Sukses

Jangan Anggap Remeh, Ini 6 Manfaat Luar Biasa Weight Training

Liputan6.com, Jakarta - Weight training atau latihan angkat beban mungkin bukan pilihan olahraga pertama bagi bbanyak orang. Padahal, jika dilihat dari manfaat  weight training tak kalah bermanfaat dengan jenis olahraga lainnya.

Tidak sebatas meningkatkan kekuatan otot saja, weight training bisa membantu menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal yang diimpi-impikan. 

Selain itu, melansir Everyday Health, weight training dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda yakni:

2 dari 5 halaman

1. Lebih Kuat dan Lebih Bugar

Salah satu manfaat jelas dari weight training adalah dapat membuat Anda menjadi lebih kuat dan bugar.

“Kekuatan otot sangat penting untuk mempermudah melakukan hal-hal yang perlu Anda lakukan sehari-hari,” kata Neal Pire CSCS, ahli fisiologi olahraga dan manajer akun ACSM di The Gym at Englewood di Englewood, New Jersey.

Terutama seiring bertambahnya usia dan secara alami mulai kehilangan otot. Selain itu, bentuk tubuh kamu juga secara perlahan akan terlihat semakin menawan.

2. Melindungi Kesehatan Tulang dan Massa Otot

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Oktober 2017 di  Journal of Bone and Mineral Research, hanya 30 menit dua kali seminggu latihan resistensi dan dampak intensitas tinggi terbukti meningkatkan kinerja fungsional, serta kepadatan, struktur, dan kekuatan tulang pada wanita pascamenopause. 

Demikian juga, pedoman aktivitas fisik HHS mencatat bahwa, aktivitas penguatan otot membantu melestarikan atau meningkatkan massa, kekuatan, dan kekuatan otot, yang penting untuk kesehatan tulang, sendi, dan otot seiring bertambahnya usia.

3 dari 5 halaman

3. Membantu Tubuh Membakar Kalori Secara Efisien

Ketika Anda melakukan latihan kekuatan, beban, atau ketahanan, tubuh Anda menuntut lebih banyak energi berdasarkan seberapa banyak energi yang Anda keluarkan. Ini berarti semakin keras Anda berolahraga, semakin banyak energi yang dibutuhkan.

Jadi Anda dapat memperkuat efek ini tergantung pada jumlah energi yang Anda masukkan ke dalam latihan. Itu berarti lebih banyak kalori yang terbakar selama latihan, dan lebih banyak kalori yang terbakar setelah latihan juga, saat tubuh Anda pulih ke keadaan istirahat.

4. Membantu Menjaga Berat Badan 

Latihan kekuatan meningkatkan konsumsi oksigen pascalatihan yang berlebihan, maka weight trainingdapat membantu para atlet meningkatkan penurunan berat badan lebih banyak daripada jika Anda hanya melakukan latihan aerobik saja, kata Pire. 

“Latihan ini membuat metabolisme Anda tetap aktif setelah berolahraga, lebih lama daripada setelah  latihan aerobik.” 

"Jika Anda memiliki lebih banyak massa otot, Anda akan membakar lebih banyak kalori - bahkan dalam tidur Anda, daripada jika Anda tidak memiliki massa tubuh ekstra tanpa lemak," tambahnya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Obesity pada November 2017 menemukan bahwa, dibandingkan dengan pelaku diet yang tidak berolahraga dan mereka yang hanya melakukan latihan aerobik, mereka yang weight training empat kali seminggu selama 18 bulan kehilangan lemak paling banyak. Lain halnya dibandingkan dengan yang tidak berolahraga dan berolahraga aerobik. 

4 dari 5 halaman

5. Latih Koordinasi Tubuh

Latihan kekuatan juga bermanfaat bagi keseimbangan, koordinasi, dan postur Anda.

Sebuah ulasan, yang diterbitkan dalam Penelitian Klinis dan Eksperimental Penuaan pada November 2017, menyimpulkan bahwa melakukan setidaknya satu sesi latihan ketahanan per minggu - dilakukan sendiri atau dalam program dengan berbagai jenis latihan - menghasilkan peningkatan kekuatan otot hingga 37 persen, peningkatan 7,5 persen dalam massa otot, dan peningkatan 58 persen dalam kapasitas fungsional (terkait dengan risiko jatuh) pada orang dewasa yang lemah dan lanjut usia.

“Keseimbangan bergantung pada kekuatan otot yang membuat Anda tetap berdiri,” catat Pire. 

"Semakin kuat otot-otot itu, semakin baik keseimbangan Anda."

6. Memelihara Kesehatan Jantung

weight training juga membantu melindungi organ jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah.

 

Journal of Bone and Mineral Research,

5 dari 5 halaman

Infografis Cara Cek Tiket & Jadwal Vaksinasi Booster Covid-19 Gratis