbaru lain yang berbasis di Brasil, tarian yang disinkronkan dengan orang lain memungkinkan orang merasa lebih dekat satu sama lain dan memupuk persahabatan. Tarian juga terbukti meningkatkan toleransi rasa sakit.

Terapi Tari

Beberapa orang memilih terapi tari atau gerakan. Ini didefinisikan oleh American Dance Therapy Association (ADTA) sebagai "penggunaan gerakan psikoterapi untuk menunjukkan integrasi emosional, sosial, kognitif, dan fisik individu," dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Sebuah studi penelitian dilakukan pada efek gerakan dan tarian pada hasil psikologis yang berhubungan dengan kesehatan. Temuannya menjanjikan, manfaat gerakan dan tarian dapat meningkatan kualitas hidup dan keterampilan interpersonal. Dan pada saat yang sama menurunkan depresi dan kecemasan.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Tari untuk Kesehatan Mental

Jika kamu belum mempertimbangkan menari, pikirkan lagi tentang memasukkan tarian ke dalam program kesehatan fisik dan mental kamu. Banyak sekali manfaat menari. Mari kita lihat manfaat mental dan fisik dari menari.

  1. Manfaat Tari untuk Kesehatan Mental
  2. Menjaga pikiran tetap tajam
  3. Meningkatkan rasa percaya diri
  4. Melibatkan keterampilan sosial
  5. Meningkatkan endorfin dan suasana hati
  6. Mudah terikat dengan orang lain
  7. Mengurangi kesepian dan depresi
  8. Menurunkan kecemasan
  9. Membantu meningkatkan memori dan mencegah demensia
  10. Meningkatkan ambang nyeri dan mengurangi persepsi nyeri
  11. Meningkatkan kekuatan otot
  12. Meningkatkan detak jantung
  13. Meningkatkan paru-paru
  14. Meningkatkan sirkulasi darah
  15. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
  16. Meningkatkan kebugaran aerobik
  17. Memperbaiki postur
  18. Membuat tulang lebih kuat dan mencegah risiko osteoporosis
  19. Mengurangi Membantu manajemen berat badan
  20. Meningkatkan fleksibilitas kelincahan yang lebih baik
  21. Meningkatkan daya tahan

Bagi mereka yang lebih tua dan khawatir tentang cedera, maka berlatihnya dengan para profesional bersertifikat. Mereka akan memandu tentang cara bekerja dengan keterbatasan fisik apa pun dan membantu mencegah cedera. Pelatih tari harus sepenuhnya dipercaya dan dapat menawarkan cara untuk meningkatkan kesejahteraan dengan rencana langkah demi langkah.

Untuk kamu anak-anak muda, berlatihlah dengan teman dan ambil setiap pelajarannya. Begitu kamu berada di lantai dansa, kamu bahkan mungkin menganggap menari sebagai cara yang menyenangkan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental kamu.

 

(*)